Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas XII IPS 1 MAN 2 Kota Palu
Implementation of Project Based Learning to Improve Economics Learning Outcomes in Class XII IPS 1 Students of MAN 2 Palu City
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 MAN 2 Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah dengan melibatkan 10 siswa. Waktu Peneltian ini dilaksanakan pada tanggal 6 sampai 27 September 2022, di semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian konversikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui apakah hasil belajar Ekonomi lak siswa dapat diketahui bagaimana peningkatannya. Hasil penelitian penerapan Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar kelas XII IPS 1 MAN 2 Kota Palu, pada pelajaran hasil belajar Ekonomi pada pra siklus 64,17 dengan 10 dari 30 siswa yang tuntas meningkat pada siklus I menjadi 70,50 dengan 16 siswa yang tuntas, selanjutnya pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,83 dengan 27 siswa yang tuntas dari 30 siswa dikelas XII IPS 1 MAN 2 Kota Palu. Sedangkan persentase ketuntasan juga meningkat dari pra siklus 33,33% dari 36 siswa, meningkat pada siklus I menjadi 53,33% dari 30 siswa, pada siklus II meningkat lagi menjadi 90% dari 30 siswa. Dari data penelitian yang didapatkan disimpulkan bahwa penerapan Project Based Learning telah berhasil meningkatkan hasil belajar Ekonomi pada siswa kelas XII IPS 1 MAN 2 Kota Palu sehingga layak untuk diterapkan di MAN 2 Kota Palu
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
_________________. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT RinekaCipta.
Hamalik, Oemar. (2009). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya
Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Kosasih, E. (2015). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum2013. Bandung : Penerbit Yrama Widya
Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran (Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global). Malang: UIN Maliki Press.
R. Ibrahim. (2010). Perencanaan Pengajaran.Jakarta: Rineka Cipta.
Rita Eka Izzaty dkk. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Saefuddin, Asis dan Berdiati, Ika. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. (2009). Penelitian dan Penilaian Pendidikan.Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sukiman. (2012). Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta : Insan Madani
Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara
Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahab, Abdul Aziz. 2007. Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu PengetahuanSosial (IPS). Bandung: Alfabata.
Zaini, Hisyam, Dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Jakarta: Insan Madani.
After the manuscript is accepted for publication, authors will be required to sign a copyright transfer form. Copyright will be transferred to Universitas Muhammadiyah Palu, Postgraduate Program in Master Program in Educational Management, via e-mail. A copyright form will be sent to you via e-mail after the accepted manuscript has been submitted.