Meningkatkan Konsep Sains Sederhana Anak di Kelompok B PAUD Bina Potensi Kota Palu Menggunakan Metode Eksperimen

Improving the Simple Science Concept of Children in Group B PAUD Bina Potential Palu City Using Experimental Methods

  • Mahraeni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muh. Asri Hente Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Salam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Konsep Sains Sederhana Anak, Metode Eksperimen

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui metode eksperimen dapat meningkatkan konsep sains sederhana anak di kelompok B PAUD Bina Potensi Mandiri Kota Palu? Dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsep sains sederhana anak dengan metode eksperimen di kelompok B PAUD Bina Potensi Mandiri Kota Palu, melibatkan 15 orang anak terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan secara bersiklus. Dimana pada Data pra tindakan menunjukkan dari 15 anak yang menjadi subjek penelitian dari tiga aspek yang diamati yaitu aspek pengenalan media magnet, 0% yang masuk kategori BSB, 3 orang anak (20,00%) yang masuk kategori BSH, 9 orang anak (60,00%) yang masuk kategori MB, dan 3 orang anak (20,00%) yang masuk kategori BB. Aspek mengamati reaksi media magnet, 0% yang masuk kategori BSB, 5 orang anak (33,33%) yang masuk kategori BSH, 9 orang anak (60,00%) yang masuk kategori MB, dan 1 orang anak (6,67%) yang masuk kategori BB. Aspek mengelompokkan media magnet, 0% yang masuk kategori BSB, 4 orang anak (26,67%) yang masuk kategori BSH, 8 orang anak (53,33%) yang masuk kategori MB, dan 3 orang anak (20,00%) yang masuk kategori BB. Setelah dilakukan tindakan, maka terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II, menunjukkan pengenalan media magnet, mengamati reaksi media magnet dan mengelompokkan media magnet pada aspek yang diamati, mencapai persentase keberhasilan 80% atau 12 anak yang mencapai kategori Berkembangan Sangat Baik (BSB) dari 15 orang anak yang menjadi objek penelitian, dan 3 orang anak mencapai keberhasilan 20% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Maka dari itu, pelaksanaan kegiatan meningkatkan konsep sains sederhana anak melalui metode eksperimen di kelompok B PAUD Bina Potensi Mandiri Kota Palu menigkat mencapai presentase keberhasilan. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas dihentikan pada akhir siklus II.  

References

Abimanyu, Soli. dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Ja-karta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depar-temen Pendidikan Nasional.

Agustina, Monica, and STKIP-PGRI LUBUKLING-GAU. 2015. “Pengaruh Pendekatan Kon-struktivisme Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri Megang Sakti Tahun Pelaja-ran 2015/2016.”

Ahsan, Amrul Aysar. 2020. “PEMBINAAN ANAK DALAM SURAH LUQMAN AYAT 13-17.” AL ASAS 4(1):54–68.

Arikunto, S. 2006. Penilaian Program Pendidikan. Jakar-ta: Bina Aksara.

. 2007. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Prak-tik. Jakarta: Rineka Aksara.

Astuti, Rina. 2012. “Pembelajaran IPA Dengan Pen-dekatan Ketrampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi Dan Ek-sperimen Terbimbing Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Motivasi Belajar Siswa (Pokok Bahasan Limbah Dan Pemanfaatan Limbah Kelas XI Semes.

Budiyanti. 2007. Bermain Sambil Belajar untuk Melatih Kemampuan Berfikir Anak TK Negeri Pembina Kota Semarang, Skripsi. Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universi-tas Negeri Semarang.

Depdikmas. 2010. Pedoman Penilaian Dini Taman Ka-nak-Kanak dan Roudhotul Atfal.
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

.2005. ilmu Pengetahuan Alam-Fisika. Jakarta: Dir-jen Dikdasmen

Desmita. 2005. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fitria, Yanti. 2017. “Efektivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 1(2):34–42.

Hasyim, Sukarno L. 2015. “Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Perspektif Islam.”
Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi 1(2):217–26.

Hidayatullah, Syarif. 2019. “Agama Dan Sains: Sebuah Kajian Tentang Relasi Dan Metodologi.” Jurnal Filsafat 29(1):102–33.
Husdarta J.S dan Nurlan Kusmaedi. 2010. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik (Olahraga dan Kesehatan). Bandung: Alfabeta.
Published
2022-01-15
Section
Orginal Articel