Transformasi Kompetensi SDM di Sektor Wisata Halal Menuju Era Industri 4.0
Transformation of HR Competencies in the Halal Tourism Sector Towards the Industrial Era 4.0
Abstract
Transformasi kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sektor wisata halal menjadi kebutuhan yang mendesak di era industri 4.0, seiring meningkatnya permintaan global terhadap destinasi yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Penelitian ini mengeksplorasi pentingnya peningkatan kompetensi digital, peran edukasi dan pelatihan, serta tantangan yang dihadapi dalam implementasi teknologi di sektor ini, khususnya di Pulau Sentani sebagai studi kasus. Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi. Temuan menunjukkan bahwa meskipun Pulau Sentani memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata halal dengan keindahan alam dan budaya lokal, masih terdapat kelemahan dalam hal fasilitas halal dan pemahaman masyarakat. Dengan memanfaatkan peluang teknologi digital serta dukungan pemerintah, destinasi ini dapat ditingkatkan daya tariknya bagi wisatawan Muslim. Namun, tantangan seperti resistensi SDM terhadap teknologi dan keterbatasan infrastruktur perlu diatasi melalui program pelatihan dan pengembangan infrastruktur. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat lokal, dan institusi pendidikan untuk mencapai transformasi kompetensi SDM yang berkelanjutan dan memenuhi kebutuhan pasar wisata halal global.
References
Akbar, M. and Mallongi, S. (2022). Prospek dan strategi pariwisata halal pada masyarakat mayoritas non muslim. Jurnal Iqtisaduna, 8(2), 111-125. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v8i2.26371
Al Mustaqim, D. (2023). Strategi pengembangan pariwisata halal sebagai pendorong ekonomi berkelanjutan berbasis maqashid syariah. AB-JOIEC: Al-Bahjah Journal of Islamic Economics, 1(1), 26-43. https://doi.org/10.61553/abjoiec.v1i1.20
Ali, M., Chung, L., Kumar, A., Zailani, S., & Tan, K. (2021). A sustainable blockchain framework for the halal food supply chain: lessons from malaysia. Technological Forecasting and Social Change, 170, 120870. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.120870
Amelia, V. (2023). Pengelolaan pawon luwak coffe borobudur berbasis wisata edukasi. Metta Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(3), 294-304. https://doi.org/10.37329/metta.v3i3.2763
Andespa, R., Andespa, N., & Andespa, R. (2020). Halal tourism development in west sumatera., 221-233. https://doi.org/10.2478/9788395720406-024
Bustamam, N. and Suryani, S. (2022). Potensi pengembangan pariwisata halal dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi daerah provinsi riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(2). https://doi.org/10.25299/kiat.2021.vol32(2).8839
Chrismardani, Y. and Arief, M. (2022). Halal destination image, electronic word of mouth (e-wom), and revisit intention at tourist destinations in sumenep regency. Quantitative Economics and Management Studies, 3(6), 834-841. https://doi.org/10.35877/454ri.qems1100
Destiana, R. and Kismartini, K. (2020). Halal tourism marketing in the disruption era: a case study of penyengat island in riau islands province. Society, 8(1), 264-283. https://doi.org/10.33019/society.v8i1.174
Ekka, P. (2023). Halal tourism beyond 2020: concepts, opportunities and future research directions. Journal of Islamic Marketing, 15(1), 42-58. https://doi.org/10.1108/jima-09-2022-0260
Faisal, E. (2023). Sistemasi wisata halal : studi kritis fatwa dsn mui nomor 108 tahun 2016. Tamwil, 9(2), 66. https://doi.org/10.31958/jtm.v9i2.10213
Ferdiansyah, H. (2020). Pengembangan pariwisata halal di indonesia melalui konsep smart tourism. Tornare, 2(1), 30. https://doi.org/10.24198/tornare.v2i1.25831
Hendayani, R. and Fernando, Y. (2022). Adoption of blockchain technology to improve halal supply chain performance and competitiveness. Journal of Islamic Marketing, 14(9), 2343-2360. https://doi.org/10.1108/jima-02-2022-0050
Hew, J., Wong, L., Tan, G., Ooi, K., & Lin, B. (2020). The blockchain-based halal traceability systems: a hype or reality?. Supply Chain Management an International Journal, 25(6), 863-879. https://doi.org/10.1108/scm-01-2020-0044
Juliana, J., Putri, F., Wulandari, N., Saripudin, U., & Marlina, R. (2021). Muslim tourist perceived value on revisit intention to bandung city with customer satisfaction as intervening variables. Journal of Islamic Marketing, 13(1), 161-176. https://doi.org/10.1108/jima-08-2020-0245
Kusumaningtyas, M., Puspitasari, F., & Putranto, J. (2022). Terobosan baru pariwisata halal bagi pengusaha. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 24(2), 95. https://doi.org/10.33370/jpw.v24i2.706
M. Syam, H., Rumyeni, R., & Samsudin, D. (2023). Konsep strategi branding destinasi bagi industri pariwisata halal dalam menarik wisatawan. Warta ISKI, 6(2), 143-152. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v6i2.248
Madiawati, P., Sulistijono, S., & Fitri, J. (2021). The influence of the role of halal tourist destinations on interest in visiting. Religious Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 5(1), 111-122. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v5i1.11615
Mahmudah, F. and Putra, E. (2021). Tinjauan pustaka sistematis manajemen pendidikan: kerangka konseptual dalam meningkatkan kualitas pendidikan era 4.0. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 43-53. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.33713
Maulud, A. (2023). Potensi pengembangan wisata halal dalam mengembangkan ekonomi masyarakat di kabupaten bima. J-Esa (Jurnal Ekonomi Syariah), 6(2), 102-119. https://doi.org/10.52266/jesa.v6i2.2229
Mesta, H., Yumna, A., & Fitria, Y. (2022). Literasi halal untuk kesiapan sertifikasi halal produk pangan olahan umkm kota padang dalam mendukung pariwisata halal sumatera barat. Suluah Bendang Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 22(2), 367. https://doi.org/10.24036/sb.02890
Mustaqim, D. (2023). Strategi pengembangan pariwisata halal sebagai pendorong ekonomi berkelanjutan berbasis maqashid syariah. AB-JOIEC, 1(1), 26-43. https://doi.org/10.61553/abjoiec.v1i1.20
Ningsih, D., Astuti, R., & Priyadi, B. (2022). Prospects of halal tourism development in west aceh district. Jurnal Public Policy, 8(2), 96. https://doi.org/10.35308/jpp.v8i2.4569
Oktavian, R. and Maika, M. (2020). The application of utaut model to the crowdfunding based halal tourism capital platform innovation. Laa Maisyir Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 188. https://doi.org/10.24252/lamaisyir.v7i2.16104
Pratama, F. (2023). Analysis of the role of vocational education for the halal tourism development in indonesia. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 7(2), 6053-6068. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.7585
Qital, S., Sunarya, S., & Rusydiana, A. (2022). Manajemen pariwisata halal. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 2(2), 140-157. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v2i2.5919
Razalli, M., Rahim, M., & Hassan, M. (2020). A framework of halal-based operations for hotel. Journal of Engineering and Applied Sciences, 14(9), 10522-10527. https://doi.org/10.36478/jeasci.2019.10522.10527
Saufi, A., Mulyono, L., Kholid, I., Jayadi, H., Rojabi, S., M, E., … & Apriani, B. (2020). Pariwisata halal : perlukah rekonseptualisasi?. JMM Unram - Master of Management Journal, 9(3), 305-314. https://doi.org/10.29303/jmm.v9i3.580
Savitri, N. and Putra, R. (2022). Sosialisasi sistem jaminan halal bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (umkm). Sewagati, 6(2). https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i2.217
Sjuchro, D., Dewi, S., Goeliling, A., & Abriani, A. (2023). Marketing model of halal tourism destination. Jurnal Komunikasi Profesional, 7(1), 65-80. https://doi.org/10.25139/jkp.v7i1.6014
Slamet, S., Abdullah, I., & Laila, N. (2022). The contestation of the meaning of halal tourism. Heliyon, 8(3), e09098. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09098
Sodikin, S. (2023). Konsep parawisita halal perspektif al-qur’an dan maqashid syariah. IJMA (Indonesian Journal of Management and Accounting), 4(2), 438. https://doi.org/10.21927/ijma.2023.4(2).438-447
Soleha, S. (2023). Potensi pariwisata halal di indonesia dalam menarik wisatawan internasional. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 3(2), 134-143. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v3i2.8316
Subarkah, A. (2018). Diplomasi pariwisata halal nusa tenggara barat. Intermestic Journal of International Studies, 2(2), 188. https://doi.org/10.24198/intermestic.v2n2.6
Surjandari, I., Yusuf, H., Laoh, E., & Maulida, R. (2020). Designing a permissioned blockchain network for the halal industry using hyperledger fabric with multiple channels and the raft consensus mechanism.. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-62396/v1
Suryana, M. and Utomo, S. R. S. P. (2020). Identifikasi potensi pengembangan pariwisata halal di desa wisata lebak muncang kabupaten bandung. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 25(1), 40. https://doi.org/10.30647/jip.v25i1.1330
Suryana, M. and Utomo, S. R. S. P. (2020). Identifikasi potensi pengembangan pariwisata halal di desa wisata lebak muncang kabupaten bandung. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 25(1), 40. https://doi.org/10.30647/jip.v25i1.1330
Syam, H. (2023). Konsep strategi branding destinasi bagi industri pariwisata halal dalam menarik wisatawan. Warta Iski, 6(2), 143-152. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v6i2.248
Yenita, Y. and Widodo, L. (2021). Optimizing the potential strategy of west sumatra tourism destinations towards the leading halal tourism destinations in indonesia.. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210805.215
Zarkasyi, M., Kurniawan, D., & Anggara, F. (2022). Stakeholders approach in halal tourism development strategy: a case study in ponorogo district. Ekuilibrium Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 17(2), 171-181. https://doi.org/10.24269/ekuilibrium.v17i2.2022.pp171-181
Zuhri, I., Soetjipto, B., & Siswanto, E. (2022). Human resource preparation in sharia-inn at malang city (case study multi sites hotel syariah 99 by vrv and aurila homestay syariah). International Journal of Humanities Education and Social Sciences (Ijhess), 2(1). https://doi.org/10.55227/ijhess.v2i1.207