Paradigma Tradisionalisme, Modernisme, dan Postmodernisme dalam Pendidikan Agama Islam: Dari Ulumuddin ke Dir?sah Islamiyah hingga Kajian Multidisipliner

Paradigms of Traditionalism, Modernism, and Postmodernism in Islamic Religious Education: From Ulumuddin to Dir?sah Islamiyah to Multidisciplinary Studies

  • Muhammad Ilyas Mahasiswa S3 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Tobroni Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: Paradigma Tradisionalisme, Modernisme, Postmodernisme, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Paradigma tradisionalisme, modernisme, dan postmodernisme memainkan peran penting dalam perkembangan Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam konteks tradisionalisme, fokus PAI terletak pada pewarisan ilmu-ilmu keislaman klasik (Ulumuddin) dengan pendekatan normatif-doktrinal. Era modernisme membawa perubahan signifikan dengan pendekatan rasional dan ilmiah yang diwujudkan dalam Dir?sah Islamiyah. Sementara itu, paradigma postmodernisme mendorong kajian PAI yang lebih inklusif dan multidisipliner, menggabungkan ilmu agama dengan berbagai disiplin ilmu lainnya seperti sosiologi, antropologi, dan filsafat. Artikel ini menganalisis evolusi paradigma-paradigma tersebut, mengidentifikasi tantangan dan peluang yang muncul dalam implementasinya, serta menawarkan perspektif baru untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam konteks global yang kompleks.

References

Abduh, M. (1993). The Theology of Unity. Translated by Ishaq Musa'ad and Kenneth Cragg. Islamic Book Trust.

Rahman, F. (1982). Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition. University of Chicago Press.

Nasr, S. H. (2007). Islamic Science: An Illustrated Study. World Wisdom.

Al-Attas, S. M. N. (1979). The Concept of Education in Islam. International Institute of Islamic Thought and Civilization.

Arkoun, M. (1994). Rethinking Islam: Common Questions, Uncommon Answers…

Al-Attas, S. M. N. (1978). Islam and Secularism. Kuala Lumpur: ABIM.

Fazlur Rahman (1982). Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition. Chicago: University of Chicago Press.

Arkoun, Mohammed (1994). Rethinking Islam: Common Questions, Uncommon Answers. Westview Press.

Nasr, S. H. (1996). The Need for a Sacred Science. State University of New York Press.

Asad, Talal (1986). The Idea of an Anthropology of Islam. Georgetown University Press.

Esposito, J. L. (1998). "Islam and the Challenge of Postmodernism". Journal of Islamic Studies, 9(1), 1-16.

Safi, O. (2003). "What is Progressive Islam?". Journal of Islamic Studies, 14(3), 1-14.

Rosenthal, F. (2007). "Knowledge Triumphant: The Concept of Knowledge in Medieval Islam". Islamic Studies Quarterly, 24(1), 44-62.

Azyumardi Azra. (2004). The Origins of Islamic Reformism in Southeast Asia. Leiden: Brill.

Abdullah, Amin. (2014). "Islamic Studies in Higher Education in Indonesia: Challenges, Impact, and Prospects". Al-Jami'ah: Journal of Islamic Studies, 52(2), 227-250.

Lukens-Bull, Ronald. (2005). A Peaceful Jihad: Negotiating Identity and Modernity in Muslim Java. New York: Palgrave Macmillan.

Effendi, Bachtiar. (1998). Islam dan Negara: Transformasi Pemikiran dan Praktik Politik Islam di Indonesia. Jakarta: Paramadina.

Berger, P. L., & Luckmann, T. (1966). The Social Construction of Reality: A Treatise in the Sociology of Knowledge. New York: Anchor Books.

Geertz, Clifford. (1968). Islam Observed: Religious Development in Morocco and Indonesia. University of Chicago Press.

Haddad, Y. Y., & Esposito, J. L. (Eds.). (1998). Islam, Gender, and Social Change. Oxford University Press.

Published
2024-11-30
Section
Artikel Penelitian