Studi Kualitas Pelayanan Gizi Pasien dengan Pendekatan Input, Proses, Output, di Puskesmas kasimbar Tahun 2023
Study of the quality of patient nutrition services using the input, process, output approach at the Kasimbar Community Health Center in 2023
Abstract
Berdasarkan Hasil survey selama turun lapangan ada beberapa kendala yang disebabkan karena pada saat melakukan penelitian bertepatan dengan mmenghadapi akreditasi shingga saat dilapangan terdapat keterbatasan dalam mewawancarai informan,yang awal perencanaan informan sebanyak 30 orang dengan berbagai macam jenis penyakit, ,akan tetapi pada saat dilapangan kami mengakami kendala yang ketrbatas waktu sehingga ada beberapa pasien yang pulang dan sebelum diwawancarai..Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi lebih mendalam kualitas pelayanan gizi berdasarkan pendekatan input-proses-output Di Puskesmas kasimbar tahun 2023”. Metode : Adapun metode yang digunakan yaitu Analisa kualitatif Sebagai bahan informasi bagi Puskesmas yang menjadi lokasi penelitian untuk merancang strategi kualitas pelayanan gizi pasien ataupun tindakan inovatif dalam upaya melakukan peningkatan kualitas pelayanan.Dilakukan dengan cara wawancara kepada kepala puskesmas dan petugas Gizi iPuskesmas kasimbar. Hasil : informan kunci dalam penelitian ini adalah Kepala puskesmas. .Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian Jumlah tenaga Di puskesmas kasimbar terdapat 4 orang petugas gizi. Yang terdiri dari satu sebagai penanggung jawab gizi,penanggung jawab data ,Nusantara sehat dan yang satu sebagai tenaga pengabdi. ruang penyimpanan bahan makanan kering dan bahan makanan basah, ruang pengolahan, ruang pendistribusian makanan dan gudang penyimpanan peralatan
References
2. Desi Rahmawati Sukadi, Sri Wahyuningsih ,2015. Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Gizi Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Sunan Kudus Di Kabupaten Kudus.jurnal kesehatan masyaraka issn: 2338-6347.
3. Erni Mustafa dkk, 2012. Tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan makanan Di Rumah sakit Umum (RSUD)Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, Media Gizi Masyarakat Indonesia, Vol.2, No.1, Agustus 2012 :27-32
4. Ida Rahmah Burhan, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta JKN di Poliklinik Semen Padang Hospital. 2018.Jurnal Kesehatan Andalas. 2018; 7(3)
5. Methayana, 2017 . Hubungan Praktik ahli Gizi Dalam Pelayanan Konsultasi Gizi Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUD Kota Yogyakarta. Kementerian kesehatan Republik Indonesia politik kesehatan Yogyakarta
6. Reza Esfandiari,2016,faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap kualitas pelayan makanan (kasus Di rumah sakit angkatan darat brawijaya,surabaya, e-journal Boga, Volume 5, No. 2
7. Roza Mulyani,2014, Hubungan Karakterisik Pasien Dengan Kepuasan Pelayanan Gizi Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit, Jurnal Keperawatan, Volume X, No. 2, Oktober 2014 ISSN 1907 - 0357
8. Sapmaya wulan ,2018, Analisis Kepuasan Pasien terhadap kualitas pelayanan Rawat inap pada Rumah Sakit Natar Medika Di Lampung Selatan, Universitas Bandar lampung
9. Silvia Anggrianni dkk, 2017,Kepuasan pasien rawat inap dan rawat jalan terhadap pelayanan gizi pasien Diet Diabees Mellitus, Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Vol. 19, No. 1
10. Teguh Mulyono, 2002.Analisis Faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien Rawat Inap Di Rumah sakit Budi Rahayu Pekalongan.Tesis Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro semarang