MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENDENGARKAN SISWA KELAS DELAPAN MTS. NEGERI 1 PALU MELALUI TEKNIK DICTOGLOSS

  • Novitriani Novitriani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nursehang Thamrin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Fikriani A. Omolu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Penelitian ini melibatkan 62 siswa dari kelas delapan MTs. Negeri 1 Palu sebagai sampel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik dictogloss dalam meningkatkan pemahaman mendengarkan siswa kelas delapan MTs. Negeri 1 Palu. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu sebagai desain penelitian yang terdiri dari dua kelompok yaitu VIII A sebagai kelompok eksperimen dan VIII B sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes (pre-test dan post-test). Tes terdiri dari 15 item tes selesai dan tes esai 5 item, totalnya adalah 20 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam pemahaman mendengarkan siswa antara kelompok eksperimen yang diajarkan menggunakan teknik dictogloss dan kelompok kontrol yang diajarkan tanpa teknik dictogloss. Nilai rata-rata post-test dari kelompok eksperimen adalah 87,61 sedangkan skor rata-rata dari kelompok kontrol adalah 71,87. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih tinggi dari nilai-t tabel (2,654> 2.000). Ini berarti bahwa penggunaan teknik dictogloss efektif untuk meningkatkan pemahaman mendengarkan siswa dari siswa kelas delapan MTs Negeri 1 Palu. Kesimpulannya, hipotesis penelitian diterima.

 

Kata kunci: Meningkatkan, Pemahaman Mendengarkan, Teknik Dictogloss.

 

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Most read articles by the same author(s)