Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Sarana dan Prasarana di UPT Sekolah Dasar Negeri 064037

Improving the Quality of Education Through Facilities and Infrastructure at the State Primary School UPT 064037

  • Okta Elviana Manurung, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizki akmalia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Laila Ali Tanjung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizki Akmalia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Syahpan Ramadhan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ibnu Qital Pasaribu Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Sarana Pendidikan, Prasarana Pendidikan, Sarana dan Prasarana

Abstract

Sarana pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang secara langsung dipergunakan dan menunjang proses pendidikan, khususnya proses belajar mengajar, seperti gedung, ruang kelas, meja kursi, serta alat-alat dan media pengajaran. Adapun yang dimaksud dengan prasarana pendidikan adalah fasilitas yang tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan atau pengajaran, seperti halaman, kebun, taman sekolah, jalan menuju sekolah, tetapi jika dimanfaatkan secara langsung untuk proses belajar mengajar, seperti taman sekolah untuk pengajaran biologi, halaman. sarana dan prasarana merupakan komponen dalam proses pembelajaran yang mendukung potensi masing-masing peserta didik di setiap satuan pendidikan baik formal maupun non formal. Pengertian sarana pendidikan itu sendiri adalah segala peralatan atau barang baik bergerak maupun tidak bergerak yang digunakan secara langsung untuk proses pendidikan.Pemanfaatan sarana belajar yang tepat merupakan faktor yang harus diperhatikan dalam kegiatan belajar, sebab aktivitas belajar akan berjalan dengan baik apabila ditunjang oleh sarana belajar yang baik dan memadai dan sebaliknya jika tidak ada sarana dan prasarana yang baik menyebabkan siswa akan terhambat dalam belajar sehingga dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.

References

Ahmadi. (2013). Manajemen Kurikulum: Pendidikan Kecakapan Hidup. Yoyakarta: Pustaka Ifada.

Barnawi & M. Arifin. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah.Yogyakarta: Ruzz Media.

Fadhli, Muhammad. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. Vol. 1 No 02.

Herdiansyah Dahlan. 2012. Pengertian, Jenis, dan Peran Sarana Belajar Di Sekolah.http://hendriansdiamond.blogspot.com/2012/02/pengertian-jenis danperansarana.html. (diakses 15 Oktober 2018).

Minarti, S. 2016. Manajemen Sekolah "Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri".

Nurmaidah. (2018). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Jurnal Al-Afkar. Vol. 6 No 01; April 2018.

Rumaf, N dan Wahyuningsih, A. (2020). Penerapan Gaya Literasi Read and Writing Bagi Siswa di SD Labschool STKIP Muhammadiyah Sorong Warmon Kokoda Kabupaten Sorong. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat. Vol, 3 (1), Hal. 22. Tersedia: https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/article/view/353. [20 Juni 2021].

Published
2023-12-08
Section
Artikel Penelitian