Pengaruh Kompetensi Karyawan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Beautyfy Clinic Bandar Lampung
The Influence of Employee Competence and Product Quality on Consumer Satisfaction at Beautyfy Clinic Bandar Lampung
Abstract
Kepuasan konumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja (atau hasil) yang diharapkan, hal ini karna ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah kompetensi karyawan dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada beautyfy clinic bandar lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisa deskriptif dan analisa regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan menggunakan rumus slovin. Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 konsumen pada beautyfy clinic. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan studi kepustakaan dan penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kompetensi karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.
References
Caniago, C., Siregar, R., Julyanthry, J., & Pakpahan, G. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen dengan brand image sebagai variabel moderating pada toko sinar bintang photo pematangsiantar. Sultanist Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 21-31. https:/doi.org/10.37403/sultanist.v7i2.151
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen pada marketplace: kualitas produk dan kualitas pelayanan (literature review manajemen pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211-224. https:/doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.867
Chinna, D., Soegoto, A., & Djemly, W. (2022). Analisis kualitas produk, citra merek, dan harga pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada produk wardah kosmetik di kota manado. Jurnal Emba Jurnal Riset Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 295. https:/doi.org/10.35794/emba.v10i3.40909
Farid, R. (2023). Pengaruh lingkungan kerja dan kompetensi terhadap kinerja karyawan pada klinik kecantikan di kota batam dimediasi oleh motivasi. Ekombis Sains Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Bisnis, 8(2), 146-160. https:/doi.org/10.24967/ekombis.v8i2.2377
Hanum, Q., Ali, S., & Fadlillah, A. (2023). Pengaruh kompetensi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pt telkom akses jakarta utara. Inkubis Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 110-122. https:/doi.org/10.59261/inkubis.v3i2.33
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif: Teori, Penerapan, Dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.
Pakurár, M., Haddad, H., Nagy, J., Popp, J., & Oláh, J. (2019). The service quality dimensions that affect customer satisfaction in the jordanian banking sector. Sustainability, 11(4), 1113. https:/doi.org/10.3390/su11041113
Pratama, Y. and Tunjungsari, H. (2022). Pengaruh pengalaman merek pada loyalitas merek produk merchandise klub sepak bola bali united dengan mediasi kepuasan dan ketidakpastian. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 224. https:/doi.org/10.24912/jmieb.v6i1.18436
Purwati, M., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2022). Pengaruh e-service quality terhadap e-loyalty dengan e-satisfaction sebagai variabel intervening (studi pada pengguna e-commerce bukalapak). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 310-320. https:/doi.org/10.14710/jiab.2022.34754
Rahman, M., Akbar, A. A., & Anwari, M. S. (2022). Evaluasi efektivitas pengolahan air limbah pada instalasi pengolahan air limbah klinik kecantikan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 20(4), 841-849. https:/doi.org/10.14710/jil.20.4.841-849
Riswan, M., Waloejo, H., & Listyorini, S. (2022). Pengaruh inovasi produk dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada pengguna smartphone merek iphone apple di kota semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 272-280. https:/doi.org/10.14710/jiab.2022.34635
Santoso, J. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127-146. https:/doi.org/10.36406/jam.v16i01.271
Trianah, Lilik. Dkk. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan D’besto Mangun Jaya 2 Tambun Selatan). Jurnal Stei Ekonomi. Vol 26, No. 01.
Wardhana, A. (2023). The antesenden kepuasan konsumen melalui kualitas layanan elektronik pada pembelanjaan online urban consumer di dki jakarta. Jmbi Unsrat (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), 10(2), 1395-1401. https:/doi.org/10.35794/jmbi.v10i2.49664
Wijaya, S., Bhawika, G., & Nareswari, N. (2023). Pengaruh online shopping experiences, seller/customer service, external incentives, security and privacy terhadap customer satisfaction pada beauty e-commerce: studi kasus pengguna sociolla di surabaya. Jurnal Sains Dan Seni Its, 11(3). https:/doi.org/10.12962/j23373520.v11i3.83359