Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Industri Roti F4 Bakery

F4 Bakery Bread Industry MSME Business Development Strategy

  • Romansyah Sahabuddin Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Sakhiya Nathasya Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Nurul Alfina Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Septiani Tri Mefia Wulandari Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Rifki Rif’at Rizkullah Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Muh. Rezky Afriansyah Syarif Universitas Negeri Makassar, Indonesia
Keywords: Strategi, UMKM, SWOT

Abstract

UMKM F4 Bakery merupakan bagian dari industri roti atau roti yang saat ini sedang mengalami beberapa masalah dalam pengembangan usahanya, oleh karena itu diperlukan strategi pengembangan usaha yang berbeda-beda yang kemudian dapat ditawarkan kepada UMKM. Metode yang digunakan adalah metode analisis energi, Kelemahan, Peluang maupun Ancaman (SWOT) yang diterapkan secara kualitatif dengan cara mewawancarai pemilik usaha dan mengamati UMKM. Saran strategi yang dapat dipilih antara lain membuat SOP (Standar Operasional Prosedur) bagi UMKM, akuntansi atau pembukuan bagi UMKM, pemutakhiran, promosi atau penjualan produk yang sudah ada

References

Anang Firmansyah. (2018). Pemasaran Produk dan Merek. Pasuruan: Qiara Media.

Ardina Hariasari. (2015). Tingkat kepuasan Konsumen Terhadap Produk

Restaurant Nikkou Ramen Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Boga, Fakultas Teknik, UNY.

Astuti. (2017). Pengaruh Karakteristik Internal Perusahaan Terhadap Penyiapan dan Penggunaan Informasi Akuntansi Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten Kudus. Universitas Diponogoro.

Badan Pusat Statistik 2016. Makassar Dalam Angka 2015 Jakarta; BPS-Statistik Sulawesi Selatan

Basilius Redan Werang. (2015). Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Sosial. Yogyakarta: Calpulis

Benzaghta, M. A., Elwalda, A., Mousa, M., Erkan, I., & Rahman, M. (2021). SWOT analysis applications: An integrative literature review. Journal of Global Business Insights, 6(1), 55–73. https://doi.org/10.5038/2640-6489.6.1.1148

Hutamy, E. T., Marham, A., Quin, A. N., Alisyahbana, A., Arisah, N., Hasan, M., Ekonomi, P., Ekonomi, F., Bisnis, D., Makassar, U. N., & Artikel, R. (2021). Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z (Analysis of the Canvas Model’s Application to Micro-Entrepreneurs of Generation Z). In Jurnal Bisnis dan Pemasaran Digital (JBPD) (Vol. 1, Issue 1).

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. 2016. Laporan Kinerja Kementerian Perindustrian Tahun 2015. Jakarta: Kementerian Perindustrian Republik Indonesia

Muhammad Rakib, dan, & Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Pendidikan Ujung Pandang, S. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros) (Vol. 19, Issue 2).

Permata Sari, M. (2020). Analisis Swot Dalam Pengembangan Usaha Roti Pada Roti Barokah Di Desa Paokmotong Kecamatan Masbagik Lombok Timur.

Rangkuti, Freddy. 2016. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Menghitung Bobot, Rating, dan OCAL. Jakarta PT. Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhartini. (2016). Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk dan Pelayanan Makanan Khas Korea Di Silla Restaurant Yogyakarta. Jurnal Fakultas Teknik. Yogyakarta: UNY

Troso, T. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi (studi pada umkm kain tenun ikat troso jepara) 1 Nita Andriani dan 2 Zuliyati 1,2, (2012), 41–52.

Yunus, Eddy. 2016. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Published
2023-12-08
Section
Artikel Penelitian