PKM PEMANFAATAN BIJI KARET MENJADI TEMPE DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT PERKEBUNAN DI DESA BONTOMANGIRI KECAMATAN BULUKUMBA, KABUPATEN BULUKUMBA

  • St Sukmawati S Universitas Muslim Indonesia
  • Roslina Alam Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Tempe Biji Karet, Pendapatan.

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Pergurunan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh civitas akademik khususnya bagi tenaga pendidik (dosen). Kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah Pengolahan Biji Karet Menjadi Tempe bagi ibu-ibu pekerja kebun karet di Desa Bontomangiri, Kec.Bulukumba, Kab.Bulukumba dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan pendapatan mereka. Kegiatan ini mendapat dukungan dari Bapak Kepala Desa dan ibu ketua PKK Desa Bontomangiri sehingga  para ibu-ibu diharap aktif  dalam kegiatan ini. Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan ibu-ibu pekerja kebun karet dapat memanfaatkan bahan-bahan yang sebelumnya menjadi limbah dan mudah  diperoleh  untuk dibuat tempe sebagai penganan lauk. Tempe biji karet ini selain untuk dikonsumsi sendiri dapat juga dijual untuk menampah pendapatan ibu-ibu pekerja di kebun karet.

References

Habib, I.M., Sukamto, D.S., Maharani., L. 2015. IbM Perkebunan karet dalam memanfaatkan biji karet untuk bahan baku pembuat tempe bergizi. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. Simlitabmas Dirjen DIKTI.
Listyati, D. 2012. Potensi biji karet sebagai produk olahan tempe yang bergizi. Warta Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri. Vol. 18 No. 3 hal. 12-15.
Mulyati. 2003. Pengaruh Penggunaan Bungkil Biji Karet yang Difermentasi dengan Ragi Tempe dan Oncom dalam Ransum terhadap Kualitas Daging Ayam Broiler. Tesis. Program Studi Magister Ilmu Ternak. Program Pasca Sarjana Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro.
Rivai, R.R.,Damayanti, F.,Handayani, M. (2015). Pengembangan potensi biji karet (Hevea brasiliensis) sebagai bahan pangan alternatif di Bengkulu Utara. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia. 1 (2) : 343-346.
Sukamto, D.S., Habib, I.M. 2014. The Potensial of Rubber Seed as Subtitute Soybeens for Making the Nourishing Tempe in Jember. Prosiding seminar & Ekspose hasil penelitian dan pengabdian masyarakat. Hal 477-481
Wizna, Mirnawati, N Jamarun dan Y. Zuryani. 2000. Pemanfaatan Produk Fermentasi Biji Karet dengan Rhizopus oligosporus dalam Ransum Ayam Broiler. Prosiding Seminar Nasional Peternakan dan Veteriner. Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian Bogor. Hal 296-299.
Published
2021-09-21
How to Cite
S, S. S., & Alam, R. (2021). PKM PEMANFAATAN BIJI KARET MENJADI TEMPE DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT PERKEBUNAN DI DESA BONTOMANGIRI KECAMATAN BULUKUMBA, KABUPATEN BULUKUMBA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kreatif, 7(2), 8-18. https://doi.org/10.31934/jpmk.v7i2.1842