Penerapan 5 Pilar melalui Pendampingan dan Pemberdayaan Keluarga Penderita Diabetes Mellitus

Implementation of the 5 Pillars through Family Assistance and Empowerment Diabetes Mellitus Sufferers

  • Sitti Fatimah M. Arsad Jurusan Keperawatan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo.
  • Nurdiana Djamaluddin
  • Nur Ayun R. Yusuf Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Cindy Puspita Sari Haji Jafar Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
Keywords: Penerapan 5 Pilar, Pendampingan, Pemberdayaan Keluarga, Diabetes Melitus

Abstract

Penyakit tidak menular merupakan penyebab kematian utama secara global. Salah satu jenis penyakit tidak menular yang selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun adalah penyakit diabetes mellitus tipe 2. Diabetes mellitus tipe 2 merupakan penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak dapat menghasilkan hormon insulin yang cukup atau ketika tubuh tidak efektif menggunakan insulin yang dihasilkan. Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo mencatat penderita diabetes melitus pada tahun 2020 sebanyak 3.908 penderita, pada tahun 2021 terjadi peningkatan yang sangat signifikan sebanyak 17.895 penderita, dan pada tahun 2022 dengan jumlah penderita diabetes melitus sebanyak 13.678 penderita. Khusus pada Kabupaten Gorontalo sebanyak 1.964 penderita. Dalam penatalaksanaan 5 Pilar Diabetes Mellitus dibutuhkan dukungan keluarga penderita untuk mencegah komplikasi buruk yang akan terjadi. Kegiatan berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi penderita dan keluarga dalam mengendalikan diabetes melitus melalui penerapan 5 pilar: edukasi, pola makan, olahraga, intervensi farmakologi dan pemeriksaan gula darah yang dilaksanakan selama 45 hari. Hasil yang dapat disimpulkan pada kegiatan ini terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat Pentadio Barat khususnya bagi penderita dan keluarga terhadap pencegahan dan pengendalian diabetes mellitus. Diharapkan Pemerintah Desa Pentadio Barat kiranya dapat menerapkan program pencegahan dan pengendalian pada penderita diabetes mellitus dengan pendampingan keluarga.  

References

Arini, H. N., Anggorowati, A. and Pujiastuti, R. S. E. (2021) ‘Dukungan keluarga pada lansia dengan Diabetes Melitus Tipe II: Literature review.’, Jurnal penelitian dan pemikiran ilmiah keperawatan, 7(2), pp. 172-180.

Ekaputra, E. (2013) Evolusi Manajemen Luka Menguak 5 Keajaiban Moist Dressing. Jakarta: CV Trans Info Media.

Firmansyah, M. D. et al. (2022) ‘Pelaksanaan kegiatan pemeriksaan Gula Darah Sewaktu (GDS) pada lansia di wilayah Rt. 03 Cipayung Ciputat Tangerang Selatan.’, Jurnal universitas muhammadiyah jakarta.

Gustina, Suratun and Heryati (2014) ‘Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan diet diabetes mellitus pada pasien DM.’, JKep, 3(2), pp. 97–107.

Kemenkes, R. (2020) Infodatin 2020 Diabetes Melitus Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.

PERKENI (2021) Pedoman Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 Dewasa di Indonesia (1st ed.). PB. PERKENI.

Rahayu, P., Nurhasanah, L. and Widiastuti, F. (2021) ‘Gambaran dukungan keluarga pada pasien ulkus diabetikum yang menjalankan perawatan luka di klinik perawatan luka wilayah Kabupaten Bekasi.’, Jurnal ilmiah kesehatan medika drg. Suherma, 3(1), pp. 1–10.

Riskesdas (2018) Riset Kesehatan Dasar, Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Rusiana, H. P. et al. (2021) ‘Penatalaksaan mandiri penyakit diabetes melitus.’, Jurnal masyarakat mandiri, 5(4), pp. 1663-1670.

Selano, M. K., Marwaningsih, V. R. and Setyaningrum, N. (2020) ‘Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu (GDS) dan Tekanan Darah kepada Masyarakat.’, Indonesian journal of community services, 2(1), pp. 38–45.

Suhartatik, S. (2022) ‘Faktor -faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan diet penderita diabetes mellitus.’, Healthy Tadulako journal (Jurnal kesehatan tadulako), 8(3), pp. 148–156.

Zovancha, R. O. and Wijayanti, A. C. (2021) ‘Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Kualitas Hidup Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Surakarta.’, Jurnal kesehatan masyarakat indonesia, 16(3), pp. 182–188.

Published
2023-10-16
Section
Artikel Pengabdian