Implementasi Metode Make A Match dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Implementation of Make A Match Method in Improving Student Learning Motivation

  • Tarisya Alfida Rahmah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Mudrikah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Keywords: Metode Make a Match, Motivasi Belajar, Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan hasil dari penerapan metode Make A Match dapat meningkatkan motivasi belajar pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa di kelas VIID SMPN 14 Jember tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), subjyek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VIID. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMPN 14 Jember. Adapun penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus mengikuti prosedur perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang menggunakan observasi, angket (kuesioner), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis data pada tahap pra siklus perolehan rata-rata angket motivasi belajar siswa dengan presentase sebesar 73%. Dari hasil analisis data pada tahap siklus I diperoleh rata-rata presentase angket motivasi belajar siswa sebesar 75%. Sedangkan pada tahapan siklus II diperoleh rata-rata presentase hasil angket motivasi belajar siswa sebesar 79%. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Make A Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas VIID SMPN 14 Jember tahun ajaran 2023/2024. 

References

Anam, Fatkul. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Sidoarjo: Unusida Press.

Atmaja, Purwa Prawira. 2013. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Huda, Miftahul.2015. Cooperative Learning (Metode Teknik Struktur Dan Model Penerapan).

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Idzhar, Ahmad. 2016. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Office, Vol.2 No.2.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang- ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.

Robbaniyah, Qiyadah. 2020. Strategi & Metode Pembelajaran PAI. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Suharyanti, Yuli. 2021. Cooperative Learning Tipe Make A Match Pada Pembelajaran IPS di SD. Yogyakarta: Pustaka Egaliter, 2021.

Tias, Tri. 2021. Variasi Permainan Pembelajaran, Metode dan Ice Breaking. Bogor: Guepedia.

Zulkifli, Zulki Noor. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Petunjuk Praktis Untuk Penyusunan Skripsi, Tesis, dan Disertasi) Tahun 2015. Yogyakarta: Deepublish, 2012.

Published
2025-02-27