Peran Perencanaan dan Kontrol Operasi dalam Meningkatkan Efesiensi Pemasaran Global
The Role of Operations Planning and Control in Improving Global Marketing Efficiency
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perencanaan dan control operasi dalam meningkatkan efesiensi pemasaran global. Hasil dari penelitian menemukan bahwa perencanaan memiliki peran penting dalam meningkatkan efisiensi pemasaran global. Dalam konteks pemasaran global, perusahaan perlu memperhatikan strategi operasi global, identifikasi misi dan strategi, serta faktor-faktor seperti kesesuaian, konfigurasi, koordinasi, dan kontrol untuk bersaing secara efektif di pasar global. Peran kontrol operasi dalam meningkatkan efisiensi pemasaran global sangat penting karena memastikan bahwa proses produksi dan distribusi berjalan dengan lancar dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menguraikan dan menyusun data ke dalam format tertulis yang terorganisir dengan baik. Studi literature juga digunakan dalam penelitian ini untuk membantu peneliti dalam menyelesaikan masalah pada penelitian dengan memerlukan seperti penelitian terdahulu, buku-buku dan lain sebagainya.
References
Malik, I. (2020). Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Bisnis Dalam Menghadapi Perdagangan Bebas Masyarakat Ekonomi Asean. Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1), 39-61.
Mubarak, Muhammad Zaidan, and Mumuh Mulyana. "Konsep Dasar Perencanaan Pemasaran Dan Proses Penyusunannya." (2019).
NAIBAHO, Rahmat Sulaiman. Peranan dan perencanaan teknologi informasi dalam perusahaan. Warta Dharmawangsa, 2017, 52.
NUGRAHA, Idzhar Jaya; WASTRA, Akhmad Riyadi; ICHDAYATI, Lilis Imamah. Strategi Penanganan Risiko Operasional Pemasaran Produk Teh Celup Hijau Walini Pada Industri Hilir Teh Pt Perkebunan Nusantara Viii, Bandung, Jawa Barat. AGRIBUSINESS JOURNAL, 2017, 11.2: 100-115.
Rambe, Dhea Nita Syafina, and Nuri Aslami. "Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global." El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.2 (2021): 213-223.
Suhairi, S., Wardani, S., Nasution, D. A., & Siregar, R. Z. F. (2023). Pengantar Pemasaran Global. Jurnal Mirai Management, 8(1), 241-251.
TAAN, Hapsawati. Konsep dasar perencanaan pemasaran dan proses penyusunannya. Jurnal Manajemen, 2021, 5.2: 344–356-344–356.
TRISNOWATI, Juni; SLAMET, Giarti; PUJIANI, Dewi. STRATEGI PENANGANAN RISIKO OPERASIONAL PEMASARAN BERAS PADA PB. SELARAS MAKMUR TRIJAYA. Media Bina Ilmiah, 2022, 16.12: 7889-7900.