Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Britama di BRI

The Effect of Marketing Mix on Customers' Decisions to Use Britama Savings Products at BRI

  • Roki Ikwan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Intitut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Wawan Devis Wahyu Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Intitut Agama Islam Negeri Kerinci
Keywords: Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Orang, Proses, Bukti Fisik, Bauran Pemasaran

Abstract

Marketing mix berperan untuk membentuk, mengembangkan dan mengarahkan pertukaran yang saling menguntungkan dalam jangka panjang antara produsen dan konsumen. Namun dalam praktiknya penerapan Marketing mix yang dijalankan oleh BRI Unit Semurup masih mengalami sebuah permasalahan yang dirasakan oleh nasabah seperti proses surve ke rumah nasabah terlalu lama pada saat nasabah melakukan pinjaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi 7P Marketing mix terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan Britama di BRI Unit Semurup. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala linkert dan sampel sebanyak 73 responden nasabah BRI Unit Semurup tahun 2021, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, uji t dan uji F serta koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas dan multi kolinearitas. Pada uji hipotesis hasil uji t secara parsial Cuma tiga yang terjadi signifikan 7P yaitu lokasi, orang, dan bukti fisik, sedangkan yang tidak terjadi signifikan pada hasil uji t 7P adalah produk, harga, promosi dan proses terhadap keputusan nasabah. Dan pada uji hipotesis hasil uji f secara keseluruhan bahwa 7P bersignifikan semua atau berpengaruh semua keputusan nasabah.

References

Amelia, Mia Siti. 2016. “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Cafe Coffee Time Kopo Bandung.”
Baiti, Rizka Ulfa. 2016. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Ib Muamalat Di Bank Muamalat Kcp Salatiga.”
Fatihudin, Didin, and Anang Firmansyah. 2019. Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.
Garaika, Garaika, and Winda Feriyan. 2019. “Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta.” Jurnal Aktual 16(1): 21–27.
Gusti, Ayu Satya Bhama Dewi. “Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Nilai Penjualan Pada PT. Caladi Lima Sembilan (C59) Bali.” Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Nilai Penjualan Pada PT. Caladi Lima Sembilan (C59) Bali.
Haryanti, Indri Etri. 2014. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih BPR Syariah Tanmiya Artha Kediri.”
Hayati, Farah. 2018. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tabungan Btn Batara Ib Pada Bank Btn Syariah Cabang Pasar Minggu–Jakarta Selatan.”
Indira, Ayuna. 2020. “PENGARUH KUALITAS DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK LUCKY STRIKE PADA PT. BENTOEL GROUP CABANG MEDAN.”
Khoiriyah, Aan. 2017. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Pengambilan Keputusan Nasabah Pada BMT Mekar Abadi Aji Sejahtera.”
Kotler, P, and K L Keller. 2016. “Marketing Management 15th Global Edition. England: Pearson Educationn Limited.”
Lubis, Seri Devi. 2017. “Pengaruh Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Muamalat IB Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan.”
Mubarok, Nurul. 2017. “Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista.” I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics 3(1): 73–92.
PANAKKUKANG, MAKASSAR, and N U R YENA. “PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK TABUNGAN BRITAMA PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK, KANTOR CABANG.”
Putri, Weli Ofni. 2018. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Produk Fulnadi Pada PT Asuransi Takaful Keluarga Lampung Tahun 2015-2017.”
Published
2023-04-14
Section
Artikel Penelitian