Strategi Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran digital pada Batik Malai

Strategies for Utilizing Instagram as a Digital Marketing Communication Media for Batik Malai

  • Muhamad Hanif Ahda Fakultas Teknik Universitas Abdurrab, Indonesia
  • Adli Fakultas Teknik Universitas Abdurrab, Indonesia
Keywords: Strategi Pemasaran, Pemanfaatan Instagram, Batik Malai

Abstract

Penggunaan media sosial akhir-akhir ini fungsinya tak lagi sekedar saling sapa dan menjalin hubungan sesama manusia, namun lebih dari itu, media sosial kini berkembang menjadi media pemasaran online. Mulai dari memasarkan usaha baik produk, jasa, bahkan karya musisi, karya desain, dan banyak lainnya untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan biaya yang tidak besar. Adapun salah satu media sosial yang banyak digunakan untuk media pemasaran adalah Instagram, aplikasi ini sangat mensupport untuk penggunanya untuk melakukan kegiatan bisnis, marketing, dan promosi dikarenakan terdapat pilihan akun bisnis pada salah satu fiturnya. Tak terkecuali brand Batik Malai pun memanfaatkan aplikasi Instagram sebagai media pemasaran utamanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran Batik Malai yang digunakan dalam menggunakan media Instagram, dengan metode SOSTAC yakni Situation analysis, Objectives, Strategy, Tactics, dan Control, Akun Instagram yang dimanfaatkan sebagai media pemasaran adalah @batikriau dengan jumlah 33.100 pengikut, dan 3.623 postingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan yaitu dengan melakukan wawancara, observasi langsung, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini yaitu kegiatan pemasaran di Instagram Batik Malai yang berasal dari unggahan konten baik melalui fitur feed maupun fitur story yang buat semenarik mungkin dan juga pemanfaatan fitur chat dan comment yang disediakan Instagram untuk berinteraksi dengan pengikutnya, Batik Malai secara konsisten menggunakan Instagram setiap harinya, dan memasarkan penjualannya untuk menarik perhatian target marketnya agar mencapai tujuannya yaitu meningkatkan penjualan

References

Ade, Irma. 2017. “Peran Instagram Sebagai Median Komunikasi Pemasaran Bisnis Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Bisnis Online Beauty Home Shop)â€.†Jurnal online kinesik Vol. 4 No.

Akbar Mohammad , Aldrin. dan Sitti, Nur Alam. 2022. E-Commerce: Dasar Teori Dalam Bisnis Digital. medan: Yayasan Kita Menulis.

Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan & Strategi Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Chafey, D & Smith, P.R. 2017. Digital Marketing Excellence: Planning, Optimizing and Integrating Online Marketing. Taylor & Francis.

Kotler, Phillip. dan Kevin Lane, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi kedu. Jakarta: PT Index. kelompok Gramedia.

Lestari, Suerna Dwi. 2012. Mengenal Aneka Batik. Jakarta: PT. Balai Pustaka. Persero.

Lexy J, Moleong. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Miranda, Sofia. 2017. “Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riauâ€.†Jom fisip volume 4 n.

Nawawi, Hadari. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Prisgunanto, Ilham. 2014. Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta: Prinsani Cendekia.

Sánchez-Franco, M. J., Peral-Peral, B., dan Villarejo-Ramos, Ã. F. 2014. Users’ Intrinsic and Extrinsic Drivers to Use a Web-Based Educational Environment. Computers & Education.

Sanjaya, Ridwan. dan Tarigan, Josua. 2009. Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Setiadi. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep Dan Implikasi Untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published
2023-07-10
Section
Artikel Penelitian