Hubungan Empati dan Daya Tanggap Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Baubau
The Relationship Between Empathy and Responsiveness with Inpatient Satisfaction at the Baubau City Regional General Hospital
Abstract
Menurut Institute of Medicine (IOM), kualitas layanan adalah sejauh mana kualitas layanan kesehatan kepada individu dan populasi memungkinkan peningkatan hasil kesehatan yang diinginkan dan konsisten dengan tenaga pelayanan kesehatan dan perkembangan teknologi. Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan yang timbul dari hasil pelayanan medis yang diterima pasien pada saat menerima pengobatan atau pelayanan, kemudian menentukan apa yang diterima pasien selama dirawat, apa yang diinginkan pasien dan apa yang diterimanya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan kualitas pelayanan medis seperti empati dan daya tanggap dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Baubau. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain Cross Sectional untuk memahami subjek penelitian dengan mencoba menjelaskan hubungan antar variabel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap bulan Januari sampai dengan Desember 2023 sebanyak 8.601 orang dengan sampel 382 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Penelitian ini dilakukan pada awal bulan Februari hingga Maret 2024 di RSUD Baubau. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan mutu pelayanan kesehatan pada dimensi empati p-value < 0,00 ? 0,05, dimensi responsiveness p-value 0,000 < ? 0,05 dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Kota Baubau. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan empati dan daya tanggap dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Kota Baubau. Hal ini diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan medis prima yang sudah ada
References
Dinkes Provinsi Sulawesi Tenggara, 2022. (2022). Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara. In Profil kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara.
Fernandes, N. V., & Nurvita, S. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Kota Lospalos Tahun 2022. Jurnal Rekam Medis & Manajemen Infomasi Kesehatan, 2(2), 17–28. https://doi.org/10.53416/jurmik.v2i2.104
Gultom, R. J., Nababan, D., Sipayung, R., Hakim, L., & Tarigan, F. L. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien BPJS di Rumah Sakit Bhayangkara TK III Tebing Tinggi. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 7(2), 1281–1298.
Wardiah, R. (2021). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD dr. RASIDIN PADANG. Human Care Journal, 6(1), 225. https://doi.org/10.32883/hcj.v6i1.1135