Pengaruh Perda Pemberdayaan dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM

Title the Influence of Empowerment Local Regulations and Market Orientation on MSMEs Marketing Performance

  • Raidon Hutahaean Hukum, Universitas Trunajaya Bontang, Indonesia
  • Ayu Dita Sari Manajemen, Universitas Trunajaya Bontang, Indonesia
Keywords: Perda Pemberdayaan, Orientasi Pasar, Kinerja Pemasaran, UMKM

Abstract

Pemerintah Kota Bontang mengeluarkan Perda No. 5 Tahun 2015 tentang Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dengan Perda ini diharapkan dapat menopang ketahanan ekonomi masyarakat  mewujudkan kesejahteraan yang adil dan merata terhadap kinerja pemasaran UMKM.Pelaku usaha juga mempertimbangkan orientasi pasar dalam menerapkan usaha yang dipasarkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh secara simultan  Perda Pemberdayaan dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran di UMKM Kota Bontang. Data diperoleh dari 60 pelaku usaha UMKM. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan alat analisis SPSS versi 16.0.  Pada pengujian regresi linear berganda diperoleh:Y = 1,814+0,180 X1+0,737 X2.. Hasil uji hipotesa secara parsial menyatakan bahwa Perda Pemberdayaan dan Orientasi pasar mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Kota Bontang

Author Biography

Raidon Hutahaean, Hukum, Universitas Trunajaya Bontang, Indonesia

Hukum

References

Darma, Adi. 2015. “Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah.†In Peraturan Daerah Kota Bontang Nomor 5 Tahun 2015,.

Ddeok, Yohanes Antonius, John E.H.J FoEh, Henny A Manafe, and Simon Sia Niha. 2023. “Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Melalui Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening (Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia).†Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 4(4): 557–63.

Fransisca, Charren, Lina Mahardiana, and Yoberth Kornelius. 2019. “Pengaruh Pelatihan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Koperasi Umkm Provinsi Sulawesi Tengah.†Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (Jimut) 5(1): 10–18.

Harini, Sri, Endang Silaningsih, and Marwah Eka Putri. 2022. “Pengaruh Orientasi Pasar, Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM.†Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen 6(1): 67–82.

Lazuardi, A. A. et al. 2022. “Pengaruh Umkm Susu Pangalengan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Menurut Perspektif Hukum Ekonomi.†Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 1(6): 135–44.

Rahendra Farean, Rahendra, Fathuddin Abdi, and Mellya Embun Baining. 2020. “Pengaruh Pelatihan, Pendampingan, Dan Pembinaan Dinas Koperasi Dan Umkm Terhadap Perkembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Kota Jambi. Diss. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2020.â€

Ramadhita, S., H Setiawan, and N. Ummi. 2017. “Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja (Studi Kasus: Dinas Koperasi Dan UMKM Provinsi Banten).†Jurnal Teknik Industri Untirta 5(2).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 2 cetakan. ed. Sutopo. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U et al. 2010. Pemasaran Strategik: Perspektif Value-Based Marketing & Pengukuran Kinerja. IPB Press.

Tambunan, Tulus TH. 2012. Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Indonesia: Beberapa Isu Penting. Cetakan pe. Jakarta: Samlemba 4.

Utaminingsih, A. 2016. “Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Dan Kreativitas Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UKM Kerajinan Rotan Di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara.†Media Ekonomi dan Manajemen 31(2).

Waas, Samuel, and Dina Fitri Septarini. 2014. “Pengaruh Pemahaman Akuntansi Terhadap Niat Pengusaha Umkm Menyajikan Laporan Keuangan Sesuai Sak Etap.†Jurnal Akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang 1(1): 17–29.

Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pres.

Published
2023-04-14
Section
Artikel Penelitian