Pola Asuh Orang Tua Dalam Menerapkan Sikap Kemandirian Anak di TK Kosgoro Nupabomba Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala

Parenting Patterns in Implementing Children's Independent Attitudes at Kosgoro Nupabomba Kindergarten, Tanantovea District, Donggala Regency

  • Ike A Budiman Program Studi PG PAUD Fakultas Keguguran dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
  • Mustamin Idris Program Studi PG PAUD Fakultas Keguguran dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
  • Fitriani Ayuningtias Program Studi PG PAUD Fakultas Keguguran dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Sikap Kemandirian, Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pola asuh orang tua di TK Kosgoro Nupabomba, Kec.Tanantovea, Kab. Donggala dalam mengembangkan sikap kemandirian anak dan bagaimana upaya pola asuh orang tua dalam mengembangkan sikap kemandirian anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data dan pengambilan data. Agar yang diperoleh terjamin validitas dan kredibilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pola asuh dalam menerapkan sikap kemandirian anak yang diterapkan di TK Kosgoro Nupabomba yaitu pola asuh demokratis, pola asuh otoriter dan pola asuh permisif. Untuk menerapkan sikap kemandirian pada anak, pihak sekolah membuat peraturan yang dapat disepakati oleh guru dan orang tua dan ditaati oleh anak dengan cara membuat peraturan seperti masuk kelas tepat waktu, menggunakan seragam sesuai waktunya, anak dapat menyimpan kembali permainan pada tempatnya, anak dapat membuang sampah pada tempatnya, merapikan tempat bekal. keperluannya, melihat keperluan yang akan dia lakukan agar anak tersebut tidak manja.

References

1. Ariyanti T. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Din J Ilm Pendidik Dasar. 2016;8(1).
2. Utaminingsih S. Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam Perspektif Negara Hukum Kesejahteraan (Studi Kasus di Kota Tangerang Selatan). Proc Univ Pamulang. 2019;1(1).
3. Syahraeni A. Tanggung jawab keluarga dalam pendidikan anak. Al-Irsyad Al-Nafs J Bimbing dan Penyul Islam. 2015;2(1).
4. Al T. Pola Asuh Kreatif Panduan Untuk Orang Tua, Jakarta, PT. Gramedia; 2013.
5. Nufus H. Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini (Penelitian di TK Negeri Pembina Provinsi Banten). UIN SMH BANTEN; 2019.
6. Komala K. Mengenal dan mengembangkan kemandirian anak usia dini melalui pola asuh orang tua dan guru. Tunas Siliwangi J Progr Stud Pendidik Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung. 2015;1(1):31–45.
7. Baskoro L, Roysa M. Implementasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi di Kelas V SD. Indones Gend Soc J. 2022;3(1).
8. Winarsih M. Pembelajaran Bahasa Bagi Anak Tunarungu. Perspekt Ilmu Pendidik. 2010;22(XIII):103–13.
Published
2022-04-26
Section
Artikel Penelitian