PERAN KELUARGA SEBAGAI TEMPAT PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI

  • Nurhaeda Nurhaeda Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Keluarga, Pembentukan Karakter Anak Usia Dini

Abstract

Peran Keluarga Sebagai Basis Pembentukan Karakter Anak  Usia Dini. Dalam keluarga berperan sebagai tempat yang pertama dan utama untuk membentuk karakter seorang anak. Atas dasar itulah, keluarga sebagai lingkungan pendidikan informalberperan sentral untuk mempersiapkan seorang anak memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut. Keluarga menjalankan peran sebagai peletak dasar pendidikan bagi anak dengan membantu seorang anak supaya memiliki karakter yang baik. Jika seorang anak mengalami pendidikan yang berkualitas dan terprogram dengan baik sejak usia dini dalam keluarga, maka anak tersebut akan bertumbuh menjadi pribadi yang kreatif, inovatif dan produktif. Pendidikan dalam keluarga dengan tujuan membentuk  seorang anak  menjadi pribadi yang kreatif, inovatif, dan produktif  justru mempersiapkan seorang anak untuk masa depan. Dimana masa ini menuntut manusia yang kreatif, inovatif dan produktif, mandiri. Dengan itu, tingkat ketergantungan manusia semakin kecil karena jumlah manusia yang produktif lebih baik ketimbang usia yang tidak produktif. Pendidikan karakter merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan manusia menjadi pribadi yang kreatif, inovatif dan produktif. Upaya pembentukan karakter anak dilakukan sejak seorang anak berada pada usia dini.Keluarga(orang tua)harus menjadi sumber belajar bagi seorang anak untukmenemukannilai-nilai kehidupan yang positif dan konstruktif. Keluarga perlu membimbing dan membentuk anak untuk menjadi pribadi yang produktif dan berkualitas. Jika orang tua mampu memperlihatkan nilai-nilai yang positif, maka anak-anak akan belajar untuk melakukan hal-hal yang baik dan benar.Anak-anak yang berkarakter baik akan mampu mengembangkan diri dengan baik, mampu berkompetensi dalam dunia kerja serta produktif.

References

Akbar, Ali Ibrahim. Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Modern.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003.

Ali, M. Natsir. Dasar-dasar Ilmu Mendidik, Jakarta: Mutiara, 1997.

Arianto, Suharsimi. Manajemen Penelitiann Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Arif, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Cet.1, Jakarta: Ciputat Pers, 2002

Indrawati, Mendidikdan Membesarkan Anak Usia Pra-Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2006

Bowman, Barbara T., M. Suzanne Donovan, and M. Susan Burns (editors). Eager to Learn: Educating Our Preschoolers. Washington DC: National Academy Press, 2010.

Dagun, M, Save. Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara, 2006.

Hartono, H. Orang Tua Sebagai Pendidik Pertama dan Utama‖, Educare, Wahana Komunikasi Pendidikan Nomor 1/XII, April 2015.

Konadi, Win, dan Iba, Zainuddin. ―Bonus Demografi Modal Membangun Bangsa yang sehat dan bermartabat, Majalah Ilmiah Unimus, Volume 2 Nomor 6 (Februari 2011), 18-19.

Madjid, Rachmawati. ―Kualitas Sumber Daya Manusia dalam Menggapai Bonus Demografi,‖Jurnal Transparansi, Volume VI No.1 (1 Maret 2014), 24.

Megawangi, Ratna.―Pendidikan Karakter 3 M (Moral Knowing, Moral Feeling, dan Moral Action). Diakses tanggal 18 April 2017.

Noor, Munawar. ―Kebijakan Pembangunan Kependudukan dan Bonus Demografi.‖Serat Acitya – Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang,Vol 4, No 1(2015), 124.

Peschke, Karl-Heinz. Etika Kristiani, Jilid IV (Terj.Armanjaya Alex). Maumere : Penerbit Ledalero, 2003.

Raho, Bernard. Keluarga Berziarah Lintas Zaman. Suatu Tinjauan Sosiologis. Ende : Nusa Indah, 2003.

Saichudin, M. ―Menuju Bonus Demografi Indonesia 2020-2030. Diakses tanggal 19 April 2017,

Sebastian, Yoris, Amran, Dilla & Youth Lab. Generasi Langgas – Millennials Indonesia. Jakarta : Gagas Media, 2016.

Sugiharto dan Setiawan, Deny. ―Pemanfaatan Bonus Demografi melalui Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia di Sumetra Utara,‖ Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial(JUPIIS)Unimed, Vol 7, No 1(Juni 2015), 2.

Sujiono, Nurani, Yuliani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks, 2009.

Surapaty,Chandra, Surya. Revolusi Mental Berbasis Pancasila Melalui Keluarga. Jakarta : Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, 2016.

Taylor, Sheleey E, et. al. Psikologi Sosial, edisi ke-12 (Dialihbahasakan oleh Tri Wibowo B.S). Jakarta : Kencana, 2009.

Tugu, P. Rini Aser. ―Pulihkan Fungsi Pendidikan dalam Keluarga, Harian Umum Pos Kupang, Kupang, 30 Mei 2016.

Viscott, David. Mendewasakan Hubungan Antar pribadi. (terj. Petrus Bere). Yogyakarta : Kanisius, 1992.

Yamin, Martinis & Sanan, Sabri, Jamilah. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Gaung Persada (GP) Press, 2010.

Yustina. ―Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Keluarga Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral‖, Educare, Wahana Komunikasi Pendidikan Nomor 1/XII, April 2015.

Zuchdi, Darmiati, dkk. Pendidikan Karakter, Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Press, 2012.

Published
2019-01-02
Section
Articles