Pemulihan Trauma Pasca Bencana Terhadap Perilaku Emosi Anak Di TK

Post-Disaster Trauma Recovery Of Children's Emotional Behavior In Kindergarten

  • Abdul Salam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Syamsidar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pemulihan Trauma, Perilaku Emosi Anak

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Pemulihan Trauma Pasca Bencana Terhadap Perilaku Emosi Anak Di TK Alkhairaat Nunu Kota Palu. adapun rumusan masalahnya untuk mengetahui bagaimana penerapan dan upaya serta kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengatasi pemulihan trauma pasca bencana di TK Alkhairaat Nunu. Meteode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan melakukan pengamatan atau observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menyajikan data, mereduksi data, dan verifikasi data.

Hasil dalam penelitian ini Penerapan guru di TK Alkhairaat Nunu dalam pemulihan trauma pasca bencana yaitu guru melakukan penerapan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran untuk menghilangkan trauma anak berupa pembelajaran dengan cara mengajak anak bernyanyi dan mendongeng.Upaya guru di TK Alkhairaat Nunu dalam pemulihan trauma pasca bencana yaitu dengan mengajak anak berdoa dan bersholawat serta membantu anak merelaksasi seluruh anggota tubuhnya agar lebih rileks atau santai dan mensugesti anak agar tetap tenang dan bisa melupakan trauma yang pernah dialaminya. Kendala-kendala yang dihadapi guru di TK Alkhairaat Nunu yaitu guru belum maksimal menerapkan pembelajaran          yang menggunakan beragam metode serta media dikarenakan dari kesiapan guru yang belum memahami secara menyeluruh tentang penanganan psiko sosial bagi anak, serta dengan adanya wabah covid yang melanda seluruh wilayah di dunia dan berdampak pula pada penyebaran wabah penyakit sehingga pembelajaran dilaksanakan tidak maksimal karena semua sekolah diliburkan dan dilaksanakan pembelajaran dari rumah.   

References

Al-Qur’an dan Terjemahnya Mushaf Fatimah, Jakarta: Al-Fatih, 2012
Baldatun Muhammad, Manajemen Relawan Tim Psikos-osial Pendamping Anak Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), skripsi tidak diterbitkan, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif 3, Jakarta: Prenada Media Group, 2004.
Drever, J. (1988). Kamus Psikologi. Jakarta: Bina Aksara.
. (1988). Kamus Psikologi. Jakarta:Bina Aksara
Goleman, D. (1995). Kecerdasan Emosional: Mengapa EQ lebih penting dari pada IQ (terjemahan). Jakar-ta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock,B. Elizabeth. (1997). Psikologi

Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima, terj., Jakarta: Erlangga.
Indryana Farida, Aktivitas Rumah Ceria Anak Yogya dalam Mengatasi Trauma Anak-anak Korban Gempa Bumi di Pagergunung 2 Sitimulyo Piyun-gan Bantul Yogyakarta, skripsi tidak diterbitkan, (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2009).
Irawan Soehartono, Metode Penelitian Sosial Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Sosial Lainnya, Bandung: PT Remaja Rosda-karya, 2011.
J. Moleong, Lexy, Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
John. Locke dalam Gunarsa, 1986 dalam Hastuti, S.Psi (2012). Psikologi Perkembangan Anak. Halaman 32, cetakan I. Penertbit Tugu Publisher.
Kinchin, D. 2007. A Guide to Psychological Debriefing. London: Jessica Kingsley Publishers.
Kuriake Kharismawan, Panduan Program Psikososial Paska Bencana. Center for Trauma Recovery UNIKA Soegijapranata. Diunduh pada tanggal 18 Agustus 2020 dalam http://sintak.unika.ac.id.
Lexy .J.M oleong 2004, Metodologi Penelitian Kuali-tatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Mansur, M.A. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Da-lam Islam. Yogyakarta
: Pustaka Pelajar.
Nurjanah, dkk, Manajemen Bencana, Bandung: Alfabeta, 2012.
OSHO (2008). Belajar Efektif Mengelola

Emosi: Mengubah Ketakutan, Kemarahan, dan Kecem-buruan Menjadi Energi Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Baca.
Peek, Lori. (2008). Children and Disasters: Understand-ing Vulnerability, Developing Capaci-ties, and Promoting Resilience-An Introduc-tion. Journal Children, Youth and Environments 18(1).

Restu Katiko Widi, Asas Metodelogi Penelitian Sebuah Pengenalan dan Penuntut Langkah Demi Langkah Pelaksanaan Penelitian, Yogyakarta, Graha Ilmu, tt.
Singarimbun, Masri Metode dan Proses Penelitian, da-lam Masri Singarimbun dan Sofyan Effendi, Metode Penelitian Survai Jakarta: LP3ES, 1989.
Soehatman Ramli, Pedoman Praktis Manajemen Bencana (Disaster Management), Jakarta: Dian Rakyat, 2010.
Sugiono, 2014, Metode Penelitian pendidikan Pendeka-tan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta
Undang undang No 24 tahun 2007 tentang Penanggu-langan Bencana
Published
2021-09-15
Section
Orginal Articel