Implementasi Kartu Jaminan BPJS Kesehatan Di Puskesmas Anuntodea Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong

Implementation of the BPJS Health Guarantee Card at the Anuntodea Community Health Center, Central Parigi District, Parigi Moutong Regency

  • Iin Wirasuari Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Abdul Azis Lamadjido, Palu, Indonesia
  • Sitti Ulfah Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Abdul Azis Lamadjido, Palu, Indonesia
  • Erna Suryana Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Abdul Azis Lamadjido, Palu, Indonesia
  • Moh. Gafar Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Abdul Azis Lamadjido, Palu, Indonesia
Keywords: Impelementasi, Kartu Jaminan BPJS Kesehatan, Puskesmas

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui Implementasi Kartu Jaminan Bpjs Di Puskesmas Anuntodea Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi MoutongJenis Penelitian ini deskriptif dan pendekatan analisis kualitatif. Pengumpulan Data dalam penelitian melalui data sekunder dan data primer ini dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam dengan informan berjumlah 5 orang terdiri dari  Kepala UPTD Puskesmas Anuntodea Kecamatan Parigi Tengah, Bagian Pelayanan BPJS Kesehatan, dan staf 3 orang.  secara pourpsive sampling. Lokasi Pada UPTD Puskesmas Anuntodea Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong. Adapun Teori yang digunakan dalam penelitian ini Menurut Hastuti dan Fitri (2016), hak dan kewajiban peserta BPJS Kesehatan yaitu:, Mendaftarkan dirinya sebagai peserta, Mendapatkan kartu peserta. Memperoleh manfaat dan informasi tentang hak dan kewajiban, Mendapatkan pelayanan kesehatan. Hasil penelitian  menjelaskan bahwa  Kartu BPJS sangat penting untuk kebutuhan kesehatan masyarakat,  menjalankan hak dan kewajiban sudah berjalan dengan baik, juga  mendapatkan pelayanan kesehatan segala upaya dan kegiatan pencegahan dan pengobatan penyakit, namun pelayanan kesehatan bagi kartu BPJS belum maksimal pelaksanaan disebabkan Kartu BPJS  belum maksimal masih banyaknya masyarakat sebagai penerima layanan BPJS Kesehatan tidak memahami pelaksanaan program BPJS Kesehatan, salah satu masalah pada unsur pengaplikasiannya, khususnya pada aspek rujukan. adanya kekurangannya meliputi adanya batasan layanan dan Kurangnya tenaga medis,  keterbatasan kemampuan dan kurangnya dokter, ketersediaan ruangan dan alat medis, serta kemungkinan adanya antrian untuk mendapatkan perawatan tertentu.   

References

Arikunto S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta; 2006.

Asih Eka Putri, 2014, Seri Buku Saku-2: Paham BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan), iedrich-Ebert-Stiftung, hlm.7 3 Ibid

Susanti Adi Nugroho, 2008, Proses Penyelesaian Sengketa Konsumen Ditinjau Dari Hukum Acara Serta Kendala Implementasinya, Jakarta, Kencana Prenanda Media Group, hlm, 61

Ahmdi Miru, Sutarman Yodo, 2011, Hukum Perlindungan Konsumen, Jakarta, Rajagarfindo Persada, hlm. 38

BPJS, Kesehatan. (2014). Panduan Praktik Pelayanan Gigi & Prothesa Gigi. Jakarta BPJS, Kesehatan. (2014). Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan. Jakarta BPJS, Kesehatan. (2014). Sistem Rujukan Berjenjang. Jakarta BPJS, Kesehatan. (2014). Panduan Praktis Gate Keeper Concept. Jakarta

Chabibah, N., & Chalidyanto, D. (2014). Analisis Rasio Rujukan Puskesmas Berdasarkan Kemampuan Pelayanan Puskesmas. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 2(3), 159–168.

Dharmawan, I. R. (2018). Refleksi Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional Pada Pelayanan Kedokteran Gigi Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kota Tangerang Tahun 2017.

Fauziah, S. (2012). Analisis Utilisasi Klaim Rawat Inap Program Pemeliharaan Kesehatan Pensiunan (Prospens) Briging Life Peserta Pt. X Periode AprilNovember 2011.

BPJS Kesehatan. Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional BPJS Kesehatan. Jakarta: BPJS Kesehatan; 2014.

BPJS Kesehatan Cabang Padang. Jumlah Kartu Peserta BPJS Kesehatan per PPK. Padang: BPJS Kesehatan; 2015. 10. Puskesmas Alai Kota Padang. Laporan Tahunan Puskesmas. 2014.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). 2014. Petunjuk Teknis Verifikasi Klaim Direktorat Pelayanan. Jakarta: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). 2014. Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jakarta:

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). 2017.

User Manual Vclaim. Jakarta: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS.

Feriawati, dkk. 2015. Faktor-Faktor Keterlambatan Pengeklaiman BPJS di Rumah Sakit Bhayangkara. Kementrian Kesehatan. 2013. Bahan Paparan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Sistem Jaminan Sosial NasiO

Published
2024-07-30
Section
Article