Meningkatkan Nilai-Nilai Akhlak Anak melalui Metode Demonstrasi di Kelompok B TK Al-Ikhlas Pulu
Improving the Children’s Akhlak Values Through Demonstration Method in Group B TK A-Ikhlas Pulu
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan nilai-nilai
akhlak anak Kelompok B TK Al-Ikhlas Pulu� Dan tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan meningkatkan nilai-nilai akhlak anak di Kelompok B TK Al-Ikhlas Pulumelalui metode demonstrasi, melibatkan 15 orang anak terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan secara bersiklus. Dimana pada Data pra tindakan menunjukkan dari 15 anak yang menjadi subjek penelitian dari tiga aspek perilaku berdoa, perilaku membuang sampah, dan perilaku mencuci tangan. Dimana pada aspek perilaku berdoa, belum ada anak yang masuk kategori BSB, 3 orang anak (20,00%) yang masuk kategori BSH, 9 orang anak (60,00%) yang masuk kategori MB, dan 3 orang nak (20,00%) yang masuk kategori BB. Aspek perilaku membuang sampah, belum ada anak yang masuk kategori BSB, 5 orang anak (33,33%) yang masuk kategori BSH, 9 orang anak (60,00%) yang masuk kategori MB, dan 1 orang anak (6,67%) yang masuk kategori BB. Aspek perilaku mencuci tangan, belum ada anak yang masuk kategori BSB, 4 orang anak (26,67%) yang masuk kategori BSH, 8 orang anak (53,33%) yang masuk kategori MB, dan 3 orang anak (20,00%) yang masuk kategori BB.Setelah dilakukan tindakan, maka terdapat peningkatan dari siklus I kesiklus II.Menunjukkan perilaku berdoa, perilaku membuang sampah, dan perilaku mencuci tangan pada aspek yang diamati, mencapai presentase keberhasilan yaitu kurang lebih 75%. Maka dari itu, pelaksanaan kegiatan meningkatkan nilai-nilai akhlak anak melalui metode demonstrasi di kelompok B.
References
Manajemen Keuangan : teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE. Arikunto Suharsimi dkk. 2007. Metode Penelitian. Jakarta: Pustaka Amani.
Kamus Besar Indonesia. 2013. Bekasi: PT Mentari Utama Unggul.
Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Rose Mini. 2010. Perilaku Anak Usia Dini Kasus dan Pemecahannya. Yogyakarta: Kanisius.
Syamsu Yusuf LN. 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Wijaya Kusuma, dkk. 2010. Mengenal penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.
Yunahar Ilyas. 1999. Kulai Ahlak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.