Dampak Pemberitaan Pelecehan Seksual Media Online Terhadap Layanan Ojek Syar’i untuk Kebutuhan Berkendara Perempuan di Kabupaten Pesisir Selatan)

  • Noprijon, Gusril Kenedi, Ulfatmi, Abnibar Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Kebangkitan Islam Sumatera Barat, UIN Imam Bonjol Padang, UIN Imam Bonjol Padang, UIN Imam Bonjol Padang
Keywords: Dampak Pemberitaan Pelecehan Seksual, Ojek Syar`i Perempuan

Abstract

Tujuan penelitian ini membahas tentang “Dampak Pemberitaan Pelecehan Seksual Media Online Terhadap Layanan Ojek Syar’i untuk Kebutuhan Berkendara Perempuan di pesisir selatan”. Adapun sub permasalahan yaitu dampak pemberitaan media online terkait pelecehan seksual konsumen layanan ojek syar’i untuk kebutuhan berkendara perempuan, faktor keberhasilan ojek syar’i dalam menciptakan layanan yang aman dan nyaman untuk perempuan

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengambilan data dianalisis dengan cara induktif dalam hasil peneliti menggunakan metode yakni observasi, wawancara

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pemberitaan media online terkait isu pelecehan seksual konsumen layanan ojek online cenderung berdampak terhadap layanan. Menimbulkan kekhawatiran dalam memesan jasa transportasi online khawatir mengendarai sepedah motor sendirian yang dapat memancing kejahatan jika pulang larut malam. Ada rasa cemas dalam menggunaan jasa transportasi online yang drivernya adalah laki-laki. Dampak inilah yang memicu ketakutan pada perempuan.Kurangnya kepercayaan pada mitra layanan transportasi online yang dirivernya adalah laki- laki. Faktor keberhasilan ojek syar’i dalam menciptakan layanan yang aman dan nyaman untuk perempuan. Jasa transportasi ojek syar’i ini mengedepankan metode “ yang kesemuanya masih menggunakan online dan masih bertahan hingga saat ini. Banyaknya perempuan-perempuan yang mensupport di buatnya layanan ojek syar’i khusus perempuan. Sulusi nya adalah dengan mecoba Layanan Well Sway yang sepenuhnya masih online, keunggulan dari layanan ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu: Menggunakan sistem (Top Up) dan menggunakan sistem pemesanan.

References

A, Ahmad. “Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi”. Jurnal Perkembangan Teknologi Komunikaasi dan Informasi, 2012.
Al-Qur’an. At-Taubah ayat 105. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Departemen Agama RI. Yayasan Penerbit dan Penerjemah Al-Qur’an, 2007.
Aviliani, Firly. “Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Ojek Syar’i”, Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2018.
Bambang, Atmoko Dwi. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita, 2012.
Bungin, Burhan. Konstruksi Sosial Media Massa : Kekuatan Pengaruh Media Massa, Terhadap Peter L, Belger & Thomas Luckman, (Jakarta: Kencana, h 13, 2011.
Enterprise, Jubilee. “Chatting Tnpa Batas Menggunakan WhatsApp”,(Jakarta: PT Alex Medua Komputindo), hlm 1, 2020.

F, Sulianta. Keajaiban Sosial Media : Fantastis Menumbuhkan Visitor, Circle, Likes, Koneksi, Retweet, dan Follower. PT Elex Media Komputindo, 2015.
Fitri, Anita Wulanie. “Strategi Promosi Pemasaran Online Shop Dalam Memanfaatkan Aplikasi Intagram (Studi Kasus pada Online Shop @cutrizkyhijab1)”, Skripsi Ilmu Sosial, Universitar Islam Negeri Sumatra Utara Medan.
Hakim, Lukman & Nainggolan. “Bentuk-Bentuk Kekerasan Seksual”. Jurnal Equality. Vol. 13 No. 1. Februari, 2008.
Irfan, Muhammad & Abdul Wahid. “Perlindungan Terhadap Korban Kekerasan Seksual Advokasi atas Hak Asasi Perempuan”, Bandung, Refika Aditama, 2011.
K, Bertens. Etika. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 2007.
Katsir, Tafsir Ibnu. Al-Qur'an Al-Adzim, Tafsir Web, (Online), (https://tafsirweb.com, surah Al- An-Nahl 16: Ayat 97.
Kementrian Agama RI, Tafsir Web, (Online), (https://tafsirweb.com, surah Al- Taubah-ayat 105.
Lexy Johannes, Meleong. “Metode Penelitian Kualitatif”. (Cetak Tahun 2015, Bandung : RemajaRosdakarya, 2001).
Lexy L. Moleong, M.A. “Metodologi Pelelitian Kualitatif”. (Cet 13; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000.
Miller, Fabian, & Lin: The Impact of Word of Mouth (WOM) On the Purchasing Decision of the Jordanian Consumer. Marketing Strategy Journal: Research gate, Issue, 2009.
Muhtar, Rusdi. “Teknik Penulisan Ilmiah (Bidag IPS): Modul Diklat Fungsional Tingkat Pertama)”. (Cibnong: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Peneliti Lembaga Ilmiah PengetahuanIndonesia, 2007.
Munir. Kontribusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan di Era Globalisasi Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Vol.2, 2009.
Nasrullah & Van Dijk. Media Sosial. Jakarta Bumi Aksara, 2016.
Nasrullah, Rulli. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi.Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2015.
Rolansa, Faukhil Azzari. “Strategi Pengembangan Umat Islam Melalui Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Dakwah Dan Kewirausahaan (Penelitian akun @aisyahsyari.id)”, Skripsi Fakultas Dakwah dan Kewirausahaan, Institut Agama Islam Negeri Kudus.
Sastrawaty, Nila. “Pria dan Wanita Identitas yang Berbeda”. Makassar : Alauddin University Perss,
Sugiono. “Memahami Penelitian Kualitatif”, (Bandung: Alfabeta), 2006. Sumadiria, As.Haris. “Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Feature, Panduan Praktis Jurnalis Profesional”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.
W, Jhon Creswell. Research Desain, “Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan Mixed”, 2014.
Watie, E. D. S. “Komunikasi dan Media Sosial” (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3 (1), h 29-74, 2011.
Willing, Barus Sedia. Jurnalistik Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta: Erlangga, 2010.
Published
2024-12-11
Section
Artikel Penelitian