Pengaruh Nilai Taksir dan Pelayanan Gadai Emas Terhadap Permintaan Kredit Cepat Aman pada PT. Pegadaian Unit Marisa di Kabupaten Pohuwato

The Effect of Appraisal Value and Gold Pawn Service on the Demand For Fast-Secure Credit at PT. Pegadaian of Marisa Unit in Pohuwato District

  • Tamsir Universitas Ichsan Gorontalo Utara
  • La Diu Samiu Universitas Ichsan Gorontalo Utara
Keywords: Nilai Taksir, Pelayanan Gadai Emas, Permintaan Kredit Cepat Aman, PT. Pegadaian Unit Marisa

Abstract

Kredit Cepat Aman (KCA) adalah kredit dengan sistem gadai yang diberikan kepada semua golongan nasabah, baik untuk kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan produktif. KCA merupakan solusi terpercaya untuk mendapatkan pinjaman secara mudah, cepat dan aman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Nilai Taksir dan Pelayanan Gadai Emas Terhadap Permintaan Kredit Cepat Aman Pada PT. Pegadaian Unit Marisa Di Kabupaten Pohuwato yang melibatkan 50 responden dengan menggunakan alat analisis regresi berganda. Dari hasil olahan data, dengan menggunakan SPSS-16 dapat diperoleh nilai thitung sebesar 2,583 > ttabel sebesar 2,012. Yang berarti bahwa variabel nilai taksir (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan Kredit Cepat Aman (Y) pada PT. Pegadaian Unit Marisa Kabupaten Pohuwato, dan didukung dengan nilai signifikan sebesar 0,013 > 0,05. Nilai thitung sebesar 1,607 < tabel sebesar 2,012 dengan nilai signifikan sebesar 0,115 > 0,05, yang berarti bahwa variabel pelayanan gadai emas (X2) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap permintaan kredit cepat aman pada PT. Pegadaian Unit Marisa Kabupaten Pohuwato. Sedangkan nilai Fhitung sebesar 4,276 > Ftabel sebesar 3,20 dengan probabilitas terjadinya kesalahan Fhitung lebih kecil dari taraf (?) kesalahan yang ditentukan 0,020 < 0,005. Dengan demikian variabel nilai taksir (X1) dan pelayanan gadai emas (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan Kredit Cepat Aman pada PT. Pegadaian Unit Marisa Kabupaten Pohuwato.

References

Abdulkadir Muhammad. 2000. Hukum Perdata Indonesia, PT Citra Aditya Bakti,
Bandung.

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2014. Manajemen Pemasaran. Edisi -
pertama. Cetakan ketiga. PT RajaGrafindo Persada. Jakrta.

Ahmad Ulinuha. 2010. Pengaruh Pelayanan & citra pegadaian syariah terhadap
keputusan nasabah dalam menggunakan jasa layanan gadai pada
pegadaian syariah cabang majapahit. Skripsi Institut Agama Islam
Negeri ( IAIN ) Walisongo Semarang, Fakultas Syariah.

Berry, L. Leonard & Parasuraman A. 1991. A Marketing services. New york : The
Free Press

Budisantoso Totok, Triandaru Sigit. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan Lain.
Salemba Empat. Jakrata.

Cahyusha Desmutya herfika. 2013. Analisis Komparasi Mekanisme Produk Kredit
Pada Pegadaian Konvensional & Pembiayaan Pada Pegadaian Syariah
( Studi pada PT Pegadaian di Nganjuk dan Kediri ). Artikel Jurnal
Universitas Brawijaya.

Cohen, et al. 2007. Metode Penelitian Dalam Pendidikan. Routledge. New York.

Damanhur & Leni Darwina. 2011. Pengaruh Jumlah Taksiran & Uang Pinjaman
terhadap Laba Bersih Pada Perum Pegadaian Syariah Kota Lhoukseu -
mawe, Jurnal Aplikasi Manajemen, No.2, Vol. 4.

Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI Nomor 25/DSNMUI/III/2002 tentang Rah

Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program I B M S P S S.

Hermansyah. 2005. Hukum Perbankan Nasional Indonesia, Prenada Media.
Jakarta.

H. Salim. 2004. Perkembangan Hukum Jaminan di Indonesia. PT Raja Grafindo.
Jakarta.

Kasmir, 2003. Bank & Lembaga Keuangan Lainnya. PT Raja Grafindo Persada.
Jakarta.


Khairunnisah. 2021. Pengaruh Nilai Taksiran Emas Terhadap Minat Nasabah
Menggunakan Produk Gadai Emas di Bank Sumut Syariah. Medan.

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Pasal 1313.

Peraturan Direksi PT. Pegadaian ( Persero ) nomor 14 tahun 2017 tanggal 12 Juli
2017 tentang Standard Operating Procedure Produk Pegadaian Kredit
Cepat Dan Aman (KCA).

Philip Kotler. 2000. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Rachmadi Usman. 2008. Hukum Jaminan Keperdataan. Sinar Grafika. Jakarta.

Rambat Lupiyoadi dan Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba -
Empat. Jakarta.

Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah no: 103 tahun 2000 tentang Perusahaan
Umum (Perum) Pegadaian.

Sugiyono. 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Alfabeta,
Bandung.
________. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta,
Bandung.

________. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, -
Kualitatif, dan R & Dā€. Alfabeta, Bandung.

Sentosa Sembiring. 2004. Hukum Dagang. PT Citra Aditya Bakti. Bandung.

Siti Maimunnah. 2017. Pengaruh Nilai Taksiran Promosi &Pelayanan Pegadaian
Terhadap Pengembalian Pembiayaan Barang Gadai Emas di Unit
Cabang Pegadaian Syariah Ngaliyan Square Semarang.

Sugiarto. 2002. Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. PT Gramedia Pustaka
Utama. Jakarta.

Wirjono Prodjodikoro. 2000. Azas ā€“ Azas Hukum Perjanjian. Mandar Maju,
Bandung.
Published
2024-06-26
Section
Artikel Penelitian