Implementasi Market Basket Analysis Menggunakan Algoritma Apriori pada Data Penjualan Buku

Implementation of Market Basket Analysis Using Apriori Algorithm on Book Sales Data

  • Ahmad Thariq Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ambon, Indonesia
Keywords: Market Basket Analysis, Algortima Apriori, Produk Buku, Sistem, Penjualan

Abstract

Pada saat ini toko penjualan produk buku sangat banyaknya di berbagai daerah. Hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi perusahaan Toko Bina Ilmu untuk bersaing di industri perdagangan itu sendiri. Oleh karena itu dibutuhkan adanya proses Data Mining dalam hal pengumpulan dan pengolahan data dengan menggunakan metode Association Rules Mining atau lebih dikenal dengan sebutan Market Basket Analysis untuk mengetahui hubungan antar barang pada satu dataset sebagai sebuah strategi dari perusahaan Toko Bina Ilmu. Sistem Informasi Penjualan produk buku yang ada di perusahaan Bina Ilmu belum benar-benar dapat dimanfaatkan untuk menentukan pengambilan keputusan yang tepat dalam sistem persediaan barang, sehingga sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan. Penelitian ini menggunakan Algoritma Apriori untuk mencari jenis produk buku yang paling banyak terjual diantara beberapa produk buku. Algortima Apriori digunakan untuk menentukan pola pembelian produk buku untuk persediaan produk buku berdasarkan kecendrungan pembeliaan produk buku oleh konsumen.Untuk pengembangan sistem dibangun dengan pendekatan Market Basket Analysis untuk menentukan produk mana yang akan dibeli oleh konsumen berdasarkan analisa terhadap daftar transaksi pelanggan. Hasil Implementasi Market Basket Analysis dengan Algoritma Apriori Jika membeli buku Novel, maka akan membeli buku Internet dengan support 50% dan confidence 75%. Jika membeli buku Internet, maka akan membeli buku Novel dengan support 50% dan confidence 80%. Dapat disimpulkan bahwa jenis produk buku yang paling banyak terjual adalah buku Novel dan buku Internet,  dengan diketahuinya produk yang paling banyak terjual tersebut,  sehingga perusahaan dapat menyusun strategi pemasaran untuk memasarkan produk dengan jenis lain dengan meneliti apa kelebihan produk yang paling banyak terjual tersebut dengan produk lainnya dan dapat menambah persedian buku Novel dan buku Internet

References

Baetulloh, Uci, and Acep Irham Gufroni. 2019. “PENERAPAN METODE ASSOCIATION RULE MINING PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN PRODUK KARTU PERDANA KUOTA INTERNET MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI.†Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer 10(1): 173–88.

Darmadi, Didik, M A Suharyono, and Wasis A Latief. 2013. “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Penjualan.†Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol 2: N0.

Gunadi, Goldie, and Dana Indra Sensuse. 2016. “Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Pattern Growth (Fp-Growth): Studi Kasus Percetakan Pt. Gramedia.†Telematika Mkom 4(1): 118–32.

Han, Jiawei, Micheline Kamber, and Jian Pei. 2012. “Data Mining Concepts and Techniques Third Edition.†University of Illinois at Urbana-Champaign Micheline Kamber Jian Pei Simon Fraser University.

Haryanto, Denny, Yetli Oslan, and Djoni Dwiyana. 2011. “Implementasi Analisis Keranjang Belanja Dengan Aturan Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Penjualan Suku Cadang Motor.†Jurnal Buana Informatika 2(2).

Ningsih, Lina, and Dewi Ayu Nur Wulandari. 2017. “Data Mining Market Basket Analysis Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Persediaan Obat.†Konferensi Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi 1(1).

Rachmanto, Adi. 2017. “Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Perusahaan Dagang.†Jurnal Riset Akuntansi 5(1).

Saputra, Ramadani, and Alexander J P Sibarani. 2020. “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat.†JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi) 7(2): 262–76.

Setiawan, Aji, and Rizka Mulyanti. 2020. “Market Basket Analysis Dengan Algoritma Apriori Pada Ecommerce Toko Busana Muslim Trendy (Market Basket Analysis with Apriori Algorithms in Ecommerce Trendy Muslim Clothing Stores).†JUITA: Jurnal Informatika 8(1): 11–18.

Tampubolon, Kennedi et al. 2013. “Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatan.†Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI) 1(1): 93–106.

Vazan, P et al. 2017. “Using Data Mining Methods for Manufacturing Process Control.†IFAC-PapersOnLine 50(1): 6178–83.

Published
2023-03-15
Section
Artikel Penelitian