PENGARUH KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KOTA PALU

  • Veby Andriani Veby Andriani Universitas Widya Nusantara
Keywords: Mutu Pelayanan Kesehatan; Kepuasan Pasien; Tangible; Reliability; Responsive; Assurance; Empathy;

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan upaya yang dilakukan untuk pemeliharaan dan peningkatan status kesehatan. Mutu pelayanan kesehatan adalah kesesuaian antara pelayanan yang diberikan kepada pasien dengan kebutuhan pasien dan sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku. Dimensi yang menjadi pengukur kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan adalah tangible, reliability, responsive, assurance, empathy. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Kota Palu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan observasional yang dilakuakan pada bulan desember 2023 sampai Januari 2024 di Puskesmas Kota Palu. Populasi penelitian ini adalah seluruh Puskesmas di Kota Palu. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara multistage random sampling. Sehingga didapatkan 4 Puskesmas dengan sampel sebanyak 140 respoden. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sample. Metode penelitian ini menggunakan uji Regresi Linier Ganda. Hasil uji statistik regresi linier ganda pada tangible terhadap mutu pelayanan kesehatan memiliki pengaruh yang siginifikan (? <0,05 = 0,000). Reliability terhadap mutu pelayanan kesehatan memiliki pengaruh signifikan (? <0,05 = 0,000).  Responsive tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap mutu pelayanan kesehatan (? >0,05 = 0,237). Assurance dan empathy juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap mutu pelayanan kesehatan dengan nilai assurance ? <0,05 = 0,000 dan empathy ? <0,05 = 0,024. Saran yang dapat diberikan adalah Puskesmas sebaiknya lebih meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan memperhatikan fasilitas fisik yang disediakan oleh Puskesmas agar pasien yang datang berkunjung merasa nyaman dan aman. Dan bagi petugas kesehatan untuk lebih meningkatkan responsive dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien.

References

Afrioza, S. and Baidillah, I. (2021) ‘Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sepatan’, Journal of Nursing Practice and Education, 1(2), pp. 169–180. doi: 10.34305/jnpe.v1i2.305.
Anzar, M., Sudirman, S. and Saputra, A. D. (2022) ‘Hububgan Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Mabelopura Kota Palu’, Jurnal Kolaboratif Sains, 5(6), pp. 297–303. doi: 10.56338/jks.v5i6.2497.
Arifuddin et al. (2023) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Madya Palu Propinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023’, Jurnal Kolaboratif Sains, 6(6), pp. 552–562. doi: 10.56338/jks.v6i6.3824.
Herfiyanti, L. (2021) ‘Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rekam Medis di Bagian Pendaftaran Rawat Jalan RSU Bina Sehat’, Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(7), pp. 882–892.
Matondang, M. R., Madjid, T. A. and Chotimah, I. (2019) ‘Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Tahun 2018’, Promotor, 2(4), pp. 276–284.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A. and Berry, L. L. (1988) ‘Servqual: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perc’, Journal of retailing, 64(1), p. 12.
Permenkes (2014) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 75 tentang Puskesmas. Kementrian. Jakarta.
Safitri, D. et al. (2022) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Di Puskesmas Inderapura Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan’, FLORONA: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(2), pp. 94–103.
Simanjuntak, M. and Siallagan, H. (2017) ‘Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan Pasien Peserta Bpjs di Puskesmas Glugur Kota Medan’, Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 2(2), pp. 316–326.
Taekab, A. H., Suryawati, C. and Kusumastuti, W. (2019) ‘Analisis Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas dan Hubungannya dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang Tahun 2018’, Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), pp. 31–40.
Walukow, D. N., Rumayar, A. A. and Kandou, G. D. (2019) ‘Hubungan Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Pineleng Kabupaten Minahasa’, KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 8(4)
Published
2024-07-16
Section
Artikel Penelitian