KORELASI ANTARA PEMAHAMAN MENDENGARKAN DAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SEMESTER KETIGA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALU

  • Merlin Merlin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muh. Asri Hente Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Pemahaman Mendengarkan dan Kemampuan Berbicara pada Semester III Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Palu. Masalah penelitian adalah “Apakah ada hubungan yang signifikan antara pemahaman menyimak dan kemampuan berbicara pada semester ketiga mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhhamadiyah Palu?â€. Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang mengambil mata pelajaran Listening III dan Speaking III pada tahun akademik 2016/2017. Sampel penelitian terdiri dari 17 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data adalah investigasi bahan dokumenter. Dalam menganalisis data, peneliti menerapkan Pearson's Product Moment Correlation dan Significant of Coefficient Correlation Formula. Peneliti menggunakan tingkat signifikan 5% dengan 15 (17-2) derajat kebebasan (df), peneliti menemukan bahwa t-hitung (2,627) lebih besar dari t-tabel (0,482). Artinya ada hubungan positif antara Pemahaman Mendengarkan dan Kemampuan Berbicara pada semester ketiga mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Palu dan dikategorikan sedang.

Kata kunci: korelasi, Pemahaman mendengarkan dan kemampuan berbicara.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan