Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Diferensiasi Proses Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS di MI Tambak Sumur Waru
The Influence of Problem Based Learning Model on Differentiated Learning Process to Increase Students' Learning Motivation in Science Learning at MI Tambak Sumur Waru
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran diferensiasi proses berpengaruh pada motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS pada siswa kelas IV di Mi Tambak Sumur Waru. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kuantitatif dengan penelitian eksperimen true experimental design dengan desain posttest only control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV MI Tambak Sumur Waru Sidoarjo. Kelas IV A dan IV B digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Angket posttest digunakan sebagai instrumen penelitian dalam penelitian ini, dan diberikan kepada peserta didik baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Angket digunakan sebagai alat untuk mengukur motivasi belajar siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa paradigma pembelajaran Problem Based Learning mempunyai pengaruh terhadap bagaimana motivasi belajar siswa IPA di kelas IV pada mata pelajaran IPAS. Hal ini ditunjukkan dengan menggunakan Independent Sample T-Test untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran diferensiasi proses pada pembelajaran IPAS di MI Tambak Sumu Waru yang dibuktikan dengan nilai signifikansi Sig (2-tailed) sebesar 0,01 atau kurang dari 0,05.
References
Atikah, I., Fauzi, M. A. R., & Firmansyah, R. (2023). Penerapan Strategi Diferensiasi Konten dan Proses Pada Gaya Belajar Berbasis Model Problem Based Learning. Pubmedia Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(2), 11.
Atikah, & Istiq’faroh, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian di Kelas III SDN Sidoklumpuk. Nusantara Educational Review, 1(1), 23–32.
Bararah, I. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal MUDARRUSUNA, 10(2), 351–370.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853.
Fitriana, E., Nisa, A. F., & Cahyani, B. H. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning Pada Materi IPAS di Sekolah Dasar. Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5567–5580.
Global, P., Laumarang, S. N., & Odja, A. H. (2023). Jurnal Tadris IPA Indonesia Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. 3(3), 315–326.
Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1.
Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.
Karya, J., Pendidik, I., & Sd, P. (n.d.). PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Bela Ardika * * IAIN Pontianak , Pontianak , Kalimantan Barat , Indonesia Kartini ** ** IAIN Pontianak , Pontianak , Kalimatan Barat , Indones. 2(1), 53–61.
Kemendikbud. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. Merdeka Mengajar. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/
Nurlatifah, A., Munandar, K., & Jember, M. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Gaya Belajar Peserta Didik Berdasarkan. 3, 1–7.
Primadoniati, A., Agama, I., Negeri, I., & Bone, I. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidi- kan Agama Islam. 9(1), 77–97.
Putri, A. D., Ahman, A., Hilmia, R. S., Almaliyah, S., & Permana, S. (2023). Pengaplikasian Uji T Dalam Penelitian Eksperimen. Jurnal Lebesgue?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(3), 1978–1987.
Putri, M. Z. D., & Dafit, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Tema 9 Subtema 2 Siswa Kelas V Sdit Al Madinah Dumai. Jurnal Tunas Bangsa, 8(2), 180–192. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i2.1647
Schunk, D. H. (2012). Social cognitive theory.
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 29–
Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan untuk Kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2).
Zubaidah, S. (2020). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Online. 2, 1–17.