Strategi Pembelajaran Olahraga Yang Efektif Meningkatkan Kinerja Atlet Sekolah
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran olahraga di lingkungan sekolah memegang peranan penting dalam meningkatkan kesehatan fisik, keterampilan motorik, dan karakter siswa. Namun, pendekatan tradisional yang monoton sering kali menjadi kendala dalam meningkatkan motivasi dan kinerja siswa, terutama siswa-atlet. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran olahraga yang lebih efektif dengan mengintegrasikan teknologi, pendekatan individualisasi, kolaborasi, dan evaluasi berbasis data. Dengan menggunakan metode kajian literatur dan analisis deskriptif, penelitian ini menyintesis informasi dari berbagai sumber yang relevan untuk memberikan solusi inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi, seperti aplikasi kebugaran, analisis video, dan simulasi berbasis virtual reality, secara signifikan meningkatkan kualitas pembelajaran olahraga. Selain itu, pendekatan personalized learning terbukti meningkatkan motivasi siswa dengan menyesuaikan pembelajaran sesuai kebutuhan dan kemampuan individu. Strategi kolaboratif juga memberikan dampak positif, mendorong keterlibatan siswa sekaligus mengembangkan keterampilan sosial, seperti kerja sama tim dan kepemimpinan.Evaluasi berbasis data menjadi elemen penting dalam meningkatkan objektivitas dan keakuratan penilaian kinerja siswa. Penilaian ini memberikan umpan balik yang lebih terukur dan membantu guru atau pelatih merancang program pembelajaran yang lebih efektif. Kesimpulannya, kombinasi dari strategi-strategi ini tidak hanya meningkatkan kinerja siswa-atlet, tetapi juga menciptakan model pembelajaran olahraga yang relevan dengan kebutuhan pendidikan modern. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis yang dapat diimplementasikan untuk mendukung pembelajaran olahraga di tingkat sekolah.
References
Rahmadi, Y., Nasution, N. S., & Purbangkara, T. (2022). Analisis minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di ma ghoyatul jihad karawang. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 5(2), 168-178.
Taufik, M. S. and Gaos, M. G. (2019). Peningkatan hasil belajar dribbling sepakbola dengan penggunaan media audio visual. Jp.jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(1), 43-54.
Iyakrus, I. (2019). Pendidikan jasmani, olahraga dan prestasi. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2).
Štemberger, T. and Konrad, S. ?. (2021). Attitudes towards using digital technologies in education as an important factor in developing digital competence: the case of slovenian student teachers. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 16(14), 83.
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., Sutisyana, A., & Prabowo, A. (2021). Workshop pembuatan bahan ajar kesiapsiagaan bencana alam dalam bentuk multimedia interaktif bagi guru pendidikan jasmani. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 217-229.
Sitorus, R. R. (2021). Peningkatan kapasitas pemuda di dusun kampung toba, sumatera utara: sebuah pendekatan motivasi dan strategi mencapai cita-cita. Berdikari, 4(2).
Leuwol, F. S., Basiran, B., Solehuddin, M., Vanchapo, A. R., Sartipa, D., & Munisah, E. (2023). Efektivitas metode pembelajaran berbasis teknologi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di sekolah. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 988-999.
Hadiana, O., Wahidi, R., Sartono, S., Agustan, B., & Ramadan, G. (2020). Efektivitas penerapan video feedback (vfb) terhadap motivasi belajar pada pembelajaran futsal. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 184-198.
Xu, J., Wang, J. Q., & Jing, L. (2014). Research on the construction of physical education curriculum evaluation system based on information technology. Advanced Materials Research, 998-999, 1705-1708.
MacPhail, A. and Halbert, J. (2010). ‘we had to do intelligent thinking during recent pe’: students’ and teachers’ experiences of assessment for learning in post?primary physical education. Assessment in Education: Principles, Policy &Amp; Practice, 17(1), 23-39.
Nurull Hary Mulya and An Nuril Maulida Fauziah (2023). Pembelajaran ipa kolaboratif: siswa reguler dan anak berkebutuhan khusus berkontribusi aktif dalam mencapai tujuan bersama. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 473-477.
Noviani, E., Japa, L., & Lestari, T. A. (2023). Pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap motivasi belajar dan keterampilan kolaborasi siswa di sma negeri 1 lingsar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2058-2063.
Sarah, T. and Witarsa, R. (2023). Pengaruh pembelajaran kolaborasi terhadap keterampilan menirukan gerak hewan pada siswa sekolah dasar. Journal of Education Research, 4(1), 226-233.
Lamirin, Santoso, J., & Selwen, P. (2023). Penerapan strategi kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja organisasi pendidikan. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(2), 400-409.
Pangaribuan, F. S. and Salendu, A. (2022). Pengaruh kepemimpinan yang memberdayakan, komitmen afektif terhadap berbagi pengetahuan: peran moderasi budaya kolaborasi. Humanitas (Jurnal Psikologi), 6(1), 123-134.