Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan Alfamidi Karajalemba Palu

Analysis of Factors Affecting Alfamidi Employee Job Satisfaction Karajalemba Palu

  • Nasriaska Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Aziz Lamadjido Panca Bhakti Palu Jl. Dr. Soeharso No. 36 A, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Telp: (0451) 421303
Keywords: Kepuasan Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan fakto-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan Alfamidi Cabang Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausal. Populasi penelitian ini adalah karyawan Alfamidi Cabang Palu berjumlah 411 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 80 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor Gaji/Kesejahteraan dalam menentukan tingkat ketidakpuasan kerja terkategori tidak memuaskan dengan nilai Z hitung sebesar –3,932 dengan tingkat probabilitas 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa gaji yang rendah berakibat pada terciptanya motivasi kerja yang rendah; motivasi yang rendah berakibat pada kinerja yang rendah. Faktor Hubungan Antar Pribadi/Rekan Kerja dalam menentukan tingkat ketidakpuasan kerja terkategori tidak memuaskan dengan nilai Z hitung sebesar Z = -1.989 dengan tingkat probabilitas 0,047, sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan diantara rekan kerja yang kurang harmonis akan berakibat pada terciptanya motivasi kerja yang rendah; motivasi kerja yang rendah berakibat pada kinerja yang rendah. Faktor Mutu supervisi dalam menentukan tingkat ketidakpuasan kerja terkategori tidak memuaskan dengan nilai Z hitung sebesar -3.576 dengan tingkat probabilitas dua 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi yang tidak tepat berakibat pada terciptanya motivasi kerja yang rendah; motivasi kerja yang rendah berakibat pada kinerja yang rendah. Faktor Karakteristik Pekerjaan dalam menetukan tingkat kepuasan kerja terkategori tidak memuaskan, sehingga dapat disimpulkan bahwa ketidakmampuan melaksanakan tugas secara profesional berakibat pada terciptanya motivasi kerja yang rendah; motivasi kerja yang rendah berakibat pada kinerja yang rendah. Faktor Promosi dalam menentukan tingkat kepuasan kerja terkategori tidak memuaskan dengan nilai Z hitung sebesar -2.183 dengan tingkat probabilitas 0,029, sehingga dapat disimpulkan bahwa promosi yang merupakan suatu penghargaan atas prestasi kerja karyawan yang kurang layak dan tidak adil berakibat pada terciptanya motivasi kerja yang rendah; motivasi kerja rendah berakibat pada kinerja yang rendah.

References

As’ad, 2001, Seri Ilmu Sumber Daya Manusia Psikologi Industri, Yogyakarta : Liberty.
Arifin, N. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori dan Kasus. Unisnu Press.
Badeni. 2013. Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.
Bilson, Simamora. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Edisi Pertama, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama
Gibson, R. S. 2005. Principles of Nutritional Assessment. Second Edition. Oxford University Press Inc, New York.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartatik, I. P. (2018). Mengembangkan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Laksana.
Hasibuan, M. S. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Henry Simamora. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta?: Bagian Penerbitan STIE YPKN, 2004, 683.
Kaswan. 2014. Career Development. Cetakan Kesatu. Bandung: Alfabeta.
Rivai. 2005. Performance Appraisal; Sistem yang Tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahan. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Robbin & Judge. 2015. Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta. Salemba Empat.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
Sopiah. Syihabudhin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: Andi Ofsset.

Siagian, S. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Suwanto. 2014. Azas-Azas Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Suci Press.
Abdullah, M., & Rahmi, L. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan PT Mitra Andal Sejati. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 10(3), 854–873.
Alpasha, M. F. (2022). KAJIAN PUSTAKA , KERANGKA PEMIKIRAN Kajian Pustaka. 19–61.
Amalli, A. I. (2021). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Pada Departemen Warehouse Pt. Muliaglass. Https://Medium.Com/, 14–41.https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Auliani, R., & Wulanyani, N. M. S. (2018). Faktor-Faktor Kepuasan Kerja Pada Karyawan Perusahaan Perjalanan Wisata Di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 4(02), 426. https://doi.org/10.24843/jpu.2017.v04.i02.p17
Baihaqi, M.F. (2010). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Universitas Diponogoro, Semarang.
Emely, B., & Abrian, Y. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan di Hotel Pangeran Beach Padang. Journal of Home Economics and Tourism, September. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jhet/article/view/10610
Hermawan, A. F dan Suharyono. 2018. Pengaruh Customer Relantionship Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis 55(2): 192-201.
Iii, B. A. B., & Penelitian, M. (2010). Def Operasional Kepuasan. 23–39.
Khamlub, S. et al. (2013) ‘Job Satisfaction of Health-Care Workers at Health Centers in Vientiane Capital and Bolikhamsai Province, Laos PDR’, Nagoya Journal of Medical Science, 75.
Liyanto, (2018), Analisis Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Golden Communication (Telkomsel Distribution Center). http://www.repodarmajaya.ac.id.
Lestari, A. (2022). PENGARUH AUDIT FEE , AUDIT TENURE DAN UKURAN KAP ( KANTOR AKUNTAN PUBLIK ) TERHADAP INDEPENDENSI AUDITOR ( Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Wilayah Jakarta Timur , Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat ). Repository STIE Indonesia, 23–32. http://repository.stei.ac.id/9143/
Nuraini, D., & Evianah. (2019). Analisis Perbedaan Kepuasan Karyawan Terhadap Pembelian Produk Baju Secara Online Dan Offline. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 15(2), 231–239.
https://doi.org/10.30742/equilibrium.v15i2.629
Ramadani, & Ahmad, H. (2017). Peningkatan Kepuasan Kerja Melalui Kompensasi Non Financial Dan Gaya Kepemimpinan Demokratis Pada Pegawai Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Pringsewu. Skripsi Thesis, 34–43.
Rivai, Veithzal dan Ella Januari Sagala, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Silat Hilir Kab Kapuas Hulu, K., Yadi, H., Program Studi Agribisnis, M., Pertanian, F., & Tanjungpura Jalan Ahmad Yani, U. (n.d.). . Mahasiswa 2. Dosen Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura Pontianak Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan Tetap Pada PT. Riau Agrotama Plantation Kapuas Hulu Estate The Analisis of the Factors that Influence Job Employees . 1–17.
Suciadi. (2017). Analisa Pengaruh Pekerjaan itu sendiri, Kompensasi, Rekan Kerja, Dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan bagian Oprasional Restoran Carnivor Steak and Grill Surabaya(Universitas Kristen Petra Surabaya)
Syartini Indrayani, E. R. F. D. (2015). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja pada Kementrian Agama Kota Makassar Sulawesi Selatan. Jurnal Ekonomi Balance Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 80–95.
Simamora. 2014. Manajemen Sumber Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bina Aksara.
Waskito,M.,& Sumarni, S. (2023). PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. MNC Sekuritas. Kinerja, 5(02), 315–328.https://doi.org/10.34005/kinerja.v5i02.2726.
Widadi,B.,& Savitri, F. M. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada PT. Bank XYZ (Persero) Tbk. Area Tegal). Solusi, 17(3), 17–44.https://doi.org/10.26623/slsi.v17i3.1626
Wolo, P. D., Trisnawati, R., & Wiyadi. (2017). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Perawat Pada RSUD TNI AU Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 17(2), 25–34.
L. Heny. Widiasih,, & I. N.Suarmanayasa, (2021). Faktor Penentu Kepuasan Kerja Karyawan Toserba KSA di Kabupaten Buleleng. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), 178-185.
Budi, Widadi and Fania Mutiara Savitri. "Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan (studi kasus pada PT. Bank XYZ (Persero) Tbk. area Tegal)." Solusi 17.3 (2019).
Bamy Emely,Ira Meirina Chair and Youmil Abrian. "Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan di Hotel Pangeran Beach Padang." Journal of Home Economics and Tourism 15.2 (2021).
Locke, E. A. (2012:194). What is job satisfaction? Organizational Behavior and Human Performance, 4(4), 309 – 336. DOI: 10.1016/0030-5073(69)90013-0.
Triatna, C. (2015). Perilaku Organisasi dalam Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Luthans (2014), Hayati, P. N., Putriana, L., & Salim, F. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Desain Pekerjaan Dan Pengembangan Karir Terhadap Kepuasan Kerja Dimoderasi Oleh Teknologi Pada Generasi Milenial Di Industri Pendidikan. Jurnal Ecoment Global, 6(2), 117-114.
Published
2024-12-11
Section
Artikel Penelitian