Peran Kepemimpinan dalam Membangun Model Pembaharuan Lembaga Pendidikan
The Role of Leadership in Building a Renewal Model for Educational Institutions
Abstract
Kepemimpinan memegang peranan krusial dalam mencapai standar mutu pendidik dan tenaga kependidikan serta meningkatkan kualitas pendidikan. Artikel ini membahas konsep kepemimpinan pendidikan, standar mutu pendidik dan tenaga kependidikan, serta mutu pendidikan. Fokus utama adalah peran pemimpin sebagai agen perubahan internal dalam lembaga pendidikan, khususnya dalam menghadapi tantangan sumber daya manusia. Penekanan pada perubahan program (kurikulum) tanpa manajemen dan perhatian terhadap sumber daya manusia menyebabkan pelaksanaan program tidak optimal. Resistensi terhadap perubahan dapat dihindari melalui keterlibatan semua pihak dalam proses pengambilan keputusan. Kepemimpinan adalah faktor kunci dalam mencapai standar mutu pendidik dan tenaga kependidikan serta meningkatkan mutu pendidikan. Faktor-faktor seperti kualifikasi, pembinaan profesional, dan manajemen yang efisien menjadi kunci dalam upaya memenuhi standar nasional pendidikan. Metodologi penelitian menggunakan metode kualitatif dengan library research. Analisis pembahasan mencakup konsep utama kepemimpinan, standarisasi tenaga kependidikan, dan kualitas pendidikan. Dampak kepemimpinan terhadap mencapai standar pendidik dan tenaga kependidikan, fungsi kepemimpinan dalam merealisasikan program pendidikan berkelanjutan, serta keseriusan pimpinan dalam mencapai standar pendidik dan tenaga kependidikan untuk menghasilkan pendidikan yang bermutu menjadi fokus analisis. Kepemimpinan yang efektif mengacu pada kemampuan manajerial dan kemampuan inovatif untuk menghadapi perubahan. Kepala sekolah memiliki peran kunci dalam mengelola sumber daya dan meningkatkan mutu pendidikan melalui komitmen, kepemimpinan yang efektif, dan kerjasama erat dengan semua pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan.
References
Jalal, Fasli, Winarno Surakhmad, and Fasli Jalal, ‘Paradigma Baru Pendidikan Islam’, Jurnal Penelitian, 11.1 (2002), 141–74
Nata, Abuddin, Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Gramedia, 2000)