Analisis Perilaku Konsumen dalam Memilih Produk Berkelanjutan: Studi Kasus pada Generasi Milenial

Consumer Behavior Analysis in Choosing Sustainable Products: A Case Study on the Millennial Generation

  • Supriyono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Malang
  • R. Hario Tirtosetianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Malang
  • Bahrun Barohima Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Malang
  • Dimas Putri Mega Pratesa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Malang
  • Nova Rizca Pratiwi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Malang
Keywords: Perilaku Konsumen, Produk Berkelanjutan, Generasi Milenial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen generasi milenial dalam memilih produk berkelanjutan. Menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda, data diperoleh dari survei yang dilakukan kepada mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran lingkungan, nilai sosial, kualitas produk, dan informasi produk memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian produk berkelanjutan. Koefisien regresi untuk kesadaran lingkungan, nilai sosial, kualitas produk, dan informasi produk masing-masing adalah 0.35, 0.20, 0.30, dan 0.25, sementara harga memiliki pengaruh negatif yang tidak signifikan dengan koefisien -0.10. Penelitian ini mengungkapkan bahwa generasi milenial lebih cenderung memilih produk yang memiliki dampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat, serta kualitas yang baik. Oleh karena itu, produsen disarankan untuk fokus pada strategi pemasaran yang meningkatkan kesadaran dan memberikan informasi tentang manfaat produk berkelanjutan untuk menarik minat konsumen milenial

References

(2021). Pengaruh pemasaran media sosial, promosi penjualan, nilai keuntungan terhadap keputusan pembelian. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(1), 152-160. https:/doi.org/10.36418/jiss.v2i1.144

Aisyah, N., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh islamic branding dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen muslim. Publik Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 1-9. https:/doi.org/10.37606/publik.v9i1.259

Amaliah, A. (2023). The role of environmental awareness and green product literacy on green purchase behavior in indonesia. j. of economics, entrepreneurship, manag. bus. and account., 1(2), 115-121. https:/doi.org/10.61255/jeemba.v1i2.159

Amiri, A. (2023). The impact of green advertising practices dimensions on consumer green purchasing behavior in food sector of afghanistan. Integrated Journal for Research in Arts and Humanities, 3(5), 112-120. https:/doi.org/10.55544/ijrah.3.5.10

Aunillah, N. (2023). Pengaruh e-commerce shopee, kualitas produk dan variasi produk terhadap keputusan pembelian produk snack. Master Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 2(2), 108. https:/doi.org/10.30595/jmbt.v2i2.15254

Belvia, S., Suhendry, W., & Handayani, E. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian kue ulang tahun saltxsucre pontianak. Jmbi Unsrat (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), 10(1), 31-42. https:/doi.org/10.35794/jmbi.v10i1.46226

Bonera, M., Codini, A., & Miniero, G. (2020). The great millennials’ trouble: leading or confused green generation? an italian insight. Italian Journal of Marketing, 2020(4), 289-308. https:/doi.org/10.1007/s43039-020-00015-4

Fadilah, A., Suryantini, A., & Darwanto, D. (2020). Hubungan pengetahuan dan pengalaman pada sikap dan pengaruh sikap padaperilaku pembelian. Agri Wiralodra, 12(2), 72-86. https:/doi.org/10.31943/agriwiralodra.v12i2.28

Ghaffar, A. and Islam, T. (2023). Factors leading to sustainable consumption behavior: an empirical investigation among millennial consumers. Kybernetes, 53(8), 2574-2592. https:/doi.org/10.1108/k-12-2022-1675

Gultom, M. (2023). Preferensi generasi milenial dalam menggunakan qris sebagai alat pembayaran digital. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (Jipe), 13(1), 19. https:/doi.org/10.24036/011194030

Hasbullah, N., Sulaiman, Z., Mas’od, A., & Sugiran, H. (2022). Drivers of sustainable apparel purchase intention: an empirical study of malaysian millennial consumers. Sustainability, 14(4), 1945. https:/doi.org/10.3390/su14041945

Holloway, S. (2024). Narratives of transparency: how supply chain communication shapes brand image in marketing.. https:/doi.org/10.20944/preprints202406.1124.v1

Itan, S. (2024). The influence of product quality, price, and promotion on purchasing decisions for ultrajaya tea boxes at super indo - hr muhammad surabaya. Journal of Economics Finance and Management Studies, 07(03). https:/doi.org/10.47191/jefms/v7-i3-01

Jung, H., Choi, Y., & Oh, K. (2020). Influencing factors of chinese consumers’ purchase intention to sustainable apparel products: exploring consumer “attitude–behavioral intention” gap. Sustainability, 12(5), 1770. https:/doi.org/10.3390/su12051770

Khuan, H. (2024). Sustainable marketing strategies and their influence on consumer preferences for eco-friendly products in indonesia: the mediating role of environmental awareness. International Journal of Business Law and Education, 5(1), 1212-1220. https:/doi.org/10.56442/ijble.v5i1.538

Ki, C. and Kim, Y. (2016). Sustainable luxury fashion consumption and the moderating role of guilt. Fashion Industry and Education, 14(1), 18-30. https:/doi.org/10.7741/fie.2016.14.1.018

Lay, C., Kuswoyo, C., & Calvin, L. (2022). Analisis perilaku belanja konsumen sebelum dan selama situasi pandemi covid-19. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 6(2), 691-711. https:/doi.org/10.37339/e-bis.v6i2.1037

Mahendra, S. and Edastama, P. (2022). Pengaruh online customer review, rating dan influencer terhadap keputusan pembelian pakaian casual pada marketplace. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 21-28. https:/doi.org/10.30640/jumma45.v1i2.317

Mavilinda, E. and Susanti, A. (2022). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan brand image terhadap keputusan pembelian tolak angin pada masa pandemi di surakarta. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10(2), 213-221. https:/doi.org/10.31846/jae.v10i2.460

Nofrizal, N., Lubis, N., Hardi, H., Maryanti, S., N, A., & Widayat, P. (2021). Pengaruh keunikan produk dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian produk makanan oleh-oleh kota pekanbaru. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 17(3), 219-226. https:/doi.org/10.31940/jbk.v17i3.219-226

Prihandoyo, C., Abdianur, A., Sukimin, S., & Nugroho, D. (2022). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kripik shingkong shiddiq lestari di kota balikpapan. Jurnal Geoekonomi, 13(1), 67-78. https:/doi.org/10.36277/geoekonomi.v13i1.190

Putri, T. and Tuti, M. (2022). Pengaruh citra merek, media sosial instagram, dan keragaman produk pada electronic word of mounth melalui keputusan pembelian. Idei Jurnal Ekonomi & Bisnis, 3(2), 62-76. https:/doi.org/10.38076/ideijeb.v3i2.117

Putri, V. (2023). Mendorong pilihan berkelanjutan: eco labeling, eco branding, dan dampaknya terhadap green purchase intentions dan consumer behaviour. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (Jebma), 3(3), 875-888. https:/doi.org/10.47709/jebma.v3i3.3036

Rukmayanti, R. and Wang, L. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(2), 206-217. https:/doi.org/10.12928/fokus.v12i2.6671

Saberina, S. (2024). Analisis deskriptif brand switching dan purchase intention dampak pemboikotan merek terkait dengan peristiwa di gaza. Economics Professional in Action (E-Profit), 6(1), 89-96. https:/doi.org/10.37278/eprofit.v6i1.840

Saputra, A. (2022). Predicting consumer purchasing decision from product quality and promotion through brand image. Journal of Business Management Review, 3(9), 581-600. https:/doi.org/10.47153/jbmr39.4502022

Saputra, Y., Rosihan, R., Spalanzani, W., Kumalasari, R., & Riyanti, H. (2022). Analisis perilaku konsumen dalam memutuskan minimarket sebagai tempat berbelanja. Jurnal Rekavasi, 10(1), 45-55. https:/doi.org/10.34151/rekavasi.v10i1.3880

Saputri, A. (2022). Pengaruh variasi produk dan strategi promosi melalui instagram terhadap keputusan pembelian pada produk somethinc. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 7-28. https:/doi.org/10.55606/jurima.v2i1.146

Sari, I., Hamiyati, H., & Rasha, R. (2019). Pengaruh fungsi peer group terhadap pengambilan keputusan pembelian (pencarian informasi) produk kosmetik pada remaja putri. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 6(01), 1-8. https:/doi.org/10.21009/jkkp.061.01

Setiawan, M. (2023). Pengaruh desain, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian. Global.J.L.Bitep, 1(02), 90-102. https:/doi.org/10.59422/global.v1i02.148

Sudirjo, F. (2024). Analysis of environmentally friendly product selection by millennials and gen z in the indonesian market. WSNT, 2(01), 24-30. https:/doi.org/10.58812/wsnt.v2i04.753

Titing, A., Sudarnice, -., & Sriwahyuni, E. (2022). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek vivo (studi kasus pada ziola aneka jaya kolaka). Asset Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(1). https:/doi.org/10.24269/asset.v5i1.4817

Utomo, M. (2023). Preferensi produk perbankan syariah, di kota tarakan: pendekatan analisis multigrup. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4384.

Published
2024-08-15
Section
Artikel Penelitian