Penggunaan Aplikasi Android Pascal N-Ide sebagai Media Pembelajaran Materi Algoritma dan Pemrograman

Use of N-Ide Pascal Android Application as Algorithm and Programming Material Learning Media

  • Andi Firmansyah SMK Muhammadiyah 1 Palu Jl. Letjend. Soeprapto No. 69, Palu
Keywords: Media Pembelajaran, Aplikasi Android, Pascal

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan aplikasi android ‘Pascal N-IDE’ sebagai alternatif media pembelajaran pada materi Algoritma dan Pemrograman dalam mapel Informatika pada siswa X TJKT A semester Genap SMK Muhammadiyah 1 Palu. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metodologi penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Palu, dengan subjek siswa kelas X TJKT A yang berjumlah 24 orang, selama penelitian peneliti dibantu oleh kolaborator yang merupakan guru di SMK Muhammadiyah 1 Palu. Prosedur penelitian meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, melakukan tindakan, evaluasi dan refleksi dengan menggunakan teknik monitoring, dokumentasi dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Setelah melakukan pengolahan data bersama kolaborator, peneliti memperoleh data hasil pembelajaran dan monitoring selama dua siklus dan yang menunjukkan bahwa aplikasi android Pascal N-IDE dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran materi Algoritma dan Pemrograman. Peneliti menyimpulkan bahwa aplikasi ini dapat mempermudah proses praktikum dijurusan TJKT dan mudah diterapkan karena merupakan aplikasi berbasis android.

References

______________. (2019). Retrieved augst 13, 2020, from website https://id.wikipedia.org/wiki/Pascal_(bahasa_pemrograman)
Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
Dikdasmen, “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 40 tahun 2008 tentang standar sarana dan prasarana untuk SMK/MAK,” Jakarta: Dikdasmen, 2008.
Dikdasmen, “Surat Keputusan Dirjen Dikdasmen Nomor : 130/D/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan,” Jakarta : Dikdasmen, 2017
Direktorat SMK. (2020). Retrieved auf=gust 15, 2020, from website Data Prasarana SMK: http://datapokok.ditpsmk.net/prasarana?id_prov=180000&id_kab=186000&id_kec=&id_prasarana=8&sts=&cari=40203630 .
Maryono, Dwi dan Pambudhi (2014). Pemrograman Dasar untuk SMK/MAK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta.
McKown, Harry C. dan Alvin B. Roberts. (1949). Audio-visual Aids to Instruction. New York: McGraw-Hill book Company.
Munir, Rinaldi. (2011). Algoritma dan pemrograman dalam bahasa Pascal dan C. Bandung: Informatika.
Published
2023-05-25
Section
Artikel Penelitian