Analisis Usaha Kerajinan Sarung Tenun dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Desa Towale Kabupaten Donggala

Analysis of the Woven Sarong Craft Business in Increasing Family Income in the Village Towale, Donggala Regency

  • Suraeda Sultan Fakultas Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Panca Bhakti Palu, Universitas Abdul Azis Lamajido (AZLAM)
  • Riski Wulandari Fakultas Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Panca Bhakti Palu, Universitas Abdul Azis Lamajido (AZLAM)
  • Andini Nurhajrah Fakultas Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Panca Bhakti Palu, Universitas Abdul Azis Lamajido (AZLAM)
Keywords: Usaha Kerajinan, Sarung Tenun, Pendapatan Keluarga

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peningkatan pendapatan keluarga melalui usaha kerajinan sarung tenun dan kendala usaha kerajinan sarung tenun dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Desa Towale Kabupaten Donggala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumetasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jika pendapatan para penenun mengalami peningkatan maka kestabilan ekonomi keluarga juga akan baik namun ketidakpastian permintaan kain tenun dan penurunan permintaan dapat berdampak negatif pada produksi dan pendapatan keluarga, penghasilan dari menenun menurut mereka masih kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kendala kurangnya modal untuk membeli bahan baku untuk menenun, pesanan kain yang tidak stabil dan juga banyaknya pesaing dalam proses pemasaran. Dari kesimpulan dan saran yang didapatkan dengan adanya peningkatan pendapatan penenun dan mengatasi kendala yang dihadapi diharapkan dapat meningkatkan ekonomi keluarga masyarakat di desa towal kabupaten donggala.   

References

Kurniawan, “The Creation Of Regional Law In A Part Of Governance Conduct” Jurnal Kanun Jurnal Ilmu Hukum No. 61, Th. XV (Desember, 2013), pp. 519-546.

Muh. Syahrul Ago, dkk, The Effect of the Implementation of Governor Facilitation Authority on the Establishment of Regency or City Regional Regulations, J. Paradigma Administrasi Negara, Vol. 3 (2): 81-88, Juni 2021

Peter Mahmud Marzuki. Penelitian Hukum. Jakarta: Kencana Prenada Group, 2007

UU Nomor 12 Tahun 2011 Tentang pembentukan Peraturan Perundang-Undangan UU Nomor 13 Tahun 2022 perubahan kedua atas UU Nomor 12 Tahun Tentang pembentukan Peraturan Perundang-Undangan.

UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah

Peraturan Menteri Dalam negeri Nomor 120 Tahun 2018 perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 44 Tahun 2016 tentang Kewenangan Desa

Peraturan Bupati Kabupaten Pohuwato Nomor 91 Tahun 2018 tentang Daftar Kewenangan Desa

Peraturan Bupati Kabupaten Gorontalo Nomor 57 Tahun 2019 tentang Daftar Kewenangan Desa

Putusan Mahkamah Nomor 137/PUU XIII/2015 dan Putusan Nomor 56/PUU-XIV/2016 Tentang Pembatalan Perda Provinsi, Perda Kabupaten/Kota, Peraturan Gubernur, Dan Peraturan Bupati/Peraturan W Djakariah, Ns Gabriel, Y Fina dalam jurnal yang berjudul “ Sejarah Tenun Ikat Bermotif Pan Buay Di Kelurahan Teunbaun Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang “, Jurnal Sejarah, ISSN: 1857-2257 Vol. 17 No.1, Juni 2020

Fitinline dalam artikel yang berjudul “Sejarah kain Tenun Di Indonesia”, (2015) https://fitinline.com/article/read/sejarah-kain-tenun-di-indonesia/, [online] di akses pada 17 april 2021

Hadi, Irawan. Peran ekonomi kreatif pengerajin Benang Endak terhadap pengembangan ekonomi keluarga di Desa Kembang Kerang Daya. Diss. UIN Mataram, (2019).

Ham, Ferry Christian, dkk. “Analisis Pengakuan Pendapatan dan Beban pada PT Bank Perkreditan Rakyat Prisma dan Manado”. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 2018.

Handayani, S. A., Sochib, S., & Salim, A.. Pengaruh Net Interest Margin, Loan To Deposit Ratio, Dan Biaya Opersional Pendapatan Operasional Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Swasta Nasional Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Counting: Journal of Accounting, 2(2), 170-176. (2019)

Husainah, Nazifah, and Azimah Hanifah. "Training On Making Cooperation in Business Investment at Moji Grill." Procedia of Social Sciences and Humanities 3 (2022): 503-506.

Intha Alice Muskananfola.Pengaruh Pendapatan, Konsumsi dan Pemahaman Perencanaan Keuangan terhadap Proporsi Tabungan Rumah Tangga Kelurahan Tenggilis. Junal. Surabaya : Universitas Kristen Petra.2013

Jurana “Perkembangan Motorik Kasar dan Halus pada Anak Usia 1-3 Tahun (Toddler) di Kelurahan Mamboro Barat Wilayah Kerja Puskesmas Mamboro,” Medika Tadulako, Jurnal Ilmiah Kedokteran, 4(3). (2017)

Navalina, Ivana Larasati Putri, Ludfi Djajanto, and Ari Kamayanti. "Designing Accounting Information Systems for Primary Cash Receipts and Expenditures in Open ERP-based Retail Units (ODOO)." Open Access Indonesia Journal of Social Sciences 4.3 (2021): 281-290.

Nur, Suci Atarsari. Peran kain tenun sade dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dusun sade desa rembitan kecamatan pujut kabupaten lombok tengah. Diss. Universitas_Muhammadiyah_Mataram, 2021.

Ramadani, Desy Mustika, and Sania Rakhmah. "Pemikiran Yusuf Al-Qardhawi Mengenai Etika Ekonomi Islam." DIRASAT: Jurnal Studi Islam dan Peradaban 15.02 (2020): 98-110.

Ria Intani T. dalam jurnal yang berjudul, “Tenun Gedogan Dermayon”, Balai Pelestarian Sejarah Dan Nilai Tradisional Bandung, Vol. 2, No. 1, Maret (2010)

Silvana, Silvana. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Usaha Kerajinan Tenun Dalam Meningkatkan Pendapatan Di Desa Loli Tasiburi Kec. Banawa Kab. Donggala. Diss. IAIN Palu, 2020.

Wahyuni, Wahyuni. "peningkatan pendapatan umkm pendekatan studi kasus pada pelaku usaha “nari-nari” di kota bima." Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan dan Ekonomi 5.2 (2022): 205-212.

Wasis dan Sugeng Yuli Irianto.Ilmu pengetahuan Alam.Jakarta:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional (2008)

Wiandari, Ida Ayu Andini, and Gede Sri Darma. "Kepemimpinan, Total Quality Management, Perilaku Produktif Karyawan, Kinerja Karyawan dan Kinerja Perusahaan." Jurnal Manajemen Bisnis 14.2 (2017): 61-78.

Yanti, Rini Agustin Eka. "analisis pemanfaatan aplikasi pada smartphone oleh ibu rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan keluarga." Jurnal Ilmiah ADBIS (Administrasi Bisnis) 2.2 (2018): 133-140.

Yersi Forida Nadek, Dewi Lutfiati, “Minat Konsumen Pada Tenun Ikat NTT Di Sentra Tenun Ikat INA NDAO Kota Kupang ” e-jurnal, Vol. 7, No. 2, Tahun 2018.

Lianda, A. A. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan wanita bekerja sebagai buruh dalam meningkatkan pendapatan keluarga menurut perspektif ekonomi Islam (studi pada buruh wanita di pengasinan ikan Desa Tarahan, Lampung Selatan) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Farhan, D. A. (2017). Pemberdayaan Kaum Perempuan Guna Meningkatkan Pendapatan Keluarga Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada kelompok wanita tani sekarmulia, Desa Astomulyo, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).alikota.

Published
2023-12-30
Section
Artikel Penelitian