PKM RENYAHNYA ES KRIM BIJI KARET: PENGEMBANGAN PRODUK BIJI KARET YANG LEZAT DAN BERKHASIAT TINGGI SEBAGAI PELUANG USAHA MASYARAKAT DI DESA BONTOMANGIRI, KECAMATAN BULUKUMPA, KABUPATEN BULUKUMBA

  • St. Sukmawati.S St. Sukmawati.S Universitas Muslim Indonesia
  • Roslina Alam Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Tempe Biji Karet, Pendapatan.

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Pergurunan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh civitas akademik khususnya bagi tenaga pendidik (dosen). Kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah Pengolahan Biji Karet Menjadi Es Krim bagi ibu-ibu pekerja kebun dan anak remaja mereka di Desa Bontomangiri, Kec.Bulukumpa, Kab.Bulukumba dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan pendapatan mereka. Kegiatan ini mendapat dukungan dari Bapak Kepala Desa dan ibu ketua PKK Desa Bontomangiri sehingga para ibu-ibu diharap aktif dalam kegiatan ini. Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan ibu-ibu pekerja kebun karet dapat memanfaatkan bahan-bahan yang sebelumnya menjadi limbah dan mudah diperoleh untuk dibuat es krim sebagai makanan pendamping (desert) juga sebagai cemilan. Es Krim biji karet ini selain untuk dikonsumsi sendiri dapat juga dijual untuk menampah pendapatan ibu-ibu pekerja di kebun karet.

References

Aliyah, Rakhmi. 2010. Pengaruh Bahan Pengental Dalam Pembuatan Es Krim Sari Wortel Terhadap Kadar Betakaroten dan Sifat Inderawi. Skripsi. Universitas Negri Semarang.
Astawan, M., 2008. Sehat Dengan Tempe. Panduan Lengkap Menjaga Kesehatan dengan Tempe. Jakarta: PT Dian Rakyat.
Dwi,Reni Rahmawati,dkk.2012. Tingkat Penambahan Bahan Pengembang Pada Pembuatan Es Krim Instan Ditinjau Dari Mutu Organoleptik Dan Tingkat Kelarutan. Vol. 03 No.02. Hal 3-6.
Habib, I.M., Sukamto, D.S., Maharani., L. 2015. IbM Perkebunan karet dalam memanfaatkan biji karet untuk bahan baku pembuat tempe bergizi. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. Simlitabmas Dirjen DIKTI.
Harris, Asriyadi. 2011. Pengaruh Substitusi Ubi Jalar (Ipomea batalas) dengan Susu Skim Terhadap Pembuatan Es Krim. Skripsi. Makasar: Universitas Hasanuddin.

Listyati, D. 2012. Potensi biji karet sebagai produk olahan tempe yang bergizi. Warta Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri. Vol. 18 No. 3 hal. 12-15.
Malaka, R. 2007. Ilmu dan Teknologi Pengolahan Susu. Yayasan Citra Emulsi, Makassar.
PERKEBUNAN-BESAR-SWASTA-PBS, diakses pada tanggal 23 Agustus 2017 melalui alamat: http://lebakkab.go.id/wp-content/uploads /2015 /10/DATA-PERKEBUNAN-BESAR-SWASTA-PBS-Kab.-Lebak.pdf.
Rivai, R.R.,Damayanti, F.,Handayani, M. (2015). Pengembangan potensi biji karet (Hevea brasiliensis) sebagai bahan pangan alternatif di Bengkulu Utara. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia. 1 (2) : 343-346.
Susilorini, Tri Eko dan Manik Eirry Sawitri. 2006. Produk Olahan Susu Depok: Penebar Swadaya Hal: 83
Published
2022-03-02
How to Cite
St. Sukmawati.S, S. S., & Alam, R. (2022). PKM RENYAHNYA ES KRIM BIJI KARET: PENGEMBANGAN PRODUK BIJI KARET YANG LEZAT DAN BERKHASIAT TINGGI SEBAGAI PELUANG USAHA MASYARAKAT DI DESA BONTOMANGIRI, KECAMATAN BULUKUMPA, KABUPATEN BULUKUMBA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kreatif, 8(1), 9-19. https://doi.org/10.31934/jpmk.v8i1.2294