Pengakuan Sosial dan Ketidaksetaraan Kesehatan: Analisis Malnutrisi Melalui Lensa Teori Axel Honneth

Social Recognition and Health Disparities: Exploring Malnutrition through Axel Honneth’s Theoretical Lens

  • Irviani Anwar Ibrahim UIN Alauddin Makassar
  • Syamsu A. Kamaruddin Universitas Negeri Makassar
  • Arlin Adam UPRI Makassar
Keywords: Malnutrisi, Ketidaksetaraan Kesehatan, Pengakuan Sosial

Abstract

Kesehatan masyarakat adalah isu penting yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk ketidaksetaraan sosial. Salah satu bentuk ketidaksetaraan kesehatan yang sering terjadi adalah masalah malnutrisi. Dalam kajian ini, kami akan menggunakan pendekatan teoritis Axel Honneth tentang pengakuan sosial untuk menganalisis hubungan antara pengakuan sosial dan ketidaksetaraan kesehatan, khususnya dalam konteks malnutrisi. Melalui tinjauan literatur yang komprehensif, kami akan menyajikan temuan-temuan terkini dalam bidang ini dan mendiskusikan implikasinya. Tujuan Penelitian tulisan ini adalah Mengidentifikasi Hubungan Antara Pengakuan Sosial dan Malnutrisi, Menganalisis Faktor-faktor Pengakuan Sosial yang Berkontribusi pada Ketidaksetaraan Kesehatan, dan Mengevaluasi Implikasi Teori Axel Honneth dalam Merancang Intervensi Kesehatan yang Holistik. Metode yaitu menggunakan pendekatan literature review. Hasil literature review tulisan ini adalah dengan merangkum pemahaman konseptual dari teori Axel Honneth, intervensi kesehatan dapat dirancang dengan pendekatan yang lebih holistik, mempertimbangkan aspek-aspek pengakuan sosial dan keadilan yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan individu, terutama dalam konteks malnutrisi.

References

Acep Nurullah; Ahmad Fatih; "PENERAPAN DECISION MAKING KEPEMIMPINAN DI MA AL-KARIMIYAH SAWANGAN DEPOK", 2021.

Ageng Kurniawan; "Acara Indonesia Lawyer Club (ILC) Di TVOne Dalam Perspektif Public Sphere", WARTA ISKI, 2019.

Aulia Rahman; "MENJAGA KETAHANAN SOSIAL MASYARAKAT ADAT DATUK SINARO PUTIH MELALUI PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DI KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI", 2020.

Belardo Farjantoky; "PERAN KONSELOR MULTIKULTUR DALAM PENDIDIKAN SOCIAL JUSTICE UNTUK MEMENUHI HAK LANSIA", 2020.

Elsa Libella; Fatimah Zulfa Salsabila; Regika Pramesti Echa Marsanto Putri; "Pengakuan Dalam Pembentukan Negara Ditinjau Dari Segi Hukum Internasional", JOURNAL OF JUDICIAL REVIEW, 2020.

Erfina Fuadatul Khilmi; Arvina Hafidzah; "Penyelesaian Sengketa Waris Berbasis Kearifan Lokal Di Desa Gayasan A, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur", JURNAL SAINS SOSIO HUMANIORA, 2020.

Fadzilatus Arofah; "Kesadaran Kolektif Dan Upaya Menuntut Pengakuan Desa Adat: Kasus Masyarakat Adat Sendi Di Mojokerto, Jawa Timur", 2020.

Fariza Nurlianna; "PEMETAAN STATUS EKONOMI DENGAN MALNUTRISI PADA BALITA BERUSIA 0-59 BULAN", 2020.

Febrian Saniarto; Binar Panunggal; "POLA MAKAN, STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN PRESTASI BELAJAR PADA ANAK STUNTING USIA 9-12 TAHUN DI KEMIJEN SEMARANG TIMUR", JOURNAL OF NUTRITION COLLEGE, 2014.

KEKEN RAHMADINATA; "KEKEN R ANTROPOLOGI HUKUM", 2021.

Khairani Khairani; Sovi Septania; "PENGARUH POLA ASUH PERMISIF TERHADAP INTERAKSI SOSIAL YANG DIMODERASI OLEH SELF-DISCLOSURE PADA GENERASI Z", 2020.

Kristina Paskana; "HUBUNGAN LINGKAR LENGAN ATAS (LILA) IBU HAMIL TRIMESTER III DENGAN BERAT BAYI LAHIR TAHUN 2019", 2020.

Lulu’ul Badriyah; "Hubungan Karakteristik Keluarga, Ekonomi, Dan Faktor Lain Dengan Stunting, Wasting Dan Underweight Pada Anak Usia 6-23 Bulan Di Indonesia", JURNAL ILMIAH KESEHATAN, 2019.

Maria Galuh Kamenyangan Sari; Vitri Widyaningsih; Meirina Mulia Wardani; Alamanda Murasmita; Afif Avicenna Ghufron; "Hubungan Pemantauan Pertumbuhan Anak Baduta Pada Masa Pandemi COVID-19 Dan Pengetahuan Ibu Tentang MP-ASI Dengan Status Gizi", 2021.

Maria Anthoneta Paschalina Palit; "STATUS DAN PERAN WANITA TANI ETNIK PAPUA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN RUMAH TANGGA DI DISTRIK SENTANI KABUPATEN JAYAPURA PROVINSI PAPUA", 2017.

Muhtadli Muhtadli; "Pengakuan Desa Adat Sebagai Penyelenggara Pemerintahan Daerah Di Indonesia Berdasarkan Asas Otonomi", 2020.

M. JAMIL; "Membaca Nafas Pengakuan Dan Perlindungan Hak Masyarakat Hukum Adat Di Indonesia", 2021.

Naofal Bayu Saputra Dewa; Sulton Sulton; Ambiro Puji Asmaroin; "Perjuangan Kaum Disabilitas Dalam Mendapatkan Identitas Kewargaan", 2020.

Prasetya Nugeraha; "GAYA HIDUP REMAJA DI MASA PANDEMIC DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE RITEL MODERN", 2021.

Ria Sabekti; Ah. Yusuf; Retnayu Pradanie; "AKTUALISASI DIRI DAN KECENDERUNGAN NARSISME PADA REMAJA AKHIR PENGGUNA MEDIA SOSIAL", PSYCHIATRY NURSING JOURNAL (JURNAL KEPERAWATAN JIWA), 2019.

Salma Kusumaningrum; Merry Tiyas Anggraini; Chamim Faizin; "Hubungan Pengetahuan Dan Dukungan Keluarga Dengan Perilaku Pencegahan Stunting Pada Ibu Hamil", HERB-MEDICINE JOURNAL, 2022.

Sangguana M J Koamesah; Su Djie To Rante; I Nyoman Sasputra; "HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERSEPSI IBU TERHADAP PERILAKU PEMANFAATAN KELOR SEBAGAI MENU MAKANAN KELUARGA DI KOTA KUPANG", CEYLON MEDICAL JOURNAL, 2020.

Sari Pusvita; "Keperdataan Anak Diluar Nikah Dalam Putusan Mahkamah Konstitusi Dan Implikasinya Terhadap Harta Warisan", 2018.

Shania Liang; "KECENDERUNGAN PERILAKU NARSISTIK DENGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM", 2021.

Sri Rahayu; "Hubungan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Di SMA Negeri 16 Padang", 2016.

Udin Rosidin; Umar Sumarna; Theresia Eriyani; "Determinan Pelaksanaan PHBS Rumah Tangga Di Desa Jayaraga Tarogong Kidul Kabupaten Garut", 2019.

Vira Patmalia; Lymbran Tina; Akifah Akifah; "FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KEKURANGAN ENERGI KRONIK (KEK) IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NAMBO KOTA KENDARI", 2021

Published
2024-04-06
Section
Artikel Penelitian