Strategi Marketing Artshop Galang Shop dalam Menarik Konsumen di Desa Beleka Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah

Artshop Galang Shop Marketing Strategy in Attracting Consumers in Beleka Village, Praya Timur District, Central Lombok Regency

  • Yudi Graha Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Haji Abdul Rasyid Lombok Tengah, Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Haji Abdul Rasyid Lombok Tengah
  • Hilman Jayadi Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Haji Abdul Rasyid Lombok Tengah, Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Haji Abdul Rasyid Lombok Tengah
Keywords: Strategi Marketing, Sosial, Industri

Abstract

Pada perkembangan di bidang industri sebagai bagian dari usaha pembangunan ekonomi jangka panjang untuk menciptakan perekonomian yang lebih kokoh dan seimbang. Salah satu industri kecil yang berkembang saat ini adalah kerajinan rotan. Kerajinan rotan merupakan produk unggulan di Desa Beleka. Kerajinan rotan di Desa Beleka sangat pesat perkembangannya, pengrajin-pengrajin yang dulunya bekerja sebagai karyawan biasa sekarang telah beralih profesi menjadi pimpinan kerajinan rotan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi marketing artshop galang shop dalam menarik konsumen di Desa Beleka Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang lenih cenderung menggunakan analisis dan leih deskriftip. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Jenis penelitian ini juga menggunakan 5 langkah pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, analisis, dan validasi data. Hasil penelitian disimpulkan bahwa dari kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat terhadap kerajinan rotan telah banyak mendorong industri rotan untuk menawarkan dan memasarkan berbagai jenis kerajinan dengan keunggulan dan daya tarik yang berbeda-beda Sehingga menimbulkan persaingan di industri kerajinan rotan dalam merebut hati konsumen dan calon konsumen di dalam pangsa pasarnya agar volume pemasaran dapat ditingkatkan atau minimal dipertahankan. 

References

Aan Anshori. (2016). Digitalisasi Ekonomi Syariah. Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Bisnis Islam, 7(1), 5.
Basu Swastha. (2005). Asas-asas Marketing. Liberty.
Djam’an Satori. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Fuad Christin, N. S. P. (2000). Pengantar Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama.
Hermawan. (2016). Syariah Maketing. Mizan.
Johan Arifin. (2019). Etika Bisnis Islami. Walisungo Press.
Kasmir. (2001). Pemasaran Bank. Kencana.
Muhammad Syakir Sula. (2007). Amanah Bagi Bangsa: Konsep dan Sistem Ekonomi Syariah. Masyarakat Ekonomi Syariah.
Phillip Kotler, G. A. (1997). Dasar-dasar Pemasaran. Prenhallindo.
Sugiyono. (20017). MetodePenelitian Kualitatif Administrasi dilengkapi dengan metode R&D. Alfabeta.
Tjiptono. (2001). Strategi Pemasaran. Andi Press.
Wiliam J Santon. (1994). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.
Published
2025-01-30
Section
Artikel Penelitian