Pengaruh Brand Image Dan Green Product Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu

The Influence of Brand Image and Green Product on Yamaha Motorcycle Purchasing Decisions among Students at Muhammadiyah University of Palu

  • Agung Setia Budi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sarifuddin. T Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nasrulhak Akkas Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Tingkat Pendapatan, Pengetahuan Keuangan, Pengalaman Keuangan, Perilaku Keuangan, Startup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendapatan, pengetahuan keuangan, dan pengalaman keuangan terhadap perilaku keuangan pada pelaku startup bisnis di Kota Palu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kausal. Populasi penelitian adalah 274 usaha startup kuliner, dengan sampel 73 responden yang ditentukan menggunakan teknik non-probability sampling jenis insidental. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendapatan, pengetahuan keuangan, dan pengalaman keuangan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan. Secara parsial, masing-masing variabel independen juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan. Penelitian ini menegaskan pentingnya literasi keuangan, pengalaman, serta pendapatan yang memadai dalam membentuk perilaku keuangan yang baik pada pelaku startup.

Published
2025-12-01
Section
Articles