Hakekat dan Misi Pendidikan Madrasah di Indonesia
The Essence and Mission of Madrasah Education in Indonesia
Abstract
Madrasah sebagai lembaga pendidikan di Indonesia memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bangsa. Hakekat pendidikan madrasah dengan seiringan dengan jalannya tujuan pendidikan melalui misi yang ada di madrasah. Adanya Madrasah dapat membentuk anak bangsa yang bisa memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan. Munculnya madrasah menjadi hal yang terpenting dalam membangun kepribadian anak bangsa yang sesuai dengan nilai-nilai islam sehingga menjadi asumsi dalam perkembangan bangsa dengan seiring kemajuan teknologi dan informasi. Madrasah harus mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya untuk memajukan pertumbuhan dan perkembangan bangsa.
References
2. Darlis A. Islam sebagai paradigma ilmu pendidikan. J Tarb. 2017;24(1):91–3.
3. Asha L. Manajemen Pendidikan Madrasah Dinamika dan Studi Perbandingan Madrasah Dari Masa Ke Masa. AZYAN MITRA MEDIA; 2020.
4. Solihin F, Mutaqin RS. PENGANTAR STUDI MADRASAH HADIS Firman Solihin & Rizal Samsul Mutaqin PENDAHULUAN Laksana samudra yang tak mungkin kering , hadis Nabi Saw tidak pernah habis- habisnya dikaji dan diteliti dari masa ke masa , dari pelbagai sisi dan segi sampai melahirkan ra. 2022;5(2):169–86.
5. Setiyawan. Hakikat pendidikan bagi anak di lpka. J Chem Inf Model. 2018;53(9):1689–99.
6. Hasan. Pengantar perancangan Madrasah. Stud TENTANG Pengenalan Madrasah. 2018;338.
7. M Maskur. Eksistensi dan Esensi Pendidikan Madarsah di Indonesia. TErampil J Pendidik dan Pembelajaran dasar. 2017;4(1):1689–99.
8. Aisyiah U. TARBIYATUNA, Vol. 7 No. 1 Juni, 2016 94. Tarbiyatuna. 2016;7(1):94–102.
9. Supradi Dosen STAI Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian B. Indonesian Journal of Islamic Educational Management Hakikat Supervisi Dalam Pendidikan Islam. 2019;2(1):1–11.
10. Chairiyah Y. Sejarah Perkembangan Sistem Pendidikan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. MA’ALIM J Pendidik Islam. 2021;2(01):48–60.
11. Alawiyah F. Pendidikan Madrasah di Indonesia: Islamic School Education in Indonesia. J Aspir. 2014;5(1):51–8.
12. Drajat M, Sekolah Tinggi Agama Islam KHEZ Muttaqien Purwakarta MaD, Kunci K, Islam P, Agama D. Sejarah Madrasah Di Indonesia. J Islam Stud. 2018;1(1):196–206.
13. Wasitohadi W. HAKEKAT PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF JOHN DEWEY Tinjauan Teoritis. Satya Widya. 2014;30(1):49.
14. Julia Sari IS. Hakekat, Dinamika Organisasi, Dan Fungsi Pemimpin Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. J Ilm Iqra’. 2019;13(1):26.
15. Sulaiman R. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan. Desember. 2019;5(2):2614–0217.
16. Ishari N. Hakikat Pendidikan Islam di Madrasah Ditinjau dari Manajemen Pendidikan. Tarbiyatuna. 2014;7(I):88–106.
17. Adnan N. Mengenal Hakikat Dan Misi Pendidikan Agama Islam Di Indonesia. AcademiaEdu.
18. Agama PP, Keagamaan D, Litbang B, Diklat D, Agama K. Website: http://jurnaledukasikemenag.org EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan INOVASI MADRASAH MELALUI PENYELENGGARAAN MADRASAH RISET THE INNOVATION OF MADRASAH THROUGH IT’S RESEARCH ENFORCEMENT Umul Hidayati. 2019;17(3):238–55.
19. Arjoni A, Handayani T. Peran Madrasah dalam Menangkal Dampak Negatif Globalisasi terhadap Perilaku Remaja. JIP J Ilm PGMI. 2017;3(1):1–14.
20. Hanipudin S. Pendidikan Islam di Indonesia dari Masa ke Masa. Matan J Islam Muslim Soc. 2019;1(1):39.