HUBUNGAN PERILAKU DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI TETANUS TOXOID PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TAGOLU KABUPATEN POSO

  • Adelfin Lapangoyu Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sudirman Sudirman Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sri Wayudin Moonti Bagian Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Imunisasi tetanus toksoid adalah proses untuk membangun kekebalan sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit tetanus. Tujuan imunisasi Tetanus Toksoid ini untuk melindungi ibu dan bayi dari penyakit tetanus karena antibodi dihasilkan dan diturunkan pada bayi melalui plasenta dan mengurangi resiko tetanus pada neonatal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Perilaku dengan Kelengkapan Imunisasi Tetanus Toxoid pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Tagolu Kabupaten Poso. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional Study dimana data yang menyangkut data variabel independen dan variabel dependen akan dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 63 ibu hamil diperoleh dari jumlah populasi berjumlah 171 ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Taggolu Kabupaten Poso. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara predisposisi dengan nilai p = 0.005 (p < 0.05), ada hubungan pemungkin dengan nilai p = 0.003 (p < 0.05), dan ada hubungan penguat dengan nilai p = 0.014 (p < 0.05) Kelengkapan Imunisasi Tetanus Toxoid pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Tagolu Kabupaten Poso. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa dari ketiga faktor perilaku memiliki hubungan dengan kelengkapan imunisasi tetanus toxoid pada ibu hamil. Saran penelitian ini ditujukkan bagi pihak Puskesmas Tagolu selalu meningkatkan sosialisasi tentang pentingnya melakukan imunisasi tetanus toxoid lengkap pada ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Tagolu Kabupaten Poso.

Author Biographies

Adelfin Lapangoyu, Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Mahasiswa
Sudirman Sudirman, Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen
Sri Wayudin Moonti, Bagian Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen

References

Agustini, 2013. Hubungan antara Tingkat Pengetahuan Ibu dan Dukungan Keluarga dengan Cakupan Pelayanan Antenatal di Wilayah Kerja Puskesmas Buleleng I. Jurnal. Magister Kedokteran Keluarga Vol 1, No 1, 2013 (hal 67-79).

Ida Wijayanti, 2013. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Petugas Imunisasi Tetanus Toksoid (TT) Ibu Hamil di Kota Madiun. Skripsi Universitas Diponegoro.

Masnawar, 2013. Hubungan Pengetahuan Ibu dengan Pemberian Imunisasi Tetanus Toxoid Puskesmas Rurukan Kecamatan Tomohon Timur Kota Tomohon. Jurnal Ilmiah Bidan, Vol.1, No.1, 31.

Mariana, 2017. Data Laporan Tahunan Kunjungan Ibu Balita Melakukan Imunisasi TT di Puskesmas Tagolu Kabupaten Poso. Poso

Notoatmodjo, 2012. Ilmu Perilaku dan Kesehatan. Hak Cipta. Jakarta.

Rahmawati, 2013. Hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan Kelengkapan imunisasi Tetanus Toxoid di Puskesmas Kalijati Kecamatan Kalijati Jawa Barat. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Padjajaran.

Syahrianti. 2014. Analisis Faktor Perilaku dengan Cakupan Kunjungan Ibu Hamil (K4) dalam Melakukan Imunisasi TT pada Ibu Hamil di Puskesmas Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2014. Tesis, Universitas Diponegoro.

Wahyuni, 2013. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Status Imunisasi TT Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Lisu Kabupaten Barru. Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol.2, No.3, 2.

Wardani, S. 2012. Faktor- Faktor yang MempengaruhiKetidaklengkapan Imunisasi Tetanus Toksoid (TT) pada Ibu Hamil di Desa Klumpang Kampung Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang Tahun 2012. Jurnal Ilmiah PANMED, Vol.6, No.1: 15-20.

Yahrianti. 2013. Hubungan Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil Melalui Integrasi Program Perencanaan Persalinan Dan Pencegahan Komplikasi (P4K) dan Antenatalcare di Posyandu Kota Mojokerto Provinsi Jawa Timur. Jurnal Buletin Penelitian Sistem Kesehatan vol. 16 No 2.

Published
2018-11-14
Section
Fakultas Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>