Hasil Pencapaian Pendidikan Tinggi di Indonesia dalam Mendukung Suistanable Development Goals Abad 21
Abstract
Dalam konteks global, pendidikan tinggi memainkan peran yang sangat penting dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs), yang ditetapkan oleh PBB sebagai agenda pembangunan berkelanjutan hingga tahun 2030. SDGs terdiri dari 17 tujuan yang mencakup berbagai aspek pembangunan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan campuran, yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Pemilihan pendekatan campuran ini didasarkan pada tujuan penelitian yang ingin menganalisis pencapaian pendidikan tinggi di Indonesia dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian tersebut. Konteks global dan SDGs, data pencapaian SDGs terkait pendidikan, analisis kinerja institusi pendidikan tinggi, serta inovasi dan riset menunjukkan bahwa pendidikan tinggi memainkan peran krusial dalam mencapai SDGs, terutama dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan untuk membangun masyarakat berkelanjutan.
References
Agustyaningrum, N., & Himmi, N. (2022). Best Practices Sistem Pendidikan di Finlandia sebagai Refleksi Sistem Pendidikan di Indonesia. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2234
Akreditasi Perguruan Tinggi, Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi 3.0 (2019).
Alawiyah, F. (2011). Penjaminan mutu pendidikan tinggi di indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 2(1).
Anggraena, Y. (2018). Pengembangan Kurikulum Matematika Pada Era Digital di Indonesia. In Proceedings Seminar Nasional & Kongres Himpunan Pengembang Kurikulum Indonesia (HIPKIN).
Awali, A. B., Rahmawati, S., & Kartika, L. (2020). Pengaruh Motivasi Terhadap Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa pada Situasi Pandemi Covid-19. Ciastech 2020, Ciastech.
Budihardjo, M. A., Ramadan, B. S., Putri, S. A., Wahyuningrum, I. F. S., & Muhammad, F. I. (2021). Towards sustainability in higher-education institutions: Analysis of contributing factors and appropriate strategies. Sustainability (Switzerland), 13(12). https://doi.org/10.3390/su13126562
Daheri, M., Wibowo, R. A. T., Kuncoro, B., Sudarsono, S., & Salim, N. A. (2022). Transformasi Substansi Manajerial Pendidikan Karakter di Sekolah: Haruskah Belajar dari Finlandia? JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1159
Darwis, A., & Mahmud, H. (2017). Sistem Informasi Manajemen Pada Lembaga Pendidikan Islam. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(1). https://doi.org/10.24256/kelola.v2i1.444
Fadil, K., Suhendra, S., & Amran, A. (2023). Analisis Kebijakan Pendidikan Negara-negara ASEAN dalam Mendukung Suistanable Developments Goal. ISLAMIKA, 5(1). https://doi.org/10.36088/islamika.v5i1.2778
Fajari, A., Salsabila, B., Fajri, H. S., Mubarok, U. A., & Pitriana, P. (2021). Pembinaan Kegiatan Belajar Mengajar di Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Al-Ikhlas Desa Nagreg Kendan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(62).
Haryono, A. K. (2023). It is Not That Bad: Andragogi dalam Psikologi Humanistik untuk Memahami Praktik Pendidikan Tinggi di Indonesia. Psychopreneur Journal, 7(1). https://doi.org/10.37715/psy.v7i1.3605
Hendrayadi, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Mixed methode research. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4).
Hsu, C. C. (2023). The role of the core competence and core resource features of a sharing economy on the achievement of SDGs 2030. Journal of Innovation and Knowledge, 8(1). https://doi.org/10.1016/j.jik.2022.100283
Icha Permatasari, Nau, N. U. W., & Putri Hergianasari. (2023). PERAN NGO DALAM MENDUKUNG SDGs PENDIDIKAN BERKUALITAS ( STUDI KASUS: PROJECT CHILD INDONESIA DI YOGYAKARTA (2018-2022). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(04). https://doi.org/10.56127/jukim.v2i04.749
Kücükgül, E., Cerin, P., & Liu, Y. (2022). Enhancing the value of corporate sustainability: An approach for aligning multiple SDGs guides on reporting. Journal of Cleaner Production, 333. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2021.130005
Lestari, D. (2021). Diskrepansi Konstruksi Ilmu Pendidikan Sejarah Di Indonesia dan United Kingdom. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 4(2). https://doi.org/10.17509/historia.v4i2.25727
Lestari, D., & Resmiyanto, R. (2022). Relasi Agama Dan Sains Dalam Pandangan Fisikawan Pertama Di Indonesia. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 4.
L.J Moleong. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret).
Lorensius, L., Warman, W., & Tresia, Y. (2021). Kajian Literatur: Implementasi Performance-Based Budgeting Pada Institusi Pendidikan Tinggi di Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9(1). https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.172
Mahendra, S., Kubota, E., MS, A. N. F., Dwiyanti, T., & Syafirah, F. I. (2022). Policy for Improving Digital Literature in Indonesia SDGs Based. Proceedings Series on Physical & Formal Sciences, 3. https://doi.org/10.30595/pspfs.v3i.259
Mulyani, R. (2021). Eksplorasi Terhadap Kemungkinan Desain Podcast Pendidikan Tinggi di Indonesia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2). https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.381-394.2021
Nasiruddin, N. (2021). ISLAMISASI SAINS DAN SEKULARISASI PENDIDIKAN DI INDONESIA. Jurnal Keislaman, 2(1). https://doi.org/10.54298/jk.v2i1.3378
Pistanty, M. A. (2022). Suistanable Development Goals Protect Extinction of biodiversity Nepenthes sp: Array. Pratama Medika: Jurnal Kesehatan, 1(2).
Rifa’i, A. A. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi di Indonesia. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(1). https://doi.org/10.32923/edugama.v5i1.963
Rizky, L., Pratiwi, T. S., Chotimah, H. C., Iswardhana, M. R., Wibawa, A., & Arisanto, P. T. (2021). Budidaya Jamur pada Ibu-Ibu Rumah Tanga di Dusun Kruwet untuk Mewujudkan SDGs 2030. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.25008/altifani.v1i3.155
Rokhlinasari, S., & Widagdo, R. (2023). Zakat Sebagai Instrument Keuangan Syariah Inklusif dalam Mewujudkan Suistanable Development Goals. Journal of Economics and Business UBS, 12(6). https://doi.org/10.52644/joeb.v12i6.1523
Saifullah, A. R. (2018). Semantik dan Dinamika Pergulatan Makna. In PT. Bumi Aksara.
Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Konsep dan Aplikasi. In Medan: UMSU PRESS.
Sana, N. N., & Effane, A. (2023). Peran Kepemimpinan Pendidikan. Karimah Tauhid, 2(1).
Sapriya. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. In Book.
Sekar Panuluh, & Fitri, M. R. (2015). Perkembangan Pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia. International NGO Forum on Indonesian Development, 2(September).
Setiawan, A., Suryani, A., & Kurniawati, D. (2023). Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Mendorong Pembaruan Pendidikan Tinggi Di Indonesia. Humantech?: Jurnal Ilmiah Multidisplin Indonesia, 2(5).
Setiawan, D., & Lenawati, M. (2020). Peran dan Strategi Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Society 5.0. RESEARCH?: Computer, Information System & Technology Management, 3(1). https://doi.org/10.25273/research.v3i1.4728
Sihotang, M. K. (2023). SUISTANABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) TROUGH AGRICULTURAL FINANCING IN ISLAMIC BANKING. Proceeding International Seminar of Islamic Studies, 0(0).
Suardipa, I. P. (2019). Diversitas Sistem Pendidikan Di Finlandia Dan Relevansinya Dengan Sistem Pendidikan Di Indonesia. Maha Widya Bhuwana, 2(2).
UN. (1966). Suistanable Development Goals. The British Journal of Psychiatry, 112(483).
Wusqo, U., Salahuddin, Much., & Nafi’ Hasbi, M. Z. (2022). SKILL, PROFESSIONALISM, AND ACHIEVEMENT OF THE ISLAMIC BANK EMPLOYEE IN NTB, INDONESIA. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(1). https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(1).9397
Yahya, A. (2017). DINAMIKA LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI ISLAM DI INDONESIA. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 41(1). https://doi.org/10.30821/miqot.v41i1.314
Yayan Alpian, Sri Wulan Anggraeni, Unika Wiharti, & Nizmah Maratos Soleha. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. JURNAL BUANA PENGABDIAN, 1(1). https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581
Yonanda, A. P., & Usman, H. (2023). Determinan Status Horizontal Mismatch pada Pekerja Lulusan Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jurnal Ketenagakerjaan, 18(2). https://doi.org/10.47198/jnaker.v18i2.239
Yuliyanti, Y., Damayanti, E., & Nulhakim, L. (2022). PERKEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH DASAR DI INDONESIA DAN PERBEDAAN DENGAN KURIKULUM DI BEBERAPA NEGARA. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(3). https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7271
Zuhriyah, A., & Supandi, D. (2022). Optimalisasi Gaya Kepempinan Kepala Sekolah untuk Mendukung Terciptanya Green School. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2705