Peningkatan Kesadaran K3 Melalui Upaya Promosi K3 pada Pengrajin Bantal Kapuk

  • Putri Ayuningtias Mahdang Universitas Negeri Gorontalo
  • Yasir Mokodompis Universitas Negeri Gorontalo
  • Wimprid I Bempa Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: K3; Pengrajin bantal kapuk; Penyakit Akibat Kerja;

Abstract

Kemajuan dalam bidang industri terus meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan ini dapat memberikan berbagai dampak positif. Namun dampak negatif juga tidak dapat dielakkan, salah satunya adalah penyakit akibat kerja yang disebabkan oleh lingkungan kerja. Khususnya pada sektor informal tidak sedikit pekerja yang tidak menyadari bahaya di lingkungan kerja. Faktor kurangnya pengetahuan yang berhubungan dengan metode kerja dan lingkungan kerja yang seharusnya memenuhi standar terkait keselamatan dan keamanan bekerja. Salah satu sektor industri rumahan yang banyak berkembang di Desa Buhu adalah industri rumahan (home industry) yang bergerak dalam bidang pembuatan bantal kapuk. Observasi awal yang dilakukan terdapat banyak pengrajin yang pekerjaannya masih dilakukan secara tradisional tanpa memperhatikan aspek-aspek K3 seperti tidak menggunakan alat pelindung diri (APD) dan bekerja dengan postur yang tidak alamiah. Pengrajin berisiko mengalami gangguan pernafasan karena terpapar dengan debu kapuk dan berisiko mengalami gangguan muskuloskeletal akibat postur kerja yang tidak alamiah. Pengabdian dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2023 di Desa Buhu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Pengabdian dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan sebagai bentuk promosi K3 dengan metode ceramah dan diskusi. Peserta kegiatan merupakan masyarakat Desa Buhu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo yang berprofesi sebagai pengrajin bantal kapuk. Kegiatan pengabdian ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat mencapai tujuan pelaksana. Diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian ini masyarakat yang memiliki profesi sebagai pengrajin bantal kapuk dapat menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) saat melakukan pekerjaannya agar dapat menjamin keselamatan dan kesehatan mereka

References

Abdurahman, Sulistiarini EB. 2019. Studi Tentang Aspek Ergonomi Pada Pengetesan Dispersi Divisi Quality Control Di PT. XYZ Conf Innov Appl Sci Technol 2019 : 347–354.
Arfawali, Fakhri R. 2018. Analisis Faktor Risiko Fungsi Kapasitas Paru Pada Pengrajin Kasur Tradisional Di Desa Julubori Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa Tahun 2018. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin : Makassar.
Bachtiar, T. 2016. Hubungan Antara Kadar Debu kapas dengan Penurunan Fungsi Paru Pada Pekerja Bagian Weaving PT.Kusumahadi Santosa Karanganyar. Publikasi Ilmiah. Fakultas Ilmu Keshatan Universitas Muhammadiyah Surakarta : Surakarta.
Hadi P, Hasmar W. 2021. Ergonomi Duduk yang Benar untuk Mencengah Terjadinya Low Back Pain (LBP) di Kelurahan Mayang Mangurai Kota Jambi. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK) Vol 3, No 1, November 2021.
Mohammad Nasrullah, T. S. 2014. Hubungan Antara Knowledge, Attitude, Practice Safe Behaviour Pekerja Dalam Upaya Untuk Menegakkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 3(1), 82-93.
Pemerintah Republik Indonesia. PP No 50 Tahun 2012 tentang Sistem Manajemen K3. Lembaran Negara Republik Indones 2012; No.100,201: 1–66.
Prasetyo Y, Aswin W, Reskiadding L O. 2024. Kajian Bahaya Potensial Ergonomi pada Pengrajin Batik (Studi Kasus Pengrajin Batik di Kelurahan Ulu Gedong). Jurnal Kesmas Jambi. Volume 8, No.1 Maret 2024.
Published
2024-07-23
Section
Artikel Pengabdian