Pengaruh Kenyamanan dan Manfaat E-Wallet Terhadap Perilaku Konsumen di Kota Makassar

Influence of Convenience and Benefits of E-Wallets on Consumer Behavior in Makassar City

  • Basri Bado Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
  • Tito Koes Herdianto Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
  • Diah Retno Dwi Hastuti Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Jamil Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
Keywords: Dompet Elektronik, Manfaat, Perilaku konsumsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan dan manfaat pengguna E-wallet terhadap perilaku konsumsi masyarakat di Kota Makassar Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat berdomisili di Kota Makassar yang pernah atau aktif menggunakan E-wallet, alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Analisis Faktor Confirmatory ( CFA ). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 392 orang. Metode pengumpulan data dengan kuesioner yang disebar secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-wallet mempengaruhi perilaku konsumsi Masyarakat, hal itu dipengaruhi oleh kemudahan transaksi yang diperoleh dari penggunaan e-wallet dan Manfaat yang diperoleh dari e-wallet yang digunakan oleh Masyarakat untuk memenuhi kebutuhan konsumsinya.

References

Andrean Septa Yogananda dan I Made Bayu Dirgantara. 2017. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Persepsi Risiko terhadap Minat Untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, Volume 6, Nomor 4, Tahun 2017, Halaman 1-7

Davis, F.D. 1989 Perceived usefulness, perceived ease of use dan acceprance of information system technology. MIS Quartery, vol. 13, No. 3, h.319-339.

Haryono, Siswoyo. 2017. Metode SEM untuk Penelitian Manajemen JASP, JASP PLS, luxima.

Hidayat, A. A. N. 2019. Riset Morgan & Stanley : Transaksi Digital Didominasi Go-Pay dan Ovo. Retrieved May 1, 2019.

Ike Nia Yuliana, dan Azib. 2021. Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Manajemen Universitas Islam Bandung. Prosiding Manajemen, 7 (1), 353-355.

Isyani & Maulidyah Indira Hasmarini. 2005. “Analisis Konsumsi Masyarakat di Indonesia Tahun 1989 – 2002 (Tinjauan Terhadap Hipotesis Keynes dan Post Keynes”, Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. VI, Hal 143 – 162.

Jayani, Dwi Hadya. 2019. Daftar Dompet Digital Terbesar di Indonesia.

Karim, M. W., Haque, A., Ulfy, M. A., Hossain, M. A., & Anis, M. Z. (2020). Factors influencing the use of E-wallet as a payment method among Malaysian young adults. Journal of International Business and Management, 3(2), 01-12.

Kazan, E., Tan, C. W., Lim, E. T., Sørensen, C., & Damsgaard, J. 2018.Disentangling digital platform competition: The case of UK mobile payment platforms. Journal of Management Information Systems, 35(1), 180- 219.

Miswan Ansori. (2019). Perkembangan dan Dampak Financial Technology (Fintech) terhadap Industri Keuangan Syariah di Jawa Tengah. Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 31-45.

Nizam, F., Hwang, H. J., & Valaei, N. (2019). Measuring the effectiveness of E-wallet in Malaysia. In Studies in Computational Intelligence (Vol. 786). Springer International Publishing.

Pratiwi, T., Indriani, F., & Sugiarto. (2017). Analisis Pengaruh Technology Readyness Terhadap Minat Menggunakan T-CASH di Kota Semarang. Jurnal Bisnis Strategi Vol. 26 No. 1 Juli 201 halaman 76 –88.

Priyono, Anjar. (2017). Analisis pengaruh trust dan risk dalam penerimaan teknologi dompet elektronik Go- Pay. Jurnal Siasat Bisnis Vol. 21 No. 1, 2017, 88-106.

Samuelson, Paul A. dan Nordhaus, William D. (2001). Ilmu Makro Ekonomi. Jakarta PT. Media Edukasi.

Sugiyono. (2013). Metodologi penelitian kombinasi (mix method).Bandung.

Sugiyono. (2017 ). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D . Bandung: Alfabet.

Uddin, M. S., & Akhi, A. Y. (2014). E-wallet system for Bangladesh an electronic payment system. International Journal of Modeling and Optimization, 4(3), 216.

Udhayaraj and Jocil. (2018). A Study On “Electronic Payment System” - “E Wallet”. International Journal of Emerging Technology in Computer Science & Electronics (IJETCSE). Volume 24 Issue 3. pp. 60-62.

Upadhayaya, Abhay (2012). Electronic and E-wallet. International Journal of Recent Research and Review, Vol. I,37-41.

Widiyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-wallet OVO di Depok. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Volume 7 No. 1

Wijaya C, & Kempa, &. S. (2018). Pengruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Produk Fashion di Lazada. AGORA Vol.6 No. 2,

Published
2024-05-17
Section
Artikel Penelitian