Analisis Implementasi Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Puskesmas Simalingkar, Kota Medan
Analysis of the Implementation of Minimum Service Standards in the Health Sector at the Simalingkar Health Center, Medan City
Abstract
Pelayanan kesehatan Kota Medan telah beroperasi berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 4 Tahun 2019 tentang Standar Teknis Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Bidang Kesehatan Puskesmas Simalingkar, berkaitan dengan Mutu Pelayanan Dasar. Di antara unit layanan kesehatan masyarakat yang menggunakan layanan fundamental ini, unit Puskesmas Simalingkar menggunakan dua belas indikator. Meskipun seluruh indikator pelayanan masyarakat telah dipenuhi 100% oleh Puskesmas Simalingkar, beberapa penawarannya masih jauh dari persyaratan SPM untuk sektor kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan SPM di Puskesmas Simalingkar. Melakukan wawancara mendalam adalah metode yang digunakan untuk memperoleh data penelitian kualitatif deskriptif ini. Tiga informan utama dan satu informan triangulasi merupakan empat informan yang darinya dikumpulkan informasi mengenai pelaksanaan SPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketujuh indikator pelayanan kesehatan, yaitu pelayanan kesehatan dalam kelompok usia produktif, lansia, penderita hipertensi, penderita diabetes melitus, gangguan kesehatan mental, terduga tuberkulosis, dan berisiko HIV belum semuanya mencapai target SPM. Pelaksanaan SPM di Puskesmas Simalingkar belum optimal dikarenakan hubungan lintas sektor yang di bawah standar, kurangnya kesadaran budaya dan masyarakat sebagai faktor eksternal (masyarakat tertutup), kuantitas dan kualitas sumber daya manusia, serta banyaknya tugas rangkap di puskesmas adalah beberapa faktor yang menghambat laju sasaran SPM.
References
Arwidiana, Dewa Putu, and Made Sudiari. 2024. “Implementasi Kebijakan Pelayanan Kesehatan Tradisional Di Puskesmas I Denpasar Utara.” Jurnal Ilmiah Cakrawarti 7(1): 134–49.
“Badan Pusat Statistik Kota Medan.” 2018. https://medankota.bps.go.id/statictable/2019/11/16/126/jumlah-fasilitas-kesehatan-menurut-kecamatan-di-kota-medan-2018.html (May 9, 2024).
Creswell, John W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles United State of Amerika: SAGE Publications Inc. https://books.google.co.id/books/about/Research_Design.html?id=4uB76IC_pOQC&redir_esc=y.
Dewi, Erawati Kusuma. 2019. 1 STIE Widya Wiwaha Repository “Upaya Meningkatkan Kepatuhan Minum Obat Antibiotik Di Unit Pelayanan Gigi Dan Mulut UPT Daerah Puskesmas Ambal II Kabupaten Kebumen.” http://stieww.ac.id.
Dinkes Kab Demak. 2021. Laporan Capaian Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. https://dinkes.demakkab.go.id/informasi-setiap-saat-2/.
Gunawan, Gigih, and Katmini. 2022. “Implementation of Minimum Service Standards (MSS) Policies on Non-Communicable Diseases (NCD): A Literature Review.” Journal for Quality in Public Health 6(1): 130–39.
Hernawaty, T, E Widianti, and I Yosep. 2014. “Upaya Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Melalui Pelatihan Kader Kesehatan Tentang Detksi Dini Tuberkulosis Paru Di Desa Jayamukti Dan Desa Cigadong Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya.” Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat 3(2): 47–50.
Kemenkes. 2019. Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. https://peraturan.bpk.go.id/Details/138635/permenkes-no-43-tahun-2019.
Maulina, Isnah. 2019. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim “Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru Panam.”
Mayasari, Achmad Farich, and Lolita Sary. 2018. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN HIPERTENSI PADA KEGIATAN GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS) DI PUSKESMAS RAWAT INAP KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG.” Jurnal Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa 5(2): 56–62. http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/JKMK/article/view/1569.
Mulyani. 2016. “Tim Virtual Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Kerjasama Dalam Tim Virtual.” Buletin Bisnis dan Manajemen 02(02): 1–16.
Peraturan Gubernur Nusa Tenggara Barat Nomor 32 Tahun 2022 Tentang Standar Pelayanan Minimal Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat. 2022.
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. 2019. https://peraturan.bpk.go.id/Details/111713/permenkes-no-4-tahun-2019.
Peraturan Walikota Kota Padang Panjang No 15 Tahun 2018 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. 2018. https://peraturan.bpk.go.id/Download/87695/Lampiran Perwako SPM.pdf.
Rismawati, Petty, Jasrida Yunita, and Budi Hartono. 2022. “Mutu Pelayanan Kesehatan Dari Aspek Manajemen ISO 9001:2015 Terhadap Kepuasan Dan Minat Kunjungan Ulang Pasien.” Jurnal Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa 9(4): 193–208.
Roudo, Mohammad, and Tengku Munawar Chalil. 2016. “Depolarization in Delivering Public Services? Impacts of Minimum Service Standards (MSS) on the Quality of Health Services in Indonesia.” Journal of Regional and City Planning 27(1): 1–15.
Sinambela, Lijan potlak. 2016. MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Membangun Tim Kerja Yang Solid Untuk Mengerjakan Kinerja. PT Bumi Aksara.
Sumut, Dinkes. 2020. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2020.
Teplitskaya, Lyubov, Purwa Sucahya, Deswanto Marbun, and M Fajar Rakhmadi. 2021. Health Policy Plus Improving Planning, Implementation, and Monitoring of Minimum Service Standards for Health in Indonesia.
Zudi, Mat, Antono Suryoputro, and Septo Pawelas Arso. 2021. “Analisis Implementasi Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Di Puskesmas Guntur I Kabupaten Demak.” JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama 8(2): 165–79. https://jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/JKM/article/view/681.