Pengaruh E-commerce, Budaya Organisasi, dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja UMKM di Kota Palopo

The Influence of E-commerce, Organizational Culture, and Financial Literacy on the Performance of MSMEs in Palopo City

  • Aqilah Al Afif Fadhil Institut Kesehatan dan Bisnis Kurnia Jaya Persada
  • Fitriana Umar Institut Kesehatan dan Bisnis Kurnia Jaya Persada
  • Sukmawati Sultan Sahrir Institut Kesehatan dan Bisnis Kurnia Jaya Persada
  • Ema Sari Institut Kesehatan dan Bisnis Kurnia Jaya Persada
  • Nur Fadhilah Safrillah Institut Kesehatan dan Bisnis Kurnia Jaya Persada
  • Asalya Muhammad Ali Institut Kesehatan dan Bisnis Kurnia Jaya Persada
Keywords: E-commerce, Budaya Organisasi, Literasi Keuangan, Kinerja UMKM

Abstract

Kinerja UMKM dianggap menjadi salah satu tolak ukur dalam pencapaian tujuan perusahaan. Peningkatan kinerja akan membawa kemajuan bagi suatu usaha untuk dapat bertahan dalam persaingan dan tidak mengalami kebangkrutan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris dan menganalisis Pengaruh E-commerce, Budaya Organisasi dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja UMKM. Penelitian ini menggunakan sampel UMKM yang berada di Kota Palopo. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 80 responden. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Dari keseluruhan data didapatkan bahwa e-commerce, budaya organisasi, dan literasi keuangan mempengaruhi secara simultan kinerja UMKM sebesar 24,3%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-commerce dan literasi keuangan berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM.

References

Oktaviani, L. and Kadiyono, A.L. (no date) BUDAYA ORGANISASI PADA PERUSAHAAN DISTRIBUSI DENGAN MODEL BISNIS KONVENSIONAL.

Patadungan, H. and Maming, R. (2022) ‘YUME?: Journal of Management Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Walikota Makassar’, YUME?: Journal of Management, 5(2), pp. 440–455. Available at: https://doi.org/10.2568/yum.v5i2.2642.

Sari, E. et al. (2024) ‘SPRINGATE METHOD ANALYSIS (S-SCORE) UNTUK PREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX’, 10(1). Available at: www.idx.co.id.

Sultan Sahrir, S. and Sunusi, A. (2022) ‘Analisis Dampak Indikator Keuangan Terhadap Profitabilitas’, SEIKO?: Journal of Management & Business, 5(1), pp. 2022–77. Available at: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.1843.

Umar, F. and Sari, E. (2023) ‘Jurnal Mirai Management Pengaruh Motivasi Kerja Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan pada Pt Summa Mandiri Sejahtera’, Jurnal Mirai Management, 8(1), pp. 77–83.

Wahyuni Savera, W.S.N.A.H.P.S.N.K. (2021) ‘Pengaruh E-Commerce, Budaya Organisasi, Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja UMKM di Kota Magelang’, prosiding seminar Fakultas Ekonomi Univ Tidar [Preprint].

Published
2024-06-15
Section
Artikel Penelitian