Analisis Pengaruh Perkembangan IPTEK dalam Sosial Ekonomi Nelayan di Belawan

Analysis of the Impact of Technological Advancements on the Socio-economic Status of Fishermen in Belawan

  • Alwi Ridho Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aguansyah Maulana Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Akmal Fiqhi Ranu Mahendra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fauzan Asyqarullah Ginting Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Ridwan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Sahputra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Natasya Putri Lika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sri Wahdina Tanjung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tengku Armita Chairiyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Delfriana Ayu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Pengetahuan, Sosial Ekonomi, Nelayan Belawan

Abstract

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) merupakan bidang studi yang berfokus pada perkembangan teknologi berdasarkan pengetahuan ilmiah. Seiring dengan berlalunya waktu, ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengalami kemajuan yang sangat signifikan, dan perkembangan tersebut telah memberikan dampak yang luas terhadap kehidupan manusia. Dalam konteks kemajuan IPTEK, beberapa nelayan telah mengalami peningkatan ekonomi karena mereka menggunakan alat-alat modern dan teknologi canggih untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan. Namun, di sisi lain, masih ada sebagian  menggunakan alat-alat modern dan teknologi canggih untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengaruh perkembangan Ilmu pengetahuan dalam sosial Ekonomi nelayan di daerah belawan, dan Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara memahami bagaimana perilaku masyarakat nelayan di wilayah pesisir yang ada di Belawan. Dilakukan pada Juni 2023, di Gudang Arang, Jalan Hiu Medan Belawan,Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih informan yang mewakili berbagai kelompok nelayan di Desa Belawan, termasuk nelayan yang menggunakan alat tangkap tradisional dan nelayan yang menggunakan teknologi modern, Dari penelitian ini kami mendapatkan 2 karakteristik nelayan, yaitu nelayan tradisional dan nelayan modern. Serta   hasil penelitian rata – rata nelayan beranggapan bahwasannya perkembangan iptek sangat berpengaruh kepada hasil nelayan, mulai dari kapal yang lebih besar, alat tangkap yang lebih modern, akan menghasilkan tangkapan yang lebih besar serta lebih Menguntungkan, Namun permasalahan utama dalam perkembangan iptek ini bagi nelayan adalah biaya yang dikeluarkan lebih mahal. Oleh sebab itu banyak nelayan yang ada di daerah Belawan lebih banyak yang ikut kapal dibandingkan memiliki kapal sendiri.

References

Matondang, A. (2019). Dampak Modernisasi Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8(2), 188-194.

Nugroho, M. (2015). Pemberdayaan masyarakat nelayan di kabupaten Pasuruan: kajian pengembangan model pemberdayaan sumberdaya manusia di wilayah pesisir pantai. Teknologi Pangan: Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 6(1).

Yasrizal, Y. (2017). Analisis pendapatan nelayan tradisional dan modern di Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Perikanan Tropis , 4 (1), 23-32.

Hamzah. A., Pandjahitan N.K.,Prasodjo.N.W.2008 respon komunitas nelayan terhadap modernisasi perikanan Di Desa Langsa, Kabupaten Muna,Provinsi Sulawesi Utara.Jurnal. Pengajar Pada Dep Komunikasi Pengembangan Masyarat. IPB.

Published
2023-07-06
Section
Artikel Penelitian