Analisis Instrumen Tes Pemahaman Siswa Kelas VI di SD Labschool UPI Purwakarta Terhadap Materi Literasi Digital

Analysis of the Test Instrument for Understanding of Grade VI Students at SD Labschool UPI Purwakarta Regarding Digital Literacy Material

  • Salma Nurhaliza Darmansyah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kampus Purwakarta, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Salsa Nurfazira Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kampus Purwakarta, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Najmira Nurul Azizah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kampus Purwakarta, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hafidziani Eka Putri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kampus Purwakarta, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fitri Nuraeni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kampus Purwakarta, Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Instrumen Tes, Literasi Digital, Evaluasi Pembelajaran

Abstract

Literasi digital merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan dalam menumbuhkan karakter siswa melalui penggunaan teknologi khususnya dalam menerima dan menganalisis informasi secara bijak di era digitalisasi. Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mengevaluasi kemampuan literasi digital pada siswa usia dasar adalah dengan menggunakan instrumen tes. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan dan menguji instrumen tes pemahaman literasi digital pada siswa kelas VI SD Labschool UPI Purwakarta. Melalui pendekatan Research & Development (R&D) tipe 4D pada 25 siswa melalui 5 butir soal yang dianalisis dengan menggunakan Anates sehingga dapat dihasilkan bahwa instrumen yang dikembangkan cukup baik dan konsisten dalam mengukur kemampuan pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan reliabilitas instrumen sebesar 0,69; tingkat kesukaran masuk ke dalam kategori sedang; validitas sebesar 0,53 dan memiliki daya pembeda tinggi pada butir soal 3 dan 4 menunjukkan kualitas soal yang baik. Namun, terdapat 3 butir soal (butir 1, 2, dan 5) yang memiliki korelasi rendah serta daya pembeda tidak memadai sehingga diperlukan perbaikan kembali. Oleh karena itu, instrumen yang digunakan dapat dikatakan cukup baik untuk mengevaluasi kemampuan literasi digital siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan instrumen evaluasi yang lebih baik serta menjadi rujukan para guru dan peneliti dalam menyusun alat ukur relevan dan berkualitas.

References

Buckingham, D. (2020). Epilogue: Rethinking digital literacy: Media education in the age of digital capitalism. Digital Education Review, 37, Article 37. https://doi.org/10.1344/der.2020.37.230-239
Budiarti, E. (2024). Literasi Digital dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Kaizen Media Publishing.
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609
Haya, A. F., Kurniawati, K., Hardiyanti, N., & Saputri, I. A. (2023). Pentingnya Penerapan Literasi Digital dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik di Sekolah Dasar. TSAQOFAH, 3(5), 850–862. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i5.1491
Hulfian, L., & Subakti, S. (2022). TINGKAT VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMENT TES KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.51878/academia.v2i1.1077
Iqrima, Zulkarnain, I., & Kamaliyah. (2023). Soal Matematika dalam Materi Statistika Berbasis Etnomatematika untuk Mengukur Literasi Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 39–50. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1221
Kaur, S., & Singh, S. (2023). Everyday engagement with mobile phones in an urban slum in Delhi. Journal of Media Literacy Education, 15(3), 14–26. https://doi.org/10.23860/JMLE-2023-15-3-2
Li, X., Xie, K., Vongkulluksn, V., Stein, D., & Zhang, Y. (2023). Developing and Testing a Design-Based Learning Approach to Enhance Elementary Students’ Self-Perceived Computational Thinking. Journal of Research on Technology in Education, 55(2), 344–368. https://doi.org/10.1080/15391523.2021.1962453
Muhammad, R. A., & Ambarwati, R. (2021). Pengembangan E-Book Keanekaragaman Hayati sebagai Sumber Belajar untuk Melatihkan Literasi Digital Peserta Didik Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 326–334. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p326-334
Naamati-Schneider, L., & Alt, D. (2024). Beyond digital literacy: The era of AI-powered assistants and evolving user skills. Education and Information Technologies, 29(16), 21263–21293. https://doi.org/10.1007/s10639-024-12694-z
Nugraha, D. (2022). Literasi Digital dan Pembelajaran Sastra Berpaut Literasi Digital di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3318
Oktarini, A., & Yusmerita, Y. (2024). Pengembangan Modul Pembuatan Rompi Pada Mata Pelajaran Teknologi Menjahit Kelas XI Desain Produksi Busana di SMK Negeri 1 Sijunjung. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2891–2899. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2772
Putri, A. E. (2024). Pendekatan Sistematis dalam Pengembangan Perencanaan Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(5), 5967–5975. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13284
Sentoso, A., Octavia, O., Wulandari, A., Jacky, J., Kurniawan, S., & Thieng, S. (2021). Pentingnya Literasi Dalam Era Digital Bagi Masa Depan Bangsa | National Conference for Community Service Project (NaCosPro). https://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/view/6017
Tarigan, E. F., Nilmarito, S., Islamiyah, K., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2022). Analisis Instrumen Tes Menggunakan Rasch Model dan Software SPSS 22.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 92–96. https://doi.org/10.15294/jipk.v16i2.30530
Wijayanti, N., Arigiyati, T. A., Aulia, F., & Widodo, S. A. (2021). Development of E-Worksheet on Linear Equations and Inequalities Topics Based on Tri-N. Journal of Medives?: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v5i2.1650
Published
2025-01-30
Section
Artikel Penelitian