Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Aisyiyah Bustanul Athfal VII Palu

The Application Of Project Method To Early Childhood At Aisyiyah Bustanul Increase Creativities Of Athfal Kindergarten VII Palu

  • Ramadhan Asilaka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Mustamin Idris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Arsyad Said Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Metode Proyek, Kreativitas Anak

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode proyek dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini di Aisyiyah Bustanul Athfal VII Palu? Dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak melalui metode proyek di Aisyiyah Bustanul Athfal VII Palu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara bersiklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu data yang diperoleh diubah ke dalam bentuk persentase. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka melalui penerapan metode proyek dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini di Aisyiyah Bustanul Athfal VII Palu.  Hasil pengamatan pra tindakan eksplorasi anak kategori BSB 0%, 20,00% yang masuk kategori BSH, 53,33% yang masuk kategori MB, dan 26,67% yang masuk kategori BB. Aspek bekerjasama, 0% BSB, 60,00% yang masuk kategori BSH, 40,00% yang masuk kategori MB, dan 0% yang masuk kategori BB. Aspek kerapian, 0% yang masuk BSB, 13,33% yang masuk kategori BSH, 66,67% yang masuk kategori MB, dan 20,00% yang masuk kategori BB.  Berdasarkan hasil pengamatan siklus I pertemuan pertama dan kedua, bahwa belum ada anak yang mendapatakan kategori BSB, maka dilanjutkan kesiklus II penerapan metode proyek untuk meningkatkan kreativitas anak pembuatan sarang burung terdapat 12 orang anak yang mencapai kategori BSB dari 15 orang anak dengan pencapaian yang di dapatkan (80,00%) dan 3 orang anak mendapatkan kategori BSH sehingga pencapaian yang di dapatkan (20,00%).   

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Ke-las. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, 2004. Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Malang

Departemen Agama RI. 2010. Al-Qur’an dan terjema-hannya. Bandar Baru: Al-Kamil.

Erawati. 2016. Pengunaan Metode Proyek Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Di TK Darus-salam. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Isjoni. 2010. Model dan Metode Pembelajaran. Yogya-karta: Diva Pass

Juarsih, Dirman. 2014. Kelebihan dan Kekurangan Metode Proyek. Universitas Islam Sutan Agung.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Ka-nak-kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyasa, 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Musbikin Imam, 2006. Mendidik Anak Kreatif Ala Ein-stein. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Munandar, 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Ber-bakat. Jakarta: Rineka Cipta
Nursisto, 1999, Kiat Menggali Kreativitas, Yogyakarta: Mitra Gama Widya.
Permendikbud. 2014. Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013. Permendikbud. Pedoman Pem-belajaran Anak Usia Dini.

Kumaladewi. 2013. Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B3. Pontianak: Universitas Muham-madiyah Pontianak

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Ban-dung: CV. Alfabeta

Sugiyono. Anas, 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Suhaji, 2009. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Grafindo

Sujiono, 2005. Peningkatan Kreativitas Anak.Universitas Negeri Semarang.

Sumanto, 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta. Depdiknas.

Wiraatmadja, Rochiati, 2005:24. Metode Penelitian Tin-dakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yeni Rachmawati, 2011. Strategi Pengembangan Krea-tivitas Pada Anak Usia TK. Jakarta: PT. Fajar In-terpratama Offset.
Published
2022-05-15
Section
Orginal Articel