Meningkatkan Nilai-Nilai Akhlak Anak melalui Metode Demonstrasi di Kelompok B TK Al-Ikhlas Pulu

Improving the Children’s Akhlak Values Through Demonstration Method in Group B TK A-Ikhlas Pulu

  • Risfawati Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Nilai-Nilai Akhlak Anak, Metode Demonstrasi

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan   metode demonstrasi dapat meningkatkan nilai-nilai

akhlak anak   Kelompok B TK Al-Ikhlas Puluâ€? Dan tujuan penelitian ini adalah Untuk   meningkatkan meningkatkan  nilai-nilai  akhlak  anak    di  Kelompok  B  TK  Al-Ikhlas  Pulumelalui  metode  demonstrasi, melibatkan  15  orang anak terdiri  dari 6  orang anak laki-laki  dan  9 orang anak  perempuan.  Penelitian  ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan secara bersiklus. Dimana pada  Data pra  tindakan menunjukkan dari 15 anak yang menjadi subjek penelitian dari tiga aspek perilaku berdoa, perilaku membuang sampah, dan perilaku mencuci tangan. Dimana pada aspek perilaku berdoa, belum ada anak yang masuk kategori BSB, 3 orang anak (20,00%) yang masuk kategori BSH, 9 orang anak (60,00%) yang masuk kategori MB, dan 3 orang nak (20,00%) yang masuk kategori BB. Aspek perilaku membuang sampah, belum ada anak yang masuk kategori BSB, 5 orang anak (33,33%) yang masuk kategori BSH, 9 orang anak (60,00%) yang masuk kategori MB, dan 1 orang anak (6,67%) yang masuk kategori BB. Aspek perilaku mencuci tangan, belum ada anak yang masuk kategori BSB, 4 orang anak (26,67%) yang masuk kategori BSH, 8 orang anak (53,33%) yang masuk kategori MB, dan 3 orang anak (20,00%) yang masuk kategori BB.Setelah dilakukan tindakan, maka terdapat peningkatan dari siklus I kesiklus II.Menunjukkan perilaku  berdoa, perilaku membuang sampah, dan perilaku mencuci tangan pada aspek yang diamati, mencapai presentase keberhasilan yaitu kurang lebih  75%.  Maka  dari  itu,  pelaksanaan  kegiatan  meningkatkan  nilai-nilai  akhlak  anak  melalui  metode demonstrasi di kelompok B.

References

Abdullah Nashih Ulwan. 2002. Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani. Agus, Santoso.2002.
Manajemen Keuangan : teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE. Arikunto Suharsimi dkk. 2007. Metode Penelitian. Jakarta: Pustaka Amani.
Kamus Besar Indonesia. 2013. Bekasi: PT Mentari Utama Unggul.
Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Rose Mini. 2010. Perilaku Anak Usia Dini Kasus dan Pemecahannya. Yogyakarta: Kanisius.
Syamsu Yusuf LN. 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Wijaya Kusuma, dkk. 2010. Mengenal penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.
Yunahar Ilyas. 1999. Kulai Ahlak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Published
2021-01-15
Section
Artikel Penelitian