PERAN TRAUMA HEALING TERHADAP MASYRAKAT KORBA LIKUIFAKSI DI KEL. BALAROA KEC. PALU BARAT DALAM TINAJAUAN PENDIDIKAN ISLAM

  • Fajar Ramaadhan Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Colle M. Said Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muh. Rizal Masdul Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Bencana alam Gempa, Tsunami dan Likuifaksi  melanda Ibu kota Palu Khususnya di Kel. Balaroa Kec. Palu Barat yang terjadi 28 september 2018 yang lalu telah menarik banyak simpati dan empati dari berbagai pihak, Akibat bencana tersebut Masyarakat mengalami trauma terutama kepada anak-anak yang masih di bawah umur. Sebuah gangguan psikologis yang diiringi dengan timbulnya bermacan-macam gejala seperti gelisah, rasa takut, tiba-tiba menangis, ingin selalu memeluk orang yang terdekat dan lain sebagianya

Untuk menjawab permasalahan tersebut, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui obsdervasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data melalui  reduksi data penyajian data Verivikasi data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian skripsi ini yaitu: 1. Peran trauma healing terhadap masyarakat korban likuifaksi di Kel. Balaroa Kec. Palu Barat yaitu secara umum relative bagus bahkan sangat positif dan sangat membantu dalam membangkitkan kembali semangat masyarakat khususnya bagi anak-anak yang menjadi koban bencana likuifaksi. 2. Implikasi pelaksanaan trauma healing terhadap masyarakat koban likuifaksi dalam tinjauan pendidikan islam yaitu saat ini masyarakat yang ada di Kel.Balaroa Kec. Palu Barat mulai melakukan rutinitas keseharian mereka seperti biasa dan perlahan-lahan rasa takut mereka sudah mulai menghilang seklipun itu membutuhkan proses dengan adanya peran trauma healing yang di adakan Tim Relawan Non Governmental Organization (N.G.O) masyarakat yang ada di Kel. Balaroa sampai saat ini sudah mengalami kemajuan dan memiliki perubahan.Berdasarkan penelitian yang telah di lakukan, di temukan beberapa kesimpulan bahwa kondisi anak yang trauma secara umum dapat di lihat dari gejala berikut ini: bermasalah dengan diri sendiri, bermasalah dengan keluarga, bermasalah dengan lingkungan masyarakat, bermasalah dengan lingkungan alam, dan bermasalah dengan teman bermain. Untuk menangani anak trauma  Tim Relawan Non Governmental Organization (N.G.O) menggunakan dua teknik trauma healing yaitu trauma healing Individu dan trauma healing kelompok. Adapun implikasi trauma healing yang diberikan Tim Relawan Non Governmental Organization (N.G.O)untuk anak yang trauma adalah kembalinya anak-anak menjadi ceria.

Kata Kunci        : Trauma Healing,   Likuifaksi dan Pendidikan Islam

References

Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Alma’arif, 1962

Ahmad Munjin Nasih dan Lilik Nur Kholidah, Metode dan Teknik Pembelajaran Agama Islam, Bandung: Refika Aditama, 2009

Asian Disaster Reduction Centre dan the United Nations dalam, Bevaola Kusumasari, Manajemen Bencana dan Kapabilitas Pemerintah Lokal, Yogyakarta: Gava Media, 2014

Astaman A, Kadir S, Masdul MR. Upaya mengatasi kejenuhan belajar (tinjauan pendidikan islam pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala). J Kolaboratif Sains. 2018;1(1).

Azyumardi Azra, Esei- esei Intelektual Muslim & Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1999

Badudu dan Sutan Muhammad Zain, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1994

Dikutip dari www.wikipedia.org dan tulisan dari Bankoff, G. Frerks, D. Hilhorst (ed), Mapping vulnerability: disasters, development and people, 2003

Djumhur dan Muhammad surya, bimbingan dan penyuluhan di sekolah,Bandung: CV. Ilmu, 2000

Djunaidi Ghony dan Fauzan Almansyur. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2013

Dyah Anggraini, Penanganan Cepat Bencana di Desa Cetakan I (Temanggung : Literasi Desa Mandiri, 2019), h. 8

Edy Suhardono, Teori Peran Konsep Derivasi dan Implikasinya, Jakarta : Kencana 2014

Elizabeth B. Hurlock, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima, terj, Jakarta: Erlangga, 1997

Endang Irene E, Sidabutar, Livia Iskandar Darmawan, Kristi Poerwandari, Nining Nurhaya,. (2003) Pemulihan Psikososial Berbasis Komunitas,

http://mariariberu.blogspot.com/2015/03/deduktif-vs-induktif.html diakses 02 April 2019

http:brainly.co.id, (Hadist Riwayat Bukhari:315) diakses pada tanggal 10-02-2019

James Drever, Kamus Psikologi, Jakarta: Bina Aksara 1988

John M.Echols dan Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia An English-Indonesian Dictionary, Jakarta: PT Gramedia, 1992

JR. Raco. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Grasindo. 2010

Kompas, Cyber Media (2002), Kenali Gangguan Stress Pascatrauma

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta; Rineka Cipta, 2010

Mattew B. Milles, A Michael Huberman, Qualitative Data Analisis, Cet. VIII, Jakarta: UI-Press, 2009

Menjadi sehat kembali dan membuat utuh kembali. Kalau heal mestinya digunakan bagi kasus-kasus luka atau trauma. Beberapa menggunakan istilah heal dalam konteks menyediakan bantuan untuk proses restorasi

Moh. Shofan, Pendidikan Berparadigma Profetik Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam, Yogyakarta: IRCiSoD, 2004

Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 1998

Primus Supriyono, Seri Pendidikan Pengurangan Resiko Bencana Gempa Bumi, Edisi I, ( Yogyakarta: CV Andi Offset), h. 4

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia, 2006

S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Sulasmini S, Normawati N, Masdul MR. Mitos Menaruh Lampu di atas Kuburan Plasenta Bayi di Desa Lakea I Kecamatan Lakea kabupaten Buol Dalam Tinjauan Pendidikan Islam. J kolaboratif Sains. 2018;1(1).

Samsul Nizar, Pengantar Dasar- dasar Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Media Pratama, 2001

Sutrisno Hadi, metodologi research II, Jakarta : Andi offset, 2009

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Bab I Pasal 1

www.hidayatullah.com/spesial/rahasia-Quran-sunnah /read/2018/10/02(diakses pada tanggal 09-02-2019)

www.hidyahtullah. com/spesial/rahasia-Quran-sunnah/read/2018/10/02(diakses pada tanggal 09-02-2019

Zakiyah Daradjad, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2006

Zakiyah Daradjat, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1995

Zuhairini, Abdul Ghofir dan Slamet As. Yusuf, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Usaaha Nasional: Surabaya, 1981

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Agama Islam