Peran Ibu Hamil Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dalam Upaya Pencegahan Stunting

The Role of Pregnant Women in Maintaining Dental and Oral Health in Efforts to Prevent Stunting

  • Tri setyawati Bagian Biokimia, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako Indonesia
  • Rabiatul Adawiyah Bagian Biokimia, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako Indonesia
  • Ryka Marina Walanda Bagian Biokimia, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako Indonesia
  • Rizka Intania Putri Bagian Biokimia, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako Indonesia
  • Listawati Bagian Biokimia, Fakultas Kedokteran, Universitas Tadulako Indonesia
Keywords: Kesehatan Gigi, Mulut, Karies Gigi, Ibu Hamil, Zat Gizi, Stunting

Abstract

Kesehatan gigi dan mulut sangat penting karena merupakan gerbang utama masuknya nutrisi dari makanan sekaligus bakteri dan virus yang masuk bersama makanan dan minuman tersebut. Sakit gigi, sariawan pada mukosa mulut akan mengganggu kenyamanan dan berdampak pada asupan zat gizi ke dalam tubuh. Kuantitas zat gizi pada ibu hamil berperan penting bagi kesehatan ibu hamil dan calon bayi yang dikandungan. Oleh karena itu menjaga kesehatan gigi dan mulut penting ditekankan kepada ibu hamil agar mengurangi risiko stunting pada anak yang dikandung. Pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil. Subjek adalah ibu hamil di posbindu kelurahan Tondo yang berjumlah 21 responden dari 50 ibu hamil yang terdata. Pengabdi akan Melakukan penyuluhan dengan media powerpoint dan juga menilai pengetahuan dengan memberikan kuisioner untuk diisi oleh para ibu hamil. Para ibu hamil diberikan kuisioner pengetahuan kesehatan gigi dan mulut sebelum dan setelah penyuluhan. Ibu hamil diberikan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut serta stunting, dan mengisi kuisioner sebelum dan setelah dilakukan penyuluhan. Pemahaman kesehatan gigi dan mulut perlu diberikan kepada ibu hamil  memiliki peran dalam kecukupan zat gizi sehingga dapat mencegah atau mengurangi stunting pada anak.

References

Dina Keumala Sari, dr, Farahanny, W., Siregar, D., Utama Thomas, H., Solon, E., Anugrah Pangeran Jaya, S.C., Desa Binaan -Pemberdayaan Masyarakat Desa Telagah Kabupaten Langkat di Bidang Kesehatan, P., dan Sosial, E., 2020. PANDUAN IBU HAMIL dalam MENJAGA KESEHATAN GIGI dan MULUT untuk MENCEGAH STUNTING.
Kementerian Kesehatan RI. 2019. Httpps://www..sehatq.com/artikel/indikator-keluarga-sehat-dari- kemenkes-ri. Diakses pada tanggal: 1 Oktober 2020.
Maisura, A., dan Darmawati, D. (2016). Efektifitas Penyuluhan Kesehatan Pengetahuan Tanda Bahaya Kehamilan pada Ibu Hamil di Puskesmas Darussalam. Jurnal Ilmiah Fakultas Keperawatan,1 (1).
Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI, 2016. Infodatin: Situasi Balita Pendek. Kementerian Kesehatan RI, Jakarta.
Sadida, Z.J., Indriyanti, R., Setiawan, A.S., 2022. Does Growth Stunting Correlate with Oral Health in Children?: A Systematic Review. Eur J Dent 16, 32–40.
Samiatul, M.A. (2019). Nutrisi Ibu dan Anak, Gizi untuk Keluarga. Jakarta:Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Septa, B., Nurasiah. (2021). Perilaku Ibu Hamil Terhadap Kebersihan Gigi dan Mulut (OHI-s) Selama Masa Kehamilan. Jurnal Poltekkes Makassar, 20 (1), pp: 1-6.
Yenen, Z., Ataça?, T., 2019. Oral care in pregnancy. Journal of the Turkish-German Gynecological Association 20, 264–268.
Wati, E., Sari, S.A., Fitri N.L. 2023. Penerapan Pendidikan Kesehatan Tentang Tanda Bahaya Kehamilan untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Hamil Primigravida di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Purwosari Kec. Metro Utara. Jurnal Medika Muda; 3 (2), pp: 226-234.
Published
2023-12-06
Section
Artikel Pengabdian